6 Hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Mulai Ngeblog

6 Hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Mulai Ngeblog

Terhitung sudah lebih dari enam tahun lamanya aku ngeblog dan tak bisa dipungkiri juga bahwa blog yang dibuat pada tahun 2014 ini sudah memberikan banyak manfaat dan keuntungan padaku, dimulai dari ilmu-ilmu yang kudapati di komunitas blogger, tawaran kerjasama, hingga  meluasnya jaringan pertemananku di berbagai daerah. Oh iya, bahkan berkat blog ini, aku pun pernah ditunjuk sebagai koordinator di sebuah komunitas bloger di daerahku dan di saat itu banyak juga yang sering bertanya tentang hal-hal apa saja yang perlu disiapkan sebelum ngeblog, karena memang belum banyak yang tahu tentang kegiatan ngeblog yang sebenarnya.

Jadi, untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini adalah enam hal yang perlu dipersiapkan sebelum mulai ngeblog menurutku :

1. Tujuan dan Niat Ngeblog

Dalam melakukan kegiatan apapun tentunya harus dimulai dengan niat dan tujuan, termasuk kegiatan ngeblog itu sendiri. Tanpa adanya niat dan tujuan, kegiatan ngeblog tersebut bisa saja akan terhenti di tengah jalan atau bahkan tidak terlaksana sesuai sesuai keinginan. Maka sangatlah penting untuk memiliki niat dan tujuan sejak awal memulai kegiatan blogging.

“Aku  ngeblog untuk apa ya?”

Apakah untuk membagikan informasi penting kepada orang-orang? Untuk menumpakan isi pikiran dan curahan hati? atau untuk mendapatkan penghasilan sampingan dari hobi menulis? Dengan menanamkan niat dan tujuan tersebut sebelum ngeblog, kita nantinya akan dapat mengetahui langkah apa saja yang bisa dilakukan agar kegiatan menulis dan merawat blog dapat dilakukan dengan konsisten dan berjalan lancar.

2. Waktu Untuk Ngeblog

Setelah memiliki niat dan tujuan, tentu meluangkan waktu untuk ngeblog adalah hal selanjutnya yang harus dipersiapkan. Penting bagiku untuk membuat jadwal menulis atau ngeblog dalam seminggu atau bahkan sebulan agar aku dapat enjadi lebih produktif dan teratur dalam beraktivitas. Berapa tulisan yang harus aku posting dalam sebulan, dan di waktu apa saja aku bisa menulis.

Memiliki tujuan tapi tidak meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan tersebut nantinya akan membuat kita menunda-nunda dan malas dalam mengerjakannya. Oleh sebab itu, pastikan kamu sudah mengatur waktu dan membuat jadwal untuk kegiatan ngeblogmu ya!

3. Internet dan Perangkat Ngeblog

Kalau untuk kegiatan menulis saja, kamu bisa melakukanya di mana pun, dengan atau tanpa internet, tapi jika kamu ingin membagikan tulisan tersebut di blog, maka tentu diperlukan adanya koneksi internet serta perangkat yang dapat mendukung kegiatan blog tersebut.  

Aku pribadi, setiap ngeblog rasanya lebih nyaman bila menggunakan laptop. Aku bisa mengetik lebih cepat dan lebih baik di laptop ketimbang melalui smartphone. Jadi, buatmu yang ingin memulai ngeblog, pastikan kamu sudah mempersiapkan koneksi internet dan perangkat yang tepat ya.  

4. Platform & Niche Blog

Ngeblog adalah sebuah kegiatan tulis menulis, dan tentnya sebuah tulisan membutuhkan wadah yang tepat agar dapat ditemukan dan dibaca. Untuk itulah, wajib bagi seorang calon blogger untuk menentukan wadah atau platform yang tepat untuk mempublikasikan tulisannya. Ada banyak platform berbayar dan gratis yang bisa dipilih, beberapa di antaranya yaitu Blogger, Wordpress, Tumblr, Medium, dll. Semuanya bisa kamu pilih sesuai keinginanmu.

Selain itu, menentukan niche atau tema blog juga penting agar tulisanmu memiliki target pembaca yang lebih jelas atau lebih banyak dicari di mesin pencari. Kamu bisa menentukan niche blog sesuai hobi atau hal-hal yang kamu sukai, kalau kamu suka membaca buku, blogmu bisa saja bertema ‘buku’ yang isinya adalah ulasan-ulasan buku yang kamu baca, dll.

5. Template Blog

Tampilan yang menarik dan nyaman adalah salah satu faktor yang membuat kita semakin bersemangat untuk ngeblog. Sebab itulah, pilihlah template atau desain blog yang menarik untuk blogmu, tampilan yang bagus dan nyaman tidak hanya bisa meningkatkan semangat ngeblog, namun juga bisa menarik perhatian pembaca.

Ada banyak website penyedia template premium berbayar maupun gratis yang bisa kamu pilih sesuai keinginanmu, tapi jangan sering menggonta-ganti template juga ya, karena nanti bisa berdampak pada kualitas blogmu dan trafik pembaca. Jadi, pilihlah salah satu yang paling cocok. 

6. Nama Domain dan Hosting

Setelah mempersiapkan poin-poin di atas, yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah menentukan nama domain untuk blog. Domain blog penting agar pembacamu bisa lebih mudah berkunjung ke blog dan tentunya bisa lebih mudah ditemukan di mesin pencari. Pilihlah nama domain yang mudah diingat dan pilihlah juga penyedia layanan domain terpercaya.  

Untuk hosting, bagi yang belum tahu, hosting adalah tempat di mana semua file blog kita akan disimpan dan dapat diakses melalui internet. Dalam memilih layanan hosting, tentu tidak boleh sembarangan karena akan berpengaruh pada kualitas dan performa blog kita. Untuk itu pilihkan penyedia hosting yang terpercaya. 

Ada banyak website penyedia hosting dan jenis-jenis hosting yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhanmu, salah satunya yaitu hosting VPS murah Indonesia dari Domainesia. 

Satu lagi, agar lebih professional kamu juga bisa menggunakan layanan email hosting yang ada di Domainesia, lho.

***

Dengan mempersiapkan poin-poin di atas, artinya kamu sudah berhasil melakukan kegiatan ngeblog. Yeay, happy blogging!

2 komentar:

  1. kembali aktif ni blog nya dek, heheheh. semangat berbagi kembali ya dek :)

    BalasHapus
  2. Wah bermanfaat banget nih buat yang baru ngeblog, memang kalau soal blog sebenarnya enggak rumit, tapi mengisi blognya yang perlu perjuangan. Memahami sistem blog juga penting, terima kasih sharingnya!

    BalasHapus