Aneka Ragam Keunikan Kota Ternate


Ternate. Terkenal dengan sejarah penjajahannya di masa lampau. Kepopulerannya makin meningkat saat kota ini menjadi salah satu daerah yang dilintasi Gerhana Matahari Total pada bulan maret lalu. Banyak wisatawan berdatangan ke Ternate demi untuk menyaksikan fenomena langkah yang hanya dapat disaksikan di beberapa tempat tertentu. Selain itu, banyak pula wisatawan yang menghabiskan liburan mereka untuk menjajaki tempat-tempat bersejarah usai menyaksikan gerhana di kota yang satu ini. 

Tapi perlu diketahui, selain dikenal dengan sejarah dan fenomena GMT-nya yang sempat booming beberapa bulan lalu, Ternate  juga mempunyai beberapa tempat serta hal unik dan menarik untuk diketahui sekaligus dikunjungi. Kira-kira apa saja sih? Yuk Intip!

Seperti yang sudah disebutkan diatas, Ternate adalah kota yang terkenal dengan sejarah penjajahannya. Sejak zaman penjajahan, Ternate telah tercatat dan dikenal sebagai The spice island atau kepulauan rempah-rempah, sehingga tidak heran bila pada masa itu banyak bangsa Eropa berbodong-bodong datang ke Ternate demi untuk mengantongi kekayaan alamnya yang melimpah. 

Di zaman sekarang, julukan ‘The spice island’  masih melekat erat di kota ini. Di beberapa kampung, masih banyak masyarakat yang menjadikan rempah-rempah seperti cengkeh, pala, kopi, dll sebagai sumber mata pencaharian. Kalau kamu berkunjung dan bekeliling di kota Ternate, kamu pasti akan menemukan pohon-pohon cengkeh dan pala di sepanjang jalan dari kampung ke kampung. Apalagi bila masa panen telah tiba. Dalam perjalanan, indera penciumanmu akan dimanjakan dengan bau khas cengkeh yang di jemur di sepanjang jalan. 

Dalam catatan sejarah,  banyak bangsa eropa seperti Portugis, Spanyol, dan Belanda yang datang ke Ternate dan membangun benteng sebagai pertahanan sekaligus untuk melawan musuh yang juga ingin menguasai pulau Ternate. Oleh karena itulah, tidak heran bila pulau ini disebut sebagai kota seribu benteng. Selain menyimpan cerita masa lampau yang menarik, benteng-benteng di Ternate juga menyajikan panorama indah nan mempesona. Misalnya saja, Benteng Toluko dengan pemandangan rerumputan hijau dan langit biru cerah yang menyegarkan mata. Seperti gambar di bawah ini.


Atau Benteng Kalamata dengan arsitekturalnya yang menyerupai anak panah ke arah lautan. Lihat, pemandangan indah bukan?


Tidak hanya kedua benteng ini saja, masih ada pula benteng-benteng lainnya  di kota Ternate yang juga memiliki sejuta pesona dan sejarah lampaunya.

Selain dilimpahi rempah-rempah yang melimpah, ternyata Ternate juga kaya akan pantai dan hasil lautnya. Sampai saat ini, masih banyak warga Ternate yang menjadikan hasil laut sebagai mata pencaharian mereka.  Dan, kalau soal pantai jangan ditanya lagi. Ternate memiliki banyak pantai yang tidak kalah indahnya jika dibandingkan dengan pantai-pantai di daerah lain. Contohnya saja pantai Jikomalamo dengan laut jernih seperti kaca yang membuat mata bisa langsung melihat karang serta bebatuan di dasar lautnya.


Atau pantai Kastela yang semakin terlihat indah saat matahari terbenam. Kesan romantis dan manis akan kamu rasakan di pantai ini.


Selain dua pantai diatas, masih ada  lagi pantai-pantai indah lainnya, seperti Pantai Sulamadaha, Bobane Ici, Tobololo, Akerica, dsb.

