Tips Memilih Durian Sebelum ke Toko Buah Terdekat!

Tips Memilih Durian Sebelum ke Toko Buah Terdekat!

Buah musiman di Indonesia menjadi salah satu buah yang di tunggu-tunggu, uniknya buah musiman di Indonesia terjadi setiap bulan selama 1 tahun penuh. Jadi masyarakat bisa menikmati buah berbeda setiap bulan dan bisa membelinya dengan mudah di toko buah terdekat, supaya bisa siap-siap berburu, yuk, cari tahu kalender buah di Indonesia.

Kalender Musim Buah di Indonesia

Mengingat kalender buah lokal di Indonesia sangat bermanfaat bagi pencinta buah, penting bagi Anda untuk mengetahuinya. Harga buah saat musimnya jauh lebih murah dan rasanya enak karena stok melimpah. Langsung saja, simak kalender buah lokal di bawah ini :

     Januari : manggis, rambutan, sawo, kedondong

     Februari : jambu biji, duku

     Maret : sirsak, jeruk keprok, jeruk siam

     April : salak, semangka, blewah

     Mei : kesemek, jeruk manis

     Juni : nangka, pepaya, pisang

     Juli : belimbing, melon, jeruk pontianak

     Agustus : jambu bol, jambu air, jambu mete

     September : mangga

     Oktober : jeruk bali

     November : alpukat

     Desember : durian

Sedikit tips membeli buah musiman di toko buah terdekat adalah jangan langsung terburu-buru membeli saat buah baru muncul pertama kali tunggu beberapa hari-minggu sampai stok buah ada banyak dan harganya turun, karena jika di awal meski sudah masuk musim panen, buah musiman harganya masih mahal.

Tips Memilih Durian di Toko Buah Terdekat

Membahas mengenai buah musiman, durian merupakan salah satu buah musiman yang banyak penggemarnya.

Durian disebut juga dengan raja buah, rasanya manis sekali dengan ada sedikit hint rasa pahit. Aromanya khas dan memiliki tekstur yang lembut.

Sambil menunggu musim durian tiba simak dahulu tips memilih buah durian yang enak di toko buah terdekat : 

   Bentuknya bulat bukan lonjong, meski ada yang lonjong, namun jika dilihat dari samping tempat isi buahnya tetap terlihat membulat

    Durinya padat dan pendek-pendek

    Lihat tangkainya, jika pendek isinya tebal, jika masih bergetah artinya baru di petik dari pohon

    Durian ringan isinya tebal

    Warna kulit durian yang matang adalah kekuningan

    Durian matang mengeluarkan aroma khas

    Ketuk kulitnya, jika terdengar bunyi bluk-bluk atau suara berat artinya durian sudah matang

    Hindari membeli durian yang kulitnya cacat atau terbuka

Setelah mengetahui cara memilih buah durian yang enak, yuk cari tahu buah durian apa saja yang selalu jadi incaran saat musimnya :

1. Durian Petruk

Durian Petruk berasal dari wilayah Jepara Jawa tengah. Bentuknya lonjong dengan daging membuat berwarna kuning-oranye dan memiliki cita rasa manis pahit. Aromanya tajam, bijinya kecil, dan punya daging tebal.

Harganya sekitar Rp 85.000 - Rp 125.000 per buah

2. Durian Mimang

Durian Mimang berasal dari Banjarnegara Jawa tengah, memiliki ciri khas berbentuk oval dan memiliki garis tegas kuning kehijauan. Rasa daging buahnya manis teksturnya sedikit berserat dengan daging buah tebal.

Harganya sekitar Rp 25.000 - Rp 100.000 per buah

3. Durian Montong

Durian Montong menjadi salah satu primadona pecinta durian. Buahnya memiliki aroma manis yang khas, bentuk buahnya tidak beraturan namun daging buahnya sangat tebal dengan citarasa yang manis dan lembut. Ukuran durian Montong cukup besar mulai dari 2 kg - 8 kg per buah.

Harganya sekitar Rp 60.000 - Rp 200.000 per buah

4. Durian Medan

Durian Medan sangat terkenal hingga luar negeri. Durian Medan memiliki rasa yang sangat enak, meski ada sedikit rasa pahit, rasa durian ini cenderung sangat manis, daging buahnya tebal dan lembut. Selain itu durian Medan juga sangat mudah ditemukan di mana saja meski berada di luar wilayah Sumatera.

Harganya sekitar Rp 40.000 per buah

5. Durian Matahari

Durian Matahari berasal dari wilayah Subang Jawa Barat. Ciri khas dari durian ini adalah daging buahnya berwarna kuning cerah seperti sinar matahari. Dagingnya tebal, rasanya manis legit tidak beralkohol. Dagingnya memiliki tekstur lebih keras dan kering karena tidak terlalu banyak mengandung air.

Harganya di toko buah terdekat sekitar Rp 30.000 - Rp 50.000 per buah

Sekarang berburu buah musiman termasuk durian bisa dilakukan secara online, lho! Selain durian segar, Anda juga bisa mendapatkan durian frozen di sayurbox. Harga dijamin murah, banyak diskonnya, pilihan jenis buah duriannya banyak, dijamin enak, pengiriman kilat 1 jam sampai, ditambah lagi dengan sistem pembayaran yang mudah bisa lewat ovo, gopay, atau transfer antar bank. Tunggu apalagi segera borong buah favorit melalui aplikasi atau kunjungi web resminya di  https://www.sayurbox.com/category/fruits-1-cdd2074a. Semoga bermanfaat!

1 komentar:

  1. Nah bener banget kadang tetiba pengin buah eh ternyata ga ada di mana pun memang bukan musimnya memang suka ngadi-ngadi. Bulan ini eh mulai bulan kemarin mulai ada yang jual durian deket rumah memang sudah musimnya kayaknya. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus