Panduan Naik LRT Jabodebek dan Cara Beli Tiketnya

Panduan Naik LRT Jabodebek Dan Membeli Tiket LRT

Light Rail Transit (LRT) merupakan salah satu moda transportasi kereta lokal yang bisa dipilih warga Jakarta dan sekitarnya. Dengan adanya LRT, Anda bisa bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya di ibukota tanpa mengalami kemacetan. Selain itu, kapasitas penumpang LRT juga ditargetkan bakal lebih banyak dibandingkan MRT. 

LRT Jakarta sudah mulai dijalankan sejak 17 Agustus 2022 dengan kuota 600 penumpang. Sementara itu LRT Jabodetabek akan dioperasikan secara komersial pada Agustus 2023. Transportasi dengan sistem tenaga listrik aliran bawah ini dihadirkan untuk mengurai kemacetan, terutama di jam keberangkatan dan pulang kerja.

Pembelian tiket LRT bisa dilakukan secara offline di loket maupun lewat layanan online. Pembelian tiket online dapat memakai e-wallet dan Kartu Multi Trip (KMT) yang menghubung perjalanan multi moda transportasi. Tapi pastikan saldo Anda mencukupi sesuai dengan tarif tiketnya. 

Jadi sebelum melakukan perjalanan, Anda bisa top up e-wallet atau mengisi saldo KMT terlebih dahulu. Pengisian saldo e-wallet bisa Anda lakukan menggunakan aplikasi digital banking dari ponsel Anda. Lantas berapa harga tiket LRT dan bagaimana cara membelinya?

Harga Tiket LRT Jabodebek

Harga tiket atau tarif untuk naik LRT Jabodebek dikenakan biaya sebesar RP15.000 per penumpang. Tarif tersebut berlaku untuk perjalanan dengan rute dari stasiun Dukuh Atas sampai Cibubur, begitupun sebaliknya. 

Tarif tersebut mengalami kenaikan Rp3.000 daripada saat awal rencana pengoperasian fase pertama yang hanya dikenakan Rp12.000 saja. Namun tarif LRT kemudian disesuaikan dengan fasilitas dan keunggulan yang dihadirkan dalam layanan transportasi ini. 
Cara Membeli Tiket LRT Jabodebek
Harga Tiket LRT Jabodebek

Pembelian tiket LRT Jabodebek bisa Anda lakukan secara offline maupun online. Pembelian tiket on the spot di stasiun dapat dilakukan lewat layanan petugas loket atau secara mandiri (self service) menggunakan Ticket Vending Machine. 