Percayalah, selalu ada dongeng dibalik tempat-tempat wisata yang akan kamu kunjungi di Ternate. Dongeng dalam artian legenda atau mitos-mitos unik dan menarik yang sampai saat ini masih dipercaya oleh Masyarakat. Contohnya, legenda yang paling terkenal di Ternate ialah tentang Danau Tolire dan buaya putih. Konon, danau tersebut dulunya adalah sebuah kampung yang masyarakatnya hidup tentram dan sejahtera, namun pada suatu hari,  kampung itu dikutuk menjadi danau oleh penguasa alam semesta karena perbuatan asusila seorang ayah terhadap anak gadisnya. Sang ayah akhirnya berubah menjadi seekor buaya putih, begitupun dengan sang anak.


Selain itu, masyarakat Ternate juga percaya bahwa Danau Tolire adalah danau yang tidak memiliki dasar karena sampai sekarang belum ada seorang pun yang dapat mengukur kedalaman danau ini. Keunikan lain yang terdapat di danau Tolire adalah jika anda melemparkan batu ke arah danau, batu tersebut akan memantul ke arah lain dan tidak akan mengenai permukaan air pada danau tersebut.

Satu lagi yang tidak dapat dilewatkan saat berada di Ternate adalah Kedaton Kesultanan. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Ternate,  tidak afdol rasanya bila tidak menginjakkan kaki di Bangunan yang dibangun sejak tahun 1813 oleh Sultan Ternate ke-40, Sultan Muhammad Ali. Bangunan yang berlokasi di Kelurahan Soa Sio kecamatan Kota Ternate ini merupakan bangunan terkenal yang memiliki keunikan dan nilai sejarah serta budaya yang tinggi. Kedaton yang dibangun dengan arsitektural menyerupai seekor singa sedang duduk dengan dua kaki di depan menopang kepala ini menyimpan banyak barang-barang bersejarah di dalamnya.


Akan lebih seru lagi rasanya bila kamu dapat berkunjung  ke kedaton tepat di saat Legu Gam. Karena di saat itulah kamu bisa menikmati tradisi serta budaya masyarakat Ternate secara menyeluruh. Legu Gam merupakan pesta rakyat yang diselenggarakan setiap tahun sebagai manifestasi kecintaan rakyat terhadap Sultan Ternate dengan menampilkan berbagai ragam acara seperti tarian-tarian tradisional, lomba-lomba bertema kebudayaan, dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya bisa simak video berikut ini  :




Tahun ini tepat di bulan Desember, Legu Gam akan diselenggarakan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kota Ternate yang ke 766. Sudah bisa dibayangkan berapa banyak pengalaman menarik yang akan didapatkan nanti kan? Merayakan ulang tahun Kota Ternate di  Legu Gam tepat pada akhir tahun 2016. Wah.


***
Nah, sudah tahu keunikan dan ciri khas kota Ternate kan? Jadi, buat yang bingung kemana harus menghabiskan waktu liburan, yuk berwisata ke Ternate! 

56 komentar:

  1. Semoga suatu saat kesampaian ke ternate ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiinn \:D/
      Bilang-bilang ya kak kalo mau ke Ternate. Hueheu

      Hapus
  2. gila, tu ternate harta karun tersembunyi ya. jarang banget di angkat atau di publikasikan. baru tahu ada tempat indah n bagus disana dek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya. Tapi sekarang Ternate udah sering ditayangin di Tv nasional kok, di MTMA juga pernah. Kapan-kapan berwisata kesini, Mas. Dijamin gak nyesel \:D/

      Hapus
    2. aamiin yaa robbalallamin. semoga allah memudahkan rezeki untuk mas bisa jalan dan ketemu sama adek :)

      Hapus
    3. Aamiin. Saya bantu doa ya mas \:D/

      Hapus
  3. Ternate bagus banget. Belom pernah ke sana sih. Pengen. Ya ampun, itu airnya jernih banget. Semoga terjaga kebersihannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, itu belum seberapa, masih ada objek-objek wisata lainnya yang belum aku tunjukkin loh *uhuk xD

