1 Mei 2021

5 Rekomendasi Podcast Berbahasa Inggris

5 Rekomendasi Podcast Berbahasa Inggris

Halo, siapa di sini yang suka dengerin siniar? Aku.

Yup, tahun ini aku lumayan rajin mendengarkan siniar atau yang biasa disebut dengan nama podcast, beberapa podcast yang sering kudengarkan merupakan podcast berbahasa Inggris yang cukup membantuku dalam mengasah kemampuan listening. Memang, tujuan awalku mendengarkan podcast adalah untuk belajar Bahasa Inggris, namun selain dari itu ternyata ada banyak manfaat lainnya yang kudapatkan. Aku mendapati bahwa mendengarkan podcast tidak hanya melatihku untuk lebih banyak mendengar, namun juga mengajariku untuk lebih fokus dan memahami apa yang disampaikan oleh seseorang, dan yang tidak kalah penting adalah aku bisa mendapatkan pengetahuan atau insight baru melalui podcast yang kudengarkan, di mana pun dan kapan pun. 


( Baca juga : Enam Cara Seru Belajar Bahasa Inggris )


Nah, berbicara tentang podcast berbahasa Inggris, berikut ini beberapa rekomendasi podcast dariku yang bisa kamu dengarkan :


5 Rekomendasi Podcast Berbahasa Inggris


5 Rekomendasi Podcast Berbahasa Inggris

Podcast yang satu ini menyajikan pembahasan Bahasa Inggris dasar yang cocok untuk para pemula hingga advance learner. Mendengar podcast ini, aku seperti sedang belajar dari seorang guru yang bersedia menjelaskan secara sabar dan tidak terburu-buru. Selain itu, terdapat banyak materi mengenai grammar, kosakata bahasa inggris, idiom, daily expression, phrases, dan banyak materi lainnya yang disampaikan dengan jelas dan mudah dipahami, kalaupun ada materi atau episode tertentu yang tidak sepenuhnya dipahami, para pendengar juga bisa langsung mengakses transcript setiap episode pada website yang disediakan lho! Asyik ‘kan? Kamu bisa mendengarkan podcast ini melalui spotify dan beberapa platform podcast lainnya ya.  


5 Rekomendasi Podcast Berbahasa Inggris



5 Rekomendasi Podcast Berbahasa Inggris

Podcast yang dibawakan oleh dua host bernama Lindsay dan Michelle ini rasanya akan menjadi teman yang tepat dan menyenangkan dalam mempelajari Bahasa Inggris. Melalui podcast mereka, kamu tidak hanya mendengarkan pembahasan mengenai Bahasa Inggris namun juga tentang culture, tips belajar, hingga cerita tentang kehidupan di US yang disajikan secara menarik dalam bentuk dialog, tak hanya itu, mereka pun banyak membagikan tips agar dapat berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris secara alami, tips mengerjakan TOEFL, IELTS hingga TOIEC. 


Ada beberapa episode yang kusukai dalam podcast ini, salah satunya yaitu episode 61, berjudul “When People Tell You Your English Stinks”, di sini kamu akan diberikan tips cara menghadapi orang-orang yang menganggapmu “Sok Inggris” atau yang meremehkan kemampuan berbahasamu, untuk lebih jelasnya coba didengar langsung deh di Spotify. Hehe


5 Rekomendasi Podcast Berbahasa Inggris


5 Rekomendasi Podcast Berbahasa Inggris

Selain memiliki channel youtube dengan ribuan subscriber di dalamnya, Ted Talks Daily juga hadir dalam bentuk podcast lho! Dari beberapa podcast yang sering kudengarkan, Ted Talks Daily merupakan salah satu favoritku karena podcast ini memiliki topik yang sangat bervariasi dan selalu menghadirkan para narasumber hebat yang menginspirasi. Selain itu, meskipun durasi audionya ada yang berkisar lima belas sampai tiga puluh menit, setiap pembahasan yang disampaikan selalu menarik buatku, belum lagi bila menemukan episode dengan pembicara yang penyampaiannya enak didengar, dijamin gak bakal bosan sih.


Sebagai seorang yang rajin mendengarkan podcast ini, bagiku Ted Talks Daily tidak hanya membantu melatih skill listening Bahasa Inggris, namun juga dapat membantu menambah pengetahuan dan ide mengenai banyak hal, sesuai dengan slogannya “Ideas Worth Spreading”. Podcast ini bisa didengarkan di berbagai platform musik seperti spotify, youtube music, apple podcast, dll. 