Namun jika tidak ingin repot saat melakukan perjalanan, sebaiknya pembelian tiket dilakukan secara online. Pembelian tiket LRT online bisa Anda lakukan melalui e-wallet dan Kartu Multi Trip. Baik e-wallet maupun KMT merupakan alat transaksi non tunai untuk membayar tiket LRT dengan sistem cashless.
1. Pembayaran dengan KMT
Kartu Multi Trip merupakan alat pembayaran tarif transportasi umum yang diperuntukkan bagi Anda yang tidak memiliki e-wallet atau Kartu Uang Elektronik (KUE). KMT berbentuk kartu sama seperti e-money atau KUE. 
KMT merupakan alat pembayaran non tunai yang disediakan oleh KAI Commuter. KMT dapat Anda gunakan untuk membayar tiket berbagai layanan KAI Group, seperti MRT, KRL dan LRT. Pembelian atau pembayaran tiket LRT menggunakan KMT dapat dilakukan apabila terdapat saldo di dalamnya. Jadi Anda perlu mengisi saldo KMT terlebih dahulu sesuai tarif yang harus Anda bayarkan. 
Top up saldo KMT: top up saldo KMT bisa Anda lakukan secara mudah melalui ATM, di loket stasiun maupun di Ticket Vending Machine. 
Tap in KMT: Untuk mengakses transportasi LRT, Anda perlu tap in KMT di stasiun keberangkatan. Proses tap ini dilakukan untuk mengecek validasi kartu, mengecek saldo dan mencatat data perjalanan (waktu, gate id, stasiun id). 
Tap out KMT: Apabila sudah tiba di stasiun tujuan, Anda harus melakukan tap out KMT. Nantinya saldo KMT Anda akan terpotong otomatis sesuai tarif perjalanan. 
2. Pembayaran dengan E-Wallet
Pembelian tiket LRT menggunakan e-wallet atau dompet digital sebenarnya hampir sama dengan pembayaran memakai KMT. Bedanya, e-wallet menggunakan sistem digital atau tanpa kartu. Penumpang LRT tinggal memperlihatkan barcode atau QR kode di e-wallet ke alat tap di setiap stasiun. 
Top Up Saldo: Pastikan saldo e-wallet Anda mencukupi untuk membayar tarif LRT. Anda bisa top up terlebih dahulu menggunakan aplikasi digital banking. Gunakan mobile banking di ponsel Anda untuk mengisi saldo e-wallet Anda. 
Tap In E-Wallet: Saat akan naik LRT, Anda perlu tap in di stasiun keberangkatan. Proses tap in dilakukan untuk mengecek validasi QR pembayaran, cek saldo, potong saldo untuk tarif terjauh dan mencatat data perjalanan (waktu, gate id, station id). 
Tap Out E-Wallet: Apabila sudah sampai di stasiun tujuan, Anda harus melakukan tap out e-wallet. Nantinya saldo e-wallet Anda akan otomatis berkurang sesuai besaran tarif perjalanan Anda. 
Daftar Stasiun LRT Jabodetabek
LRT Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) akan melintasi sejumlah rute dengan stasiun lebih banyak. Berdasarkan peta LRT Jabodebek, terdapat sebanyak 18 stasiun perlintasan. Stasiun ini akan melayani penumpang dengan dua lintas perjalanan: lintas Cibubur dan lintas Bekasi. 
1. Rute LRT Jabodebek Lintas Cibubur

Stasiun LRT Dukuh Atas

Stasiun LRT Setiabudi

Stasiun LRT Rasuna Said

Stasiun LRT Kuningan

Stasiun LRT Pancoran

Stasiun LRT Cikoko

Stasiun LRT Ciliwung

Stasiun LRT Cawang

Stasiun LRT TMII

Stasiun LRT Kampung Rambutan

Stasiun LRT Ciracas

Stasiun LRT Harjamukti


2. Rute LRT Jabodebek Lintas Bekasi

Stasiun LRT Dukuh Atas

Stasiun LRT Setiabudi

Stasiun LRT Rasuna Said

Stasiun LRT Kuningan

Stasiun LRT Pancoran

Stasiun LRT Cikoko

Stasiun LRT Ciliwung

Stasiun LRT Cawang

Stasiun LRT Halim

Stasiun LRT Jati Bening Baru

Stasiun LRT Cikunir 1

Stasiun LRT Cikunir 2

Stasiun LRT Bekasi Barat

Stasiun LRT Jati Mulya


Banyaknya stasiun LRT tentunya sangat memudahkan warga Jabodebek untuk bepergian tanpa harus terjebak dan dipusingkan dengan kemacetan. Jadi Anda tidak perlu cemas berebut KRL atau MRT karena sudah ada tambahan pilihan transportasi yaitu LRT. 

Menggunakan Mobile Banking untuk Top Up E-Wallet
Bagaimana, ingin menjadikan LRT sebagai transportasi di Jabodebek? Siapkan e-wallet atau KMT Anda sebagai alat pembayaran tarif LRT. Sebelum naik LRT, pastikan saldo Anda cukup. Anda bisa top up e-wallet  terlebih dahulu menggunakan layanan digital banking. 
Salah satu layanan atau aplikasi dari digital banking terbaik yang menyediakan fitur top up e-wallet adalah mobile banking PermataMobile X. Mobile banking dari PermataBank ini disediakan untuk memudahkan transaksi di era digital PermataMobile X bisa Anda unduh di Play Store dan App Store. Selain menyediakan fitur top up e-wallet, PermataMobile X juga menyediakan ratusan fitur transaksi yang bisa Anda manfaatkan. 
Informasi lebih lengkap mengenai fitur PermataMobile X dan cara pendaftarannya bisa Anda cek di sini.

0 Komentar:

Posting Komentar

share your comments here