Pengertian Hingga Fungsi Business Strategy Yang Patut Diketahui

Fungsi bussines strategi yang harus dipelajari dan diketahui

Dalam sebuah bisnis diperlukan sebuah strategi yang tepat untuk bisa mencapai apa yang diharapkan, business strategy ini adalah komponen dasar yang harus dikuasai sebelum nantinya Anda terjun secara langsung, guna meminimalisir resiko yang tidak diinginkan. Karena sebagaimana yang diketahui bahwa bisnis tidak bisa begitu saja berjalan dengan lancar seperti yang diharapkan tanpa adanya usaha, karena sudah pasti ada naik turunnya dari waktu ke waktu.
 
Apa itu Strategi Bisnis?
 
Sebelumnya mungkin banyak juga yang masih belum mengetahui tentang strategi bisnis, khususnya adalah mengenai pengertian dasarnya. Bisnis strategi bisa dikatakan sebagai serangkaian tindakan kompetitif yang digunakan oleh bisnis untuk bisa meraih pelanggan dan dapat meningkatkan penjualan, hasil akhir yang dituju tak lain adalah keuntungan dalam bisnis tersebut. Lewat strategi ini nantinya perusahaan akan tahu bagaimana atau langkah apa saja yang harus diambil sehingga bisa mencapai tujuan yang telah ditetapkan tersebut.
 
Tentunya di dalam strategi bisnis sendiri harus melalui berbagai tahapan sampai nantinya siap untuk digunakan, mulai dari tahap perencanaan sampai dengan melakukan evaluasi untuk mengukur, apakah hasil yang ditargetkan memang sudah sesuai ataukah belum. Dari evaluasi ini bisa digunakan untuk memperbaiki strategi baru yang nantinya akan digunakan dalam perusahaan tersebut.
 
Fungsi Strategi Bisnis
 
Business strategy ini pada dasarnya juga memiliki berbagai macam fungsi yang akan membantu usaha tersebut, diantara fungsinya adalah:
 
  1. Mengarahkan mengenai tujuan perusahaan, strategi bisnis ini nantinya akan menghadirkan atau memberitahu mengenai visi serta misi dari perusahaan, inilah yang dijadikan sebagai tujuan atau arahan untuk bisa sampai kepada pencapaian perusahaan, tentunya sudah ditentukan jangka waktunya, mulai dari jangka pendek sampai dengan tujuan perusahaan jangka panjang pastinya harus ada, karena hal ini layaknya sebuah navigasi.

  2. Digunakan untuk mengidentifikasi peluang serta ancaman, dengan adanya strategi bisnis maka nantinya perusahaan tersebut juga akan menjadi lebih terbantu, diantaranya adalah untuk tahu bagaimana cara mengidentifikasi peluang yang ada, serta ancaman yang harus diantisipasi. Karena di dalam pasar Anda tidak tahu apa nantinya yang akan terjadi di masa depan, tidak selalu berjalan mulus sesuai dengan apa yang diharapkan, sehingga patut ada antisipasinya.

  3. Sarana untuk mengambil keputusan lebih baik, adanya acuan dalam strategi bisnis ini juga bisa dipakai sebagai sarana untuk perusahaan dalam mengambil sebuah keputusan. Dimana memang langkah atau step by stepnya sendiri juga sudah jelas. Hal tersebut akan sangat membantu manajemen di dalam mengevaluasi berbagai alternatif serta memilih tindakan yang nantinya paling sesuai untuk bisa mencapai tujuan serta perubahan yang diharapkan.

  4. Mengalokasikan sumber daya secara lebih efisien, sumber daya ini banyak jenisnya, mulai dari sumber daya manusia serta alam, semuanya akan dialokasikan secara tepat dengan adanya strategi bisnis. Pengalokasian ini akan membantu menjadi lebih efisien, sehingga nantinya perusahaan dapat menghindari adanya pemborosan, serta dapat digunakan untuk memaksimalkan penggunaan dari sumber daya yang telah ada.

  5. Mengembangkan keunggulan kompetitif, strategi bisnis ini nyatanya juga sangat berguna di dalam mengembangkan keunggulan kompetitif di dalam perusahaan, ini adalah cara yang n dilakukan untuk bisa membedakan diri dengan para pesaing yang lainnya, yaitu dengan adanya inovasi produk, biaya sampai dengan pelayanannya juga.

  6. Evaluasi kinerja, fungsi selanjutnya adalah dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja. Dimana penyusunan strategi bisnis ini harus mencakup pada kerangka kerja yang digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan. Jadi memungkinkan bagi perusahaan tersebut untuk nantinya mengevaluasi apakah strategi berhasil dan perlu ataukah tidak.

  7. Fungsi kepatuhan serta tanggung jawab sosial, jenis strategi yang satu ini berhubungan dengan komitmen dari perusahaan terhadap bisnis yang berkelanjutan serta etis. Termasuk diantaranya adalah tanggung jawab perusahaan serta dampaknya terhadap lingkungan.
 
 
Belajar lebih banyak tentang bussiness strategy ini tentunya penting, apalagi untuk para pelaku usaha atau orang-orang yang sudah terjun ke bidang ini. Salah satu caranya bisa dengan mengikuti sebuah program pelatihan yang diadakan oleh Prasmul-ELI, kelasnya tersedia banyak bukan hanya strategi bisnis.

0 Komentar:

Posting Komentar

share your comments here