      Semoga bisa kesini ya, Ginciii. Aku tunggu :D

      Hapus
  4. akhirnya si kucing pemalas yang satu ini mau juga ikut lomba menulis HJT766 setelah berkali-kali "dipaksa" hahahaaaaa jangan lupa baca punya aku juga yah noooooovvvv http://dwibudidarma.blogspot.com/2016/11/pesona-sejarah-budaya-dan-pariwisata.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kucing pemalas! Makasih, kadwi:)))

      Hapus
    2. heheheee tapi butul to? eh kalo ada info dari panitia kas tau lewat inbox facebook eh ta hp ilang :(

      Hapus
  5. Jadi yang pulau dedongengan sang anaknya ikutan jadi buaya juga ya nov legendanya, e aku seneng ni klo uda nyangkut folklore suatu tempat wisata
    Kapan2 eksplore khusus makanan khasnya nov #rikues

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Anaknya ada di danau yang berbeda, nama danaunya itu Tolire Kecil. Lokasinya juga engga terlalu jauh dari Tolire besar. Hehe

      Baiklah, Mbak. Ditunggu aja yaaa, nanti aku review makanan khas Ternate \:D/

      Hapus
  6. Wah-wah ternyata perbuatan asusila terhadap keluarga sendiri sudah ad sejak jaman dahulu kala. Serem juga ya, untuk jadi buaya putih bukan buaya darat.
    Aku lebih tertarik sama bentengnya. Semoga lain waktu bisa kesana, sambil pulang membawa cengkehnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, Mas. Sudah ada sejak zaman dahulu. Hahah, kalau buaya darat mah bertebaran dimana-mana xD

      Aamiin \:D/

      Hapus
  7. keren juga ternate, nanti kalo ada supermoon bisa puas mantenginnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, Ternate kerennn! Kemaren orang-orang di Ternate bisa leluasa mantengin Gerhana loh *pamer xD

      Hapus
  8. Pemandanganya .. Masya Allah.. :)

    BalasHapus
  9. Pemandangan di Ternate ternyata indah-indah ya. Itu sunset kesannya romantis-romantis gimana gitu :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Teh. Selain foto-foto pemandangan diatas, sebenernya masih banyak lagi objek wisata lainnya yang keindahannya juga bikin terpukau. Uhuk

      Yuk dateng kesini Teh, bawa doi ke Pantai Kastela, nikmatin sunset biar suswit. Ehehe~

      Hapus
  10. bulan madu itu... harus bulan madu kesana.. nikmat banget pastinya, spot fotonya buanyaaak pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, Mas! Disini banyak spot foto yang bagus dan honeymoon-able. Gak akan kecewa kalau sudah berwisata ke Ternate \:D/

      Hapus
  11. Selamat ulang tahun ya, Ternate. Mantap sudah berumur ratusan tahun! Itu bentengnya bagus-bagus amat, deh. Pantainya juga. Aaakkkk, mau ke sana! Tolong dong beliin tiket ke sana, Nov. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukur dofu-dofu, Yog! (Baca : Terima kasih banyak, Yog) \:D/

      Wah, Yoga minta dibeliin tiket. Tunggu ada tiket gratis ke Ternate aja, Yog. Biar bisa hemat. Heheh, semoga bisa kesini ya ^^

      Hapus
  12. Habede kota Ternate yang indahnya seakan mengajakku untuk main ke sana.

    Paraaaah paraaah, airnya jernih banget. Gemes liat air jernih gitu:(
    Pengen ke sana.

