Apa Itu Outsourcing? Serta Perbandingan Tenaga Kerja Asing vs. Lokal!

Apa Itu Outsourcing? Serta Perbandingan Tenaga Kerja Asing vs. Lokal!

Perusahaan membutuhkan peran tenaga kerja berkualitas untuk mendukung pengembangan operasional. Salah satu solusinya bisa didapatkan melalui sistem outsourcing yang dianggap menguntungkan bagi perusahaan. Lalu, apa itu outsourcing dan bagaimana perbandingan tenaga kerja asing dengan lokal yang bisa didapatkan melalui sistem ini? Mari simak penjelasan lengkapnya berikut.

Mengenal Apa Itu Outsourcing

Penggunaan sistem outsourcing dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja di perusahaan sebenarnya adalah hal yang sudah umum dilakukan. Outsourcing itu sendiri merupakan metode penggunaan tenaga kerja yang berasal dari pihak ketiga untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Bisa berupa tenaga kerja lokal maupun tenaga kerja asing.

Outsourcing merupakan inisiatif dari perusahaan itu sendiri karena dianggap menguntungkan dari beberapa sisi. Keuntungan outsourcing di antaranya adalah bisa mendapatkan tenaga kerja dengan lebih cepat dan biaya operasional yang harus dikeluarkan juga lebih hemat. Kini strategi outsourcing pun semakin berkembang dan disebut bisa membantu memelihara ekonomi pasar bebas.

Perbandingan Pekerja Lokal dan Asing

Melalui sistem outsourcing ini, perusahaan bisa menghadirkan tenaga kerja lokal maupun asing. Tentu ada perbedaan mendasar antara dua kelompok tenaga kerja ini. Kira-kira mana yang jauh lebih baik, apakah tenaga kerja asing atau lokal? Supaya bisa membuat perbandingan, maka perlu diketahui pro dan kontra dari kedua jenis tenaga kerja ini.

- Tenaga Kerja Asing

Penggunaan tenaga kerja asing di sebuah perusahaan bisa mendatangkan banyak manfaat. Salah satunya adalah memungkinkan penggunaan ilmu maupun teknologi baru dalam sebuah bidang pekerjaan. Kesempatan untuk adaptasi teknologi baru yang lebih canggih jauh lebih besar bersama tenaga kerja asing dari negara maju.

Namun di sisi lain, proses pengadaan tenaga kerja asing jauh lebih rumit. Tidak semua perusahaan bisa mempekerjakan orang asing karena ada banyak syarat yang perlu dipenuhi. Selain itu, regulasi penggunaan tenaga kerja asing juga lebih kompleks karena berurusan dengan syarat tinggal. Lebih dari itu, semakin banyak tenaga kerja asing terlibat di perusahaan Indonesia maka semakin kecil peluang kerja bagi warga lokal.

Apa Itu Outsourcing? Serta Perbandingan Tenaga Kerja Asing vs. Lokal!

- Tenaga Kerja Lokal

Bagaimana dengan tenaga kerja lokal? Jika dilihat dari sisi praktisnya, tenaga kerja lokal memang jauh lebih mudah untuk direkrut. Perekrutan tenaga kerja lokal tidak membutuhkan persyaratan yang rumit layaknya tenaga kerja asing. Komunikasi dengan tenaga kerja lokal juga bisa berjalan dengan lebih mudah sehingga menguntungkan pihak perusahaan.

Saat ini tenaga kerja lokal juga memiliki kompetensi yang sama bagusnya dengan tenaga kerja asing. Mereka bisa bersaing secara sehat demi kebaikan perusahaan. Penggunaan tenaga kerja lokal pun akan membantu perekonomian di Indonesia meningkat lebih baik lagi. Kesejahteraan masyarakat secara otomatis akan meningkat karena lapangan kerja terbuka lebih luas.