5 Rekomendasi Podcast Berbahasa Inggris


5 Rekomendasi Podcast Berbahasa Inggris

Podcast yang dipandu oleh Samantha dan Alyssa Anderson ini selalu membahas topik yang fresh di setiap episodenya, isi obrolannya ringan tetapi juga cerdas menurutku. Mendengarkan podcast mereka, aku seperti sedang diajak berdiskusi santai tentang banyak hal, mulai dari kesehatan mental, relationship, hingga isu sosial yang dibalut dengan cerita dan pengalaman pribadi para host. Selain itu, hal menarik yang membawaku ke podcast ini tentu saja adalah episode pertama yang berjudul “Are you an Impostor?”, pada episode tersebut, awalnya kupikir Samantha dan Alyssa akan membahas tentang game Among Us yang sempat ramai dibicarakan warganet, namun setelah kudengar podcastnya, ternyata topik yang dibahas justru lebih menarik daripada dugaanku sebelumnya, episode tersebut membahas tentang sindrom impostor dan self-doubt. Sebuah sindrom yang mungkin dirasakan oleh banyak orang, termasuk aku. Buat yang penasaran dengan podcastnya, bisa langsung dicari di spotify atau apple podcast ya.


5 Rekomendasi Podcast Berbahasa Inggris


5 Rekomendasi Podcast Berbahasa Inggris

Tidak seperti podcast sebelumnya yang topiknya sangat bervariasi di setiap episodenya, podcast kali ini justru lebih fokus membahas tentang self-love dan self-improvement, cocok untuk siapa pun yang sedang belajar tentang self-love dan self-care. Mendengarkan podcast ini, aku seperti sedang mendengarkan saran serta nasihat dari seorang teman, hampir semua episode yang dibahas di sini pun menarik untuk diikuti karena tidak melulu berisi motivasi untuk mencintai diri sendiri, namun juga terdapat tips tentang self-care, self-healing, dan lain sebagainya yang dapat menemani hari-hari pendengarnya.


5 Rekomendasi Podcast Berbahasa Inggris

Nah, itulah beberapa podcast yang sedang kudengarkan beberapa bulan terakhir ini, yang mana nih yang sudah pernah kamu dengar? atau kamu punya rekomendasi lain? yuk share di sini!


Share:

17 komentar:

  1. Wah aku gak bisa dengerin podcast berbahasa Inggris. Tapi kok aku jadi tertarik dengan podcast The Self-Love Fox. Jadi bisa belajar bahasa Inggris sekaligus mendapatkan insight ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, mungkin bisa dimulai dengan dengerin yang pake Bahasa Indonesia dulu kali ya, Mba. :D

      Coba dengerin Mba, ada banyak informasi tentang self-improvement juga.

      Hapus
  2. Podcast udah semakin bervariasi ya zaman now. Kalo aku sukanya cuma podcast horror sih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mba. Aku juga suka dengerin podcast horor, salah satunya yang Do You See What I See. Hihi

      Hapus
  3. Ya ampuuun. Mainan gw kurang jauh ternyata. Udh langganan Spotify tapi ga pernah tau ada podcast bagus kayak gini.

    Biasanya sih ya cmn dengerin lagu sambil kerja. Soalnya kl bljr cm dengerin suara sih aku kurang nendang, mending sambil youtuban. Tp bbrp podcastnya ada yg disiarin lwt Youtube dan ada jg teks yg bs dibaca ya.

    Aku coba deh denger. Terutama yg Ted. Soalnya denger mereka cm yg urusan startup dan dunia bisnis doank.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampuunnn, padahal ada banyak podcast keren di Spotify, bahkan podcast di beberapa platform juga tersedia di sana. Hahah

      Betul, podcast yang bisa ditemuin di Youtube, kebanyakan ada subtitle-nya juga. :D

      Hapus
  4. Bagi pembaca yang mungkin lagi belajar bahasa Inggris boleh juga nih dengerin 5 podcast ini. Tapi ya emang tricky sih bagi yang belum terlalu paham bahasa Inggris. makasih ya Kak sarannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mba. Buat yang masih belum terlalu paham mungkin bisa dengerin podcast yang pake Bahasa Indonesia dan Inggris dulu, nanti kubuatin juga artikelnya. Hehe, terima kasih kembali :))

      Hapus
  5. Dari 5 rekomendasi podcast ini aku cuma tau Teld Talks nih tapi itu juga sering lihatnya di youtube, ternyata punya podcastnya juga ya. Seru banget dengerin podcast bahasa Inggris

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, TedTalks termasuk salah satu yang populer sih Mba. :D

      Hapus
  6. Selama ini aku cuma dengerin podcast parenting Charlotte Mason dan DesTanya Siapa buat hiburan mba. Nanti aku cobain deh buka podcastnya. Sekalian belajar listening.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, bisa masukin list nih! Nanti kumau coba dengerin podcast parenting yang disebutin Mba juga ah.

      Makasih :))

      Hapus
  7. Aku lg cari nih podcast bahasa inggris buat referensi, makasih banyak infonya

    BalasHapus
  8. Daku jarang dengar Siniar kak. Namun pas baca artikel ini, langsung kepikiran, sepertinya sambil dengerin Siniar berbahasa Inggris bisa sekalian belajar bahasa Inggris juga kan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yay! Bener Mba, sambil dengerin juga sambil belajar :D

      Hapus
  9. Wah, ternyata ted talks ada podcastnya, aku baru tau. Soalnya aku kebiasaan dengerin lewat youtube aja. Tapi, aku juga tertarik dengan Espresso English Podcast. Buat adekku.
    Makasih ya Kak.
    Oh iya, salam kenal.

    BalasHapus