    Btw, Nov, itu maksudnya kalo kita lempar batu ke danau Tolire trus batunya ga masuk ke air gitu ya? Jadi masuk kemana dong? Kok unik ya heheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hatur nuhun, Wulan. Yuk jalan-jalan ke Ternate. Hehe

      Iya, Lan. Batunya engga sampe masuk kedalem danau, bahkan engga sampe ke permukaan air danaunya :D

      Hapus
  13. Semogaaa suatu saat bisa punyaa kesempatan untuk explore ternate. Terima kasih sharingnya mbaak. Salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Bilang-bilang ya mbak, kalo mau kesini, siapa tau ada yang bisa saya bantu \:D/

      Terima kasih juga sudah berkunjung. Senang bisa berbagi informasi dan salam kenal juga, mbak:))

      Hapus
  14. Ternate ya, surga tersembunyi ternyata. Edan, pantainya bagus banget.

    BalasHapus
  15. Wah lagi ulang tahun ya kota Ternate. Semoga makin jaya selalu!

    Keren banget euy keanekaragamannya! Jadi pengen nyoba maen ke sana. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, cees. Aamiin, makasih hahah

      yuk, berwisata ke Ternate \:D/

      Hapus
  16. Belum pernah ke sanaa. Semoga suatu saat nanti bisa main ke sana. Aamiin. \:D/
    Itu seru sih yang bagian laut dan pantainya. Ternyata emang kebanyakan anak pantai ya Ternate itu? Yang tempat benteng juga baguuuus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin \:D/

      Iya, kebanyakan nakanak pantai, karna ada banyak pantai disini, dan banyak benteng juga. Hehe, makasih:))

      Hapus
  17. Lautnya itu lo dek, bikin saya ngiler dan pengen nyeburrr....


    BalasHapus
  18. Ternyata Ternate punya tempat wisata yang keren-keren yah, tapi yang membuat saya penasaran yang di Kedato itu, seperti apakah suasana ketika acara Legu Gam disana. Well mungkin jika ada waktu bisa main ke Ternate nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mas. Terima kasih. Video yang ada diatas juga sedikit menggambarkan suasana Legu Gam di kedaton, Mas. Bisa disimak :D

      Aamiin, semoga bisa berwisata ke Ternate^^

      Hapus
  19. belum pernah ke Ternate, hanya bisa lihat di acara wisata di tipi :(
    lautnya bikin pengin nyebur, biru banget

    BalasHapus
  20. Duhhh Indonesia itu emang syantik yaa 😍😍
    Bentar ya aku mengajukan proposal dlu biar approve ke ternatenya πŸ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak. Cantik banget, penghuninya apalagi😍😍
      Hahaha, proposal apa mbak? semoga diapprove yak xD

      Hapus
  21. Indonesia memang kaya, keren, dan cool banget.
    pantes banyak yang naksir ^^
    di antaranya, yaa... laut nya itu, bikin bergairah untuk nyebur, sayang, diriku ga pande renang :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah setuju! Indonesia memang kaya dengan keanekaragaman dan keindahan alamnya.

      Belajar renang dong :p

      Hapus
  22. wah ternyata Ternate keren juga ya. Pas baca bagian banyak benteng sama rempah2 langsung inget pelajaran sejarah dulu haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih.
      Yeay, bener banget. Benteng itu salah satu bukti sejarah penjajahan di Ternate:D

      Hapus
  23. Bentengnya tidak serem ya, tapi justru indah. Ternante memang keren. Rugi rasanya kalau belum berkunjung ke Ternate.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih indah kalau dilihat langsung mas, Hahah. Iya, rugi kalau belum berkunjung dan melihat peninggalan sejarah di kota ini. Yuk jalan-jalan ke Ternate mas :D

      Hapus
  24. Hai, Kak. Salam kenal. Aku Damar..


    Masya Allah, keren banget yaa Ternate. Mudah-udahan saya bisa liburan dan berwisata di sana suatu saat nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Damar ^^

      Alhamdulillah, terima kasih. Hahah. Saya bantu doa ya, Damar. Semoga bisa liburan ke sini. Aamiin \:D/

      Hapus
  25. luar bisa indahnya, jadi pengin kesana

    BalasHapus