Outsourcing Tenaga Kerja Lokal di Indonesia

Kini perusahaan-perusahaan besar di Indonesia bisa menghadirkan tenaga kerja lokal berkualitas melalui sistem outsourcing. Metode ini dianggap mempermudah perusahaan dalam mendapatkan tenaga kerja lokal yang mampu menjalankan tugasnya sesuai kebutuhan perusahaan. Berikut adalah beberapa kelebihan outsourcing pekerja lokal di tanah air:

Hemat Biaya Operasional

Dari segi biaya, pengadaan tenaga kerja lokal lewat sistem outsourcing jadi jauh lebih hemat. Banyak jenis pengeluaran yang bisa dipangkas berkat adanya sistem outsourcing ini. Mulai dari biaya rekrutmen, gaji, hingga pelatihan karyawan. Semua kebutuhan ini akan dipenuhi oleh penyedia tenaga outsourcing sehingga perusahaan tinggal siap terima.

Proses Mendapat Tenaga Kerja Lebih Cepat

Keuntungan outsourcing berikutnya adalah perusahaan bisa mendapatkan tenaga kerja dalam waktu lebih cepat. Terlebih jika perusahaan memilih penyedia jasa outsourcing yang tepat untuk bekerja sama. Pengadaan tenaga kerja tidak akan membutuhkan waktu lama karena tidak ada proses rekrutmen yang berbelit-belit.

Pengadaan Pekerja dalam Jumlah Besar Lebih Mudah

Bagi perusahaan yang membutuhkan pekerja dalam jumlah besar, sistem outsourcing ini juga dianggap sebagai sebuah solusi yang sangat efektif. Pengadaan tenaga kerja bisa dilakukan dengan kapasitas besar untuk bidang pekerjaan yang spesifik. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan karena operasional perusahaan bisa berjalan lebih lancar dan optimal.

Outsourcing tenaga kerja lokal kini menjadi salah satu pilihan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan pekerja. Tentu saja melalui sistem outsourcing ini perusahaan berusaha untuk menyusun sistem kerja yang menguntungkan diri sendiri maupun pekerja yang terlibat. Pemilihan perusahaan outsourcing pun harus dilakukan dengan cermat sehingga tenaga kerja yang didatangkan sesuai dengan ekspektasi perusahaan.

Penuhi Kebutuhan Tenaga Kerja dengan Staffing Digital

Saat ini pemenuhan tenaga kerja di perusahaan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat berkat adanya Workmate Indonesia. Staffing dari Workmate Indonesia memberikan solusi tenaga kerja melalui pendekatan digital yang akan membantu perusahaan melakukan rekrutmen lebih sederhana didukung dengan teknologi yang canggih.

Banyak keunggulan yang ditawarkan oleh Staffing dari Workmate Indonesia. Pertama, bisa mendapatkan ketersediaan kandidat pekerja dengan cepat dan tepat. Kedua, absensi tanpa timesheet secara manual. Ketiga, biaya operasional lebih terjangkau hingga 30% dari teknik rekrutmen konvensional. Serta, rekrutmen akan berjalan jauh lebih efisien karena didukung oleh sistem digital.

Kini sudah jelas apa itu outsourcing dan seperti apa perbandingan tenaga kerja lokal serta asing. Bagi perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja tanpa sistem rekrutmen rumit dan lama, Workmate Indonesia akan menjadi solusi yang tepat untuk meningkatkan produktivitas  perusahaan Anda. Selengkapnya mengenai Workmate Indonesia, segera lakukan pengisian form agar pemenuhan tenaga kerja bisa segera dilakukan.

1 komentar:

  1. Oh paham, dalam sebuah perusahaan memang harus pandai-pandai mengatur tenaga kerja karena itu berpengaruh banget. Baru paham outsourcing ternyata bermanfaat juga untuk perusahaan, jadi itu kayak tenaga kerja dari pihak ketiga yaitu pihak yang bekerjasama dengan perusahaan. Ehm, terima kasih informasinya!

    BalasHapus