7 Tips Renovasi Bisnis Kos-Kosan dengan Obligasi

Berikut ini beberapa tips renovasi bisnis kos-kosan

Kos-kosan merupakan salah satu bisnis yang bisa menghasilkan passive income. Oleh sebab itu, bisnis ini sering digeluti oleh masyarakat. Untuk menambah kenyamanan penghuninya, kos-kosan juga perlu direnovasi menggunakan keuntungan dari Obligasi Pemerintah.

Tak hanya meningkatkan kenyamanan saja, renovasi juga bisa memperbaiki sudut-sudut yang mengalami kerusakan agar bisa lebih layak untuk ditinggali. Jika Anda ingin melakukannya, maka berbagai tips berikut bisa menjadi referensi.

Tips Renovasi Kos-Kosan

Menurut buku 25 Peluang Usaha Penulang Uang, Agnes Yo (2007: 15), kos-kosan merupakan bisnis yang cukup menjanjikan dan bukan jangka pendek. Pemilik juga bisa memperoleh keuntungan ganda dari uang sewa kamar dan naiknya nilai tanah.

Bagaimanapun juga, kos-kosan perlu direnovasi agar menambah daya tarik serta memperbaiki hal-hal yang rusak. Berikut tips yang bisa Anda pertimbangkan untuk melakukannya.

1. Tentukan Konsep

Anda bisa mulai menentukan kos seperti apa yang dibutuhkan saat ini dan sesuai dengan target pasar. Misalnya, saat ini mulai muncul kos dengan desain minimalis, industrial, maupun mezzanine dengan kasur di bagian atas.

Anda bisa mencari referensinya di internet, seperti media sosial maupun laman pencarian. Gunakan kata kunci yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan kos Anda agar memperoleh hasil yang maksimal.

Jika diperlukan, Anda bisa menyewa jasa arsitek untuk membantu Anda mewujudkan konsep tersebut. Arsitek juga bisa memberi saran terbaik bagi bisnis kos Anda.

2. Perhatikan Fasilitas Umum

Hal pertama yang bisa Anda lakukan saat merenovasi bisnis kos-kosan dengan Obligasi Pemerintah adalah memperhatikan fasilitas umum yang tersedia. Jika ada kerusakan, maka segera perbaiki hal tersebut terlebih dahulu.

Anda juga bisa menambah fasilitas yang ada di kos. Misalnya memperluas lahan parkir, menambah peralatan dapur, dan lain sebagainya. Penambahan fasilitas ini bisa memperhatikan kebutuhan serta lahan yang tersedia.

Dalam proses penambahan fasilitas, Anda bisa mempertimbangkan untuk memperluas tanah maupun bangunan. Terlebih lagi jika kos Anda saat ini memiliki lahan yang terbatas.


3. Perhatikan Model Kamar

Model kamar yang menarik akan meningkatkan peluang Anda dalam memperoleh penyewa. Terlebih lagi jika target pasar Anda cenderung menyukai kamar yang cantik.Oleh sebab itu, Anda perlu memperbaiki model kamar sesuai dengan target pasar tersebut. Misalnya dengan menambah vinyl di atas lantai agar terlihat semakin cantik sekaligus melindungi lantai itu sendiri.

Anda juga bisa menambahkan wallpaper di dinding. Hal ini bisa mempercantik ruangan sekaligus melindungi dinding agar lebih awet. Pemilihan wallpaper bisa disesuaikan dengan model kamar itu sendiri.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan kerusakan pada dinding, plafon, pintu, dan komponen-komponen kamar lainnya. Sebaiknya masalah ini diselesaikan terlebih dahulu sebelum mempercantik kamar itu sendiri.

4. Amati Fasilitas Kamar

Fasilitas kamar apa saja yang dipunyai kamar kos Anda? Jika fasilitas tersebut cukup lengkap dan dalam keadaan baik, maka penyewa kamar kos bisa semakin senang.

Beberapa fasilitas yang bisa Anda perhatikan kondisinya atau tambah yaitu AC, lemari, meja, dan lain sebagainya. Anda juga perlu memperhatikan fasilitas kamar mandi dan dapur jika berada di dalam kamar.

Tentu penambahan fasilitas kos bersama Obligasi Pemerintah ini perlu memperhatikan target pasar itu sendiri. Hal ini disebabkan tidak semua kelompok pasar membutuhkan fasilitas yang sama.

7 Tips merenovasi kamar kos-kosan

5. Amati Aksesoris Kamar

Aksesoris juga berperan penting untuk membuat kamar semakin menarik. Hal ini bisa disesuaikan dengan model serta konsep kamar yang telah ditentukan sebelumnya.

Aksesoris ini bisa berupa lampu meja, lampu kamar, dan lain sebagainya. Anda bisa menemukan barang-barang tersebut sesuai dengan keinginan secara online maupun offline.

Selain itu, Anda juga bisa menambah hiasan kamar agar semakin cantik. Hiasan ini seperti lukisan, kelambu, dan lain-lain. Jika diperlukan, tambahkan juga hiasan yang bisa dimanfaatkan, seperti gantungan baju lucu.

6. Jangan Lupa Area Terbuka

Meskipun Anda ingin memanfaatkan lahan kos semaksimal mungkin, jangan lupa untuk sisakan area terbuka. Area terbuka ini bisa menjadi pintu masuk cahaya maