5 Cara Agar Kamu Merdeka Secara Finansial di Usia Muda

5 Cara Agar Kamu Merdeka Secara Finansial di Usia Muda

Dalam mengelola keuangan, tentunya salah satu hal yang sangat krusial adalah kemerdekaan finansial, terlebih jika hal tersebut berhasil dicapai di usia yang masih muda. Tidak untuk disalahartikan, kondisi merdeka secara finansial bukanlah serta merta ketika seseorang memiliki banyak uang dalam satu waktu. Tetapi kondisi di mana seseorang merasa aman dan bisa hidup dengan layak dengan kondisi finansial yang dimiliki. Kondisi ini juga dapat diartikan di mana seseorang dapat memastikan bahwa masa depannya akan terjamin.

Dapat dipastikan bahwa kemerdekaan finansial adalah sesuatu yang sangat kita semua idamkan, bukan? Bicara mengenai hal tersebut, sudahkah kamu merasa merdeka secara finansial? Jika belum, tidak perlu khawatir karena kita semua bisa merdeka hari ini. Untuk mencapainya pun dapat dimulai dari sekarang dari lima langkah kecil saja. Permata Bank melalui mobile banking PermataMobile X hadir sebagai aplikasi yang bisa membantumu untuk mengimbangi dan menunjang langkah-langkah tersebut dengan satu genggaman saja.


1. Mengelola anggaran belanja

Sebelum memulai, alangkah baiknya kamu memahami posisi dirimu dan mencoba memperhitungkan perputaran uang selama beberapa bulan terakhir terlebih dahulu. Kemudian, coba pikirkan apakah kondisi tersebut sudah cukup ideal dan tidak terlalu memberatkan untukmu. Jika kamu masih merasa keberatan, mulailah mengelola anggaran belanja, berdasarkan skala prioritas, dengan mencatat secara detail sumber pendapatan dan rencana pengeluaran di bulan mendatang. Dengan anggaran belanja, kamu dapat mengontrol keuangan sehingga pengeluaran bulanan tidak akan melebihi jumlah uang yang kamu dapatkan. Anggaran belanja akan memudahkan untuk hidup sesuai dengan kemampuan finansial. 


PermataMobile X memiliki fitur yang dapat membantumu untuk mengakses mutasi transaksi untuk semua akun hingga 12 bulan. Dari sini, kamu bisa melakukan tracing atau pelacakan sehingga kamu tahu pengeluaranmu secara persis yang dapat kamu jadikan sebagai patokan untuk memutuskan anggaran belanja bulan-bulan selanjutnya. Dengan ini tentunya kamu bisa memonitor keuangan dengan lebih baik agar semakin mudah dikelola. 


2. Menerapkan hidup minimalis

Di era yang serba digital ini, semua bisa kita dapatkan dengan mudah. Sehingga tidak jarang kita menjadi mudah tergiur dengan segala hal yang dijual dan diiklankan secara online. Perilaku konsumtif pun terbentuk dan gonta-ganti barang adalah hal yang sering kali terjadi terutama di kalangan anak muda. Padahal, tidak semua hal tersebut diperlukan. Gonta-ganti barang pun terkadang dilakukan bukan atas dasar keharusan tetapi sekedar untuk meningkatkan status sosial yang sebenarnya hanya akan menghimpit kondisi keuangan.


Berusaha untuk menerapkan gaya hidup minimalis dapat menjadi salah satu cara. Dengan gaya hidup ini kita dapat memfokuskan diri ke skala prioritas dan mengeluarkan uang sesuai kebutuhan. Selain itu, kamu tidak perlu memusingkan tagihan bulanan yang akan terus membengkak. Memulai gaya hidup minimalis tentu tidak mudah di awal. Tetapi dengan terus berpegang pada skala prioritas dan anggaran belanja, kamu akan bisa beradaptasi. Oleh karenanya tetap kontrol mutasi transaksi yang tentunya dapat kamu lakukan dengan mudah dengan PermataMobile X.


3. Menyiapkan dana darurat

Dana darurat merupakan hal yang seringkali disepelekan. Namun, secara realistis, tidak semua kebutuhan yang kita harus penuhi bersifat terencana atau terduga. Terdapat beberapa kondisi yang dapat mengharuskan kita untuk mengeluarkan uang tunai secepat-cepatnya. Dengan adanya dana darurat, kamu bisa menghindari utang dan pinjaman ketika dalam kondisi mendesak, terlebih jika itu dalam jumlah yang besar. Hal ini akan membuat kondisi keuanganmu lebih stabil di kemudian hari.


