30 April 2020

Melindungi Diri di Masa Pandemi


Tahun ini sepertinya merupakan tahun yang agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Keberadaan Covid-19 atau biasa disebut dengan virus Corona merupakan sesuatu yang tidak disangka-sangka bagi semua orang karena membuat banyak hal seketika berubah, banyak rencana yang mesti ditunda dan banyak pula permasalahan baru yang bermunculan di berbagai Negara.

Siapa yang menyangka kalau virus yang awal mulanya diklaim berasal dari Wuhan, China ini ternyata akan menjadi pandemi di seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia? Tepat hari ini, saat sedang menulis artikel ini di blog, jumlah pasien positif berdasarkan data informasi dari website resmi Covid-19 kini sudah mencapai 9771 kasus positif di Indonesia. Dari sekian banyaknya kasus tersebut, sudah seharusnya kita dapat  lebih meningkatkan kewaspadaan untuk melindungi diri dan orang-orang sekitar.

Himbauan terkait waspada Covid-19 dari pemerintah seringkali diberitahukan melalui pelbagai media sebagai upaya pencegahan penyebaran virus, namun sayangnya tidak semua orang menghiraukan pesan tersebut, akibatnya kasus positif corona pun bermunculan setiap harinya, padahal mengikuti himbauan yang ada merupakan salah satu cara kita membantu serta menyelamatkan diri dan orang banyak

Berikut ini beberapa cara yang mestinya dilakukan oleh kita semua sebagai upaya melindungi diri di tengah wabah Covid-19 :

Jaga Jarak atau Physical Distancing
Salah satu langkah sederhana yang dapat kita lakukan untuk memutuskan tali penyebaran virus ini adalah dengan tetap di rumah dan melakukan physical distancing atau menjaga jarak seperti yang dihimbau oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejak awal munculnya pandemi ini.

Tetap berada di rumah dalam waktu yang tidak ditentukan mungkin memang rasanya membosankan, namun meskipun begitu, jangan lupa untuk tetap hidup sehat dan melakukan hal-hal yang bermanfaat atau hal-hal yang kamu suka agar tidak stress. 


Kalau pun nantinya terpaksa keluar rumah, jangan lupa untuk selalu menggunakan masker dan tidak melakukan kontak fisik dengan orang dari luar ya!

Melindungi Diri di Masa Pandemi dengan Halodoc
Langkah kedua yang tentu sudah diketahui banyak orang yaitu dengan cara menjaga kebersihan. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kebersihan diri dari penyebaran virus corona, misalnya seperti rajin mencuci tangan dengan sabun, menutup mulut dengan siku bagian dalam ketika batuk dan bersin, membersihkan rumah dan tempat kerja, segera mencuci pakaian yang baru saja dipakai saat keluar rumah, dan lain sebagainya.

Menjaga Daya Tahan Tubuh
Menjaga ketahanan tubuh di masa pandemi corona adalah salah satu hal yang wajib dilakukan agar  virus tersebut tidak  mudah menginfeksi tubuh. Tentunya menjaga daya tahan tubuh ini tak hanya penting bagi mereka yang harus keluar rumah, tetapi juga yang melakukan work from home atau bekerja dari rumah.

Menjaga ketahanan tubuh dapat dilakukan dengan beristirahat yang cukup, menjalankan pola hidup sehat, rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Di samping itu, apabila kamu merasa sedang sakit atau tidak enak badan dalam jangka waktu tertentu, disarankan untuk segera memeriksa ke dokter. Khawatir bila harus mengantri dan berada di antara orang banyak? Tenang! Meskipun saat ini kamu  berada di rumah atau sedang tidak ingin kemana-mana, kamu tetap bisa melakukan konsultasi kesehatan secara online kok, cukup dengan menggunakan Aplikasi Hallodoc di smartphone-mu.

Melindungi Diri di Masa Pandemi

Halodoc merupakan aplikasi layanan kesehatan berbasis online yang menyediakan berbagai fitur untuk membantu penggunanya mendapatkan pelayanan kesehatan dengan cepat. Aplikasi ini memungkinkan penggunan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter ahli melalui fitur chat, membuat janji berkunjung tanpa mengantri di rumah sakit, bahkan Halodoc juga menyediakan layanan Rapid Test yang berlokasi di daerah sekitar Jabodetabek sebagai langkah antisipasi penyebaran virus. Dengan adanya layanan ini,  siapapun bisa cepat mendapatkan penanganan terkait gejala dan infeksi virus tersebut.  
 Melindungi Diri di Masa Pandemi dengan Halodoc
Selain Aplikasi yang dapat diunduh melalui Playstore dan Apple Store, kamu juga bisa mengakses layanan kesehatan online ini melalui website Halodoc.com. Mudah dan praktis bukan? Yuk konsultasikan kesehatanmu melalui Halodoc sekarang!
Share:

6 komentar:

  1. Dengan adanga hallo doc sangat memudahkan kita ya untuk memeriksakan diri secara online dengan menanyakan langsung ke dokternya
    Saya pun pasang hallo doc di hp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Ami, long time no see!

      Betul, App Hallo Doc memudahkan banyak orang mendapatkan pelayanan kesehatan, jadi, wajib ada di HP, hahah.

      Hapus
  2. Ah, iya membantu banget ini. Aku kemarin pakai, tapi cuma buat cari second opinion saja sih, habis ke dokter dan ke RS rasanya belum puas. Akhirnya pakai aplikasi ini lumayan puas sama jawabannya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Kak Indi, glad to see you here! Betul, ewat HaloDoc kita bisa berkonsultasi tentang kesehatan cuma lewat HP doang, mudah.

      Hapus
  3. Kita semua berharap pandemi ini segera usai, rindu dengan kebiasaan-kebiasaan lama.. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aku rindu bisa kemana-mana tanpa ada rasa takut yang kayak sekarang:')

      Hapus