21 Agustus 2020

Jaga Daya Tahan Tubuhmu dengan Lima Cara Ini

Selain identik dengan galau dan hal-hal yang berbau kenangan, musim hujan juga sering dikaitkan dengan demam, pilek, batuk, dan semacamnya. Seperti yang kurasakan seminggu lalu, diserang flu dan batuk berdahak hingga menyebabkan suaraku menjadi parau. Kekhawatiranku semakin bertambah mengingat musim pademi belum juga berakhir hingga saat ini. 


Untung saja setelah berkonsultasi ke dokter dan diminta beristirahat selama beberapa hari, keadaanku membaik. Flu dan batuk yang menyerangku tampaknya  disebabkan oleh daya tahan tubuh  yang lemah, entah lemah karena keseringan begadang atau karena aku yang jarang keluar rumah alias kurang liburan. 


Oleh sebab itulah, untuk melindungi tubuh dari penyakit tersebut, terutama pada saat musim hujan, sudah seharusnya aku bisa menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Nah, berikut ini beberapa cara atau tips dariku yang bisa kamu coba agar daya imun tubuhmu tetap terjaga. 


( Baca juga : Melindungi Diri di Masa Pandemi )


Menjaga Daya Tahan Tubuh
 

Apa yang kita konsumsi akan menentukan kualitas daya tahan tubuh kita, karena itulah  mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan vitamin merupakan salah satu faktor penting agar kesehatan dan imun tubuh tetap terjaga. Cobalah untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah,  sebab jenis makanan ini    mengadung banyak vitamin yang dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit, beberapa buah yang mengandung vitamin dan nutrisi baik untuk tubuh  yaitu jeruk,  pepaya, stroberi, kiwi, dll.


Menjaga Daya Tahan Tubuh

 

Dikutip dari Healthline.com, kurangnya waktu tidur akan berpotensi melemahkan sistem kekebalan tubuh manusia. Sebuah studi juga mengungkapkan bahwa orang yang tidur di bawah 7 jam memiliki potensi 3 kali lebih cepat terserang demam dan hidung tersumbat (nasal drop) ketimbang orang yang tidur di atas 8 jam, hal ini dikarenakan pada saat tidur tubuh kita akan melakukan detoksifikasi dan recovery yang berguna untuk membuang racun di dalamnya, sebab itulah memiliki waktu tidur yang cukup merupakan faktor  penting dalam menjaga kesehatan kita. 


Menjaga Daya Tahan Tubuh
 

Air merupakan cairan yang paling dibutuhkan oleh tubuh karena hampir sebagian besar tubuh manusia terdiri atas air. Kekurangan asupan air putih akan membuat tubuh kekurangan cairan (dehidrasi) sehingga menyebabkan turunnya sistem kekebalan tubuh. Umumnya tubuh orang dewasa membutuhkan 2 liter air atau sekitar 8 gelas air putih setiap hari agar organ tubuh bisa bekerja dengan maksimal, oleh sebab itulah penting bagi kita untuk selalu mengkonsumsi air putih setiap hari agar organ dalam tubuh dapat bekerja dengan baik dan terhindar dari penyakit. 


Menjaga daya tahan tubuh
 

Cara menjaga imunitas tubuh lainnya adalah dengan berolahraga  dan berjemur di bawah sinar matahari. Dikutip dari Health.com, lancarnya sirkulasi darah yang dihasilkan dari olahraga secara rutin akan membuat kelenjar getah bening dapat bekerja dengan lebih baik, hal ini tentunya berpengaruh pada meningkatnya imunitas tubuh. 


Di samping dari olahraga, sinar matahari juga memiliki peran penting yang dapat memberi energi pada sel imun, yakni sel T. Dengan berjemur selama 15 - 20 menit setiap hari, tubuh akan memperoleh vitamin D yang dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit maupun virus. 


Menjaga Daya Tahan Tubuh
 

Selain melakukan cara-cara di atas, kamu juga dapat mengkonsumsi suplemen penambah daya tahan tubuh yang cocok untukmu, atau kamu juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara mengkonsumsi bahan alami atau bumbu dapur yang diolah menjadi ramuan tradisional seperti kunyit asam, wedang jahe dan semacamnya. Tak hanya enak, bahan-bahan alami tersebut pun dipercaya dapat menjaga tubuh tetap sehat dan segar.


Jaga Daya Tahan Tubuhmu dengan Lima Cara Ini


Nah, itu dia beberapa tips agar tubuh tetap fit, jangan sampai terlewat ya teman-teman, sebab jika imunitas tubuh melemah, tentu tubuh akan gampang terserang sakit, tidak hanya flu dan pilek, penyakit lain seperti Pembengkakan Kelenjar Getah Bening pada tubuh pun  bisa saja muncul tanpa disadari. 


Oh iya satu lagi nih, buat kamu yang sedang membutuhkan informasi mengenai masalah kesehatan namun sedang tidak sempat ke puskesmas atau rumah sakit terdekat, kini kamu bisa berkonsultasi secara online melalui Aplikasi HaloDoc lho! Halodoc sendiri merupakan aplikasi layanan kesehatan yang menyediakan berbagai fitur untuk membantu penggunanya mendapatkan pelayanan kesehatan dengan cepat. Aplikasi ini memungkinkan kamu berkomunikasi langsung dengan dokter ahli melalui fitur chat bahkan hingga membuat janji berkunjung tanpa perlu mengantri. Aplikasi ini bisa kamu unduh melalui Playstore/Apple Store, atau bisa langsung melalui website-nya, di HaloDoc.com. Mudah kan? Yuk selalu jaga kesehatan diri kita.

Share:

10 komentar:

  1. banyak makan buah yang penuh vitamin dan selalu bersyukur diberi kesehatan . :D

    BalasHapus
  2. yang gue lakukan sekarang, hanya olahraga yang cukup rutin, memperbanyak minum air putih, serta sedang mencoba untuk istirahat yang cukup.

    untuk makanan yang bergizi, ini agak ribet sih. sebagai anak rantau. terlebih buat beli buah-buahan serta sayur. kayak males aja gitu gue nya :XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah! Sama nih

      Yah, yang penting jangan kebanyakan konsumsi junk food aja ahahah

      Hapus
  3. Kesimpulannya, kita semua harus mengamalkan pola pemakanan yang baik dan gaya hidup yang sehat untuk kesehatan yang baik. Jangan lupa makan buah dan sayur dan amalkan olahraga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, Cik. Terima kasih sudah berkunjung:))

      Hapus
  4. Ngomong-ngomong olahraga, aku juga dirumah suka senam aerobik nov
    Hampiiiir setiap hari, lumayan kan bisa ningkatin imunitas 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sendiri jarang senam sih, aku lebih biasain diri untuk joging aja tiap pagi ahaha.

      Alhamdulillah :D

      Hapus
  5. Baca artikel ini saya jadi tersindir
    Jarang olah raga, apalagi minum air putih.
    Terlalu banyak begadang dan minum kopi

    BalasHapus
  6. Yg kurang buatku cuma 1 nih, istirahat dan tidur cukup. Sejak resign malah terganggu banget pola tidur. Jd begadang sering. Walopun utk poin2 yg lain aku msh konsisten mba. Minum air putih selalu 3-4 liter Krn aku banyak konsumsi suplemen sejak pandemi, makanya air putih hrs lebih. Tapi tidur 7-8 jam itu susah niiih -_-

    BalasHapus