Menyiapkan dana darurat bukanlah hal yang sulit. Ketika kamu mendapatkan penghasilan tiap bulan, kamu bisa menyisihkan sekiranya 10% untuk dana darurat. Jumlah yang harus dikumpulkan untuk dana darurat bisa berbeda-beda. Namun, akan lebih baik jika kamu bisa mengumpulkan dana darurat setidaknya hingga enam kali pendapatan bulanan. 


Hal yang cukup sering terjadi adalah mencampuradukkan dana darurat dengan tabungan masa depan. Alhasil, dalam keadaan darurat tabungan pun terkuras. Untuk menghindari hal ini, lebih baik kamu membuat rekening secara terpisah. Membuka rekening untuk ini tak perlu repot karena kamu bisa melakukannya dengan mudah melalui PermataMobile X langsung dari ponselmu tanpa perlu ke kantor cabang. Selain itu, mengingat dana darurat harus bersifat mudah dicairkan, dengan PermataMobile X, pencairan uang dapat dilakukan di mana saja bahkan tanpa kartu di gerai minimarket terdekat.


4. Mulai menyisihkan uang

Menyisihkan uang untuk masa depan sangatlah penting. Karena di masa mendatang, terutama dalam hitungan tahun, kondisi keuanganmu belum tentu bisa diprediksi, baik karena faktor yang bisa kamu kontrol maupun yang tidak bisa kamu kontrol. Uang yang kamu sisihkan bisa dalam bentuk tabungan maupun investasi. 


Agar tidak terasa berat, kamu tidak perlu menabung banyak dalam satu waktu. Kamu bisa menggunakan metode pembagian di mana 15-20% dari penghasilan tiap bulan lah yang akan ditabung. Dengan metode ini yang dijalani secara rutin, menabung akan terasa lebih ringan dan kamu justru akan lebih bisa konsisten untuk menabung. Tidak perlu tunggu hari esok, kamu juga bisa memulainya sekarang juga dengan membuka rekening secara langsung dari ponselmu melalui PermataMobile X.


Dewasa ini, investasi bukanlah hal yang asing, terlebih bagi anak muda. Dibanding dengan menabung, melalui investasi uang yang kita sisihkan akan lebih terlindungi dari inflasi. Belajar investasi pun sudah sangat mudah karena banyaknya sumber yang terpercaya. Tentunya dengan melek investasi anak muda dapat meraih kemerdekaan finansial sedini mungkin. Jika kamu memiliki kekhawatiran akan penipuan, selain memperkaya diri dengan pondasi pengetahuan investasi yang kuat, berinvestasilah melalui pihak yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan Indonesia (OJK). 


Tidak perlu pusing untuk memilih mana yang harus kamu lakukan antara menabung dan berinvestasi karena kamu bisa melakukan keduanya dalam satu waktu hanya dengan satu aplikasi. PermataMobile X juga menyediakan fitur untuk investasi di mana kamu bisa melakukan transaksi penjualan, pembelian, dan switching reksa dana secara online, kapan saja, dan di mana saja. Kemudahan akses untuk menabung sekaligus berinvestasi akan semakin memudahkanmu untuk mencuri start untuk mencapai kemerdekaan finansial.


5. Menekan utang konsumtif dan memperbanyak sumber pendapatan

Utang atau pinjaman yang digunakan untuk sekedar memenuhi keinginan semata pada akhirnya akan memberatkan. Selain berpotensi untuk menyebabkan penumpukan, terdapat pula bunga yang perlu dibayar. Oleh karenanya, kamu harus mulai belajar untuk menahan keinginan yang tidak bersifat menguntungkan dan mengetahui kemampuan finansial agar tidak terlilit oleh hutang. Jika kamu memiliki utang dan pinjaman dalam jumlah besar akibat dari perilaku konsumtif, segera lunasi agar kamu dapat memulai hidup yang merdeka secara finansial. 


Namun, memiliki utang dan pinjaman merupakan hal yang wajar. Dengan pengelolaan yang bijaksana, keduanya justru bisa membantumu untuk memperbanyak sumber pendapatan. Misalnya dengan menggunakannya untuk modal usaha. Jika kamu memerlukan pinjaman untuk modal, PermataMobile X sangatlah tepat untuk kamu gunakan karena kamu bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan PermataKTA dengan proses yang cepat dan mudah.

****

Itulah lima cara agar kamu bisa merdeka hari ini dalam hal finansial. Tentunya dengan PermataMobile X, kelima cara tersebut terasa semakin mudah, bukan? Yuk segera praktikkan dan unduh aplikasi PermataMobile X di App Store atau Google Play agar kamu bisa merdeka finansial di usia muda.

0 Komentar:

Posting Komentar

share your comments here