Kebiasaan yang Bikin Susah Kaya, Ubah Segera Jika Mau Sukses

 Kebiasaan yang Bikin Susah Kaya

Bisa meraih kesuksesan dan kekayaan finansial adalah impian bagi banyak orang. Namun kenyataannya, tidak semua orang berhasil mencapainya. Mungkin ada beberapa teman Anda yang sudah hidup mapan, sementara Anda masih berjuang mencapai titik tersebut. Lalu mengapa ada orang yang bisa sukses secara finansial dengan ada yang tidak?

Salah satu faktor penting yang menentukan seseorang bisa sukses adalah kebiasaan dalam menjalani hidup. Orang-orang sukses atau kaya memiliki kebiasaan-kebiasaan baik dalam berpikir, mengelola keuangan, etos kerja, dan bersosialisasi. Sementara itu ada sejumlah kebiasaan buruk yang menghambat perkembangan karir maupun finansial.

Banyak orang tidak sadar bahwa mereka melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk, yang terlihat sepele namun berdampak besar dalam kehidupan. Jika saat ini kondisi keuangan Anda tidak meningkat dan karir stuck begitu-begitu saja, kemungkinan besar penyebabnya karena Anda masih menerapkan sejumlah kebiasaan buruk.

Jika tidak ingin terjebak dalam kemiskinan, maka Anda harus menghilangkan atau mengubah kebiasaan buruk yang selama ini dilakukan. Salah satu kebiasaan baik yang perlu dibangun adalah dalam mengelola keuangan. Untuk memudahkan Anda mengelola keuangan secara bijak dan cerdas, Anda memanfaatkan rekening online. Selain perilaku keuangan, Anda juga perlu meninggalkan kebiasaan buruk lainnya yang bikin susah kaya.

Kebiasaan yang Bikin Susah Kaya

Habit atau kebiasaan akan menentukan bagaimana nasib dan pencapaian hidup seseorang. Alasan mengapa banyak orang jatuh miskin dan terjebak dalam kehidupan yang tidak berkembang adalah karena tidak punya kesadaran untuk memperbaiki kualitas diri. Orang-orang berkualitas menanamkan kebiasaan-kebiasaan baik dalam menjalani hidup.

Berikut ini kebiasaan-kebiasaan buruk yang perlu Anda tinggalkan jika ingin sukses baik dari segi finansial maupun karir.

1. Tidak Memiliki Rencana Masa Depan

Salah satu kebiasaan yang seringkali membuat seseorang susah kaya adalah kurang memiliki rencana masa depan yang jelas. Tanpa adanya tujuan dan perencanaan yang baik, seseorang akan cenderung menghabiskan waktu, energi, dan uang secara tidak efisien.

Selain itu, tanpa adanya rencana maka Anda akan kesusahan untuk mengarahkan langkah-langkah menuju kekayaan dan kesuksesan. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk membuat rencana, baik rencana karir dan finansial. Rencana harus disusun dengan spesifik dan realistis. Rencanakan tujuan jangka pendek dan jangka panjang, serta langkah-langkah konkret yang harus diambil untuk mencapainya.

Kebiasaan yang Bikin Susah Kaya, Ubah dengan cara ini jika mau sukses

2. Malas-Malasan

Kebiasaan malas-malasan juga menjadi penghalang dalam meraih kesuksesan finansial. Menunda-nunda pekerjaan atau menghindari tanggung jawab akan menghambat kemajuan Anda. Kesuksesan finansial membutuhkan usaha, kerja keras, dan ketekunan.

Jika Anda tidak memiliki motivasi dan kerja keras, tentu impian menjadi kaya dan sukses hanya sampai di angan-angan saja. Jadi mulai sekarang hilangkan kebiasaan malas Anda. Bangunlah kebiasaan produktivitas yang tinggi.

3. Pola Pikir Negatif

Kebiasaan buruk maupun kebiasaan baik pada dasarnya terbentuk dari mindset atau pola pikir. Seseorang yang memiliki kebiasaan buruk bisa dipastikan pola pikirnya juga negatif. Pola pikir yang negatif akan menghambat kemajuan finansial dan karir seseorang.

Seseorang yang punya pola negatif biasanya bersikap rendah diri, meragukan kemampuan diri sendiri, menghindari tantangan, dan takut mencoba hal baru. Jika masih memiliki pola pikir tersebut maka kesuksesan dan kekayaan akan menjauh dari diri Anda.

Jadi mulai ubah pikiran negatif menjadi berpikir positif dan penuh optimisme. Anda harus percaya diri dan punya kegigihan untuk terus belajar. Dibanding iri dengan pencapaian orang lain, lebih baik jadikan itu sebagai motivasi dan fokus meningkatkan kapasitas diri. Mengubah mindset menjadi jalan bagi Anda untuk mencapai lebih banyak kesempatan dalam karir dan finansial.

4. Tidak Mengatur Keuangan

Kebiasaan buruk lainnya yang membuat seseorang sulit kaya adalah karena tidak mengelola keuangan secara bijak dan cerdas. Kunci utama untuk meraih kesuksesan bukan dari seberapa besar penghasilan Anda. Namun bagaimana Anda menggunakan dan memanfaatkannya.

Orang yang gajinya besar pun tidak akan bisa kaya apabila memiliki gaya hidup yang buruk. Jadi pastikan Anda mengelola keuangan secara bijak dan menggunakannya sesuai kebutuhan. Hindari pengeluaran untuk hal-hal yang sifatnya tidak penting dan bisa membuat keuangan Anda jebol, seperti pembelian impulsif, menuruti gengsi dan FOMO, self reward berlebihan, dan sebagainya.

Pastikan Anda selalu membuat anggaran keuangan tiap bulannya. Anda harus memiliki alokasi keuangan yang tepat dan mengontrol pengeluaran Anda. Dengan mengatur keuangan secara bijak dan cerdas, Anda dapat membangun kekayaan secara bertahap dan mencapai kesuksesan finansial.

5. Sering Berhutang

Salah satu ciri-ciri dari banyak orang miskin adalah gemar berhutang. Sebenarnya orang kaya juga ada yang berhutang, namun digunakan untuk tujuan positif. Orang-orang kaya berhutang bukan untuk memenuhi keinginan yang sifatnya sementara. Mereka memutar uang pinjaman untuk dijadikan aset produktif, seperti membuka usaha, berinvestasi, dan lainnya.

Sementara orang miskin berhutang untuk tujuan yang sifatnya konsumtif. Mereka meminjam uang untuk memenuhi hasrat semata, seperti membeli barang karena FOMO, untuk flexing, hingga untuk berfoya-foya. Tidak sedikit juga orang miskin yang berhutang hanya untuk “gali lobang, tutup lobang”.

Anda perlu mengubah kebiasaan berhutang dengan mengedepankan prinsip hidup yang sederhana atau sesuai kemampuan finansial. Anda perlu membangun kebiasaan menabung secara konsisten. Agar lebih cepat mencapai kekayaan, lebih baik fokus pada membangun aset.

6. Bergaul di Lingkungan yang Salah

Lingkungan sosial dan pergaulan juga akan menentukan nasib hidup Anda. Masa depan Anda bisa dilihat dari dengan siapa Anda bergaul. Jika Anda sering bergaul dengan orang-orang punya habit buruk, maka Anda pun bisa terseret arus negatif. Sebagai manusia kita sebenarnya tidak boleh membeda-bedakan siapa teman kita. Namun Anda harus pintar dalam memiliki circle pertemanan.

Jika Anda ingin meraih kesuksesan, kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang berkualitas. Bergaulah dengan teman-teman yang memiliki pemikiran positif, baik itu dalam hal pendidikan, karir, keuangan, hingga agama. Dengan begitu Anda akan terbiasa memiliki habit baik yang memperbesar peluang Anda meraih kesuksesan.

7. Mengikuti Gaya Hidup Orang Lain

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, hindari memaksa diri mengikuti gaya hidup orang lain. Kebiasaan tersebut bisa menyebabkan Anda sulit meningkatkan keuangan. Pastikan Anda menerapkan gaya hidup sesuai kemampuan finansial Anda. Sebaiknya fokus meningkatkan kualitas diri Anda sendiri dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik.

Jika Anda hanya menggunakan uang untuk pencitraan, flexing, atau menuruti gengsi, maka finansial Anda akan berantakan. Daripada fokus pada hidup mewah orang lain, lebih baik Anda mencari tahu bagaimana orang tersebut bisa mengumpulkan kekayaan dan sukses. Anda perlu meniru bagaimana kerja keras mereka, strategi bisnis, karir, cara membangun relasi, dan lainnya.

Itulah 7 kebiasaan buruk yang sebagian besar dianggap sepele namun jadi penghambat dalam meraih kesuksesan. Jika Anda ingin hidup mapan dan mencapai kekayaan finansial, segera hilangkan kebiasaan buruk tersebut dan ubah dengan habit yang positif. 

Atur Keuangan Lebih Mudah dengan Rekening Online 

Mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk memang tidaklah mudah. Namun jika ingin meraih kesuksesan finansial, Anda harus menghilangkan kebiasaan buruk. Mulai sekarang bangun habit positif atau kebiasaan baik dalam diri Anda. Salah satunya habit yang penting Anda miliki adalah mengelola keuangan secara bijak dan cerdas. Untuk memudahkan dalam mengatur keuangan, Anda perlu membuka rekening online.

Dengan adanya rekening online, Anda bisa mengontrol dan memantau keuangan secara lebih mudah. Salah satu rekening online terbaik yang bisa Anda pilih adalah PermataME


Untuk informasi lebih lengkap mengenai rekening online PermataME bisa langsung Anda baca di laman: https://www.permatabank.com/id/tabungan-retail/permatame

0 Komentar:

Posting Komentar

share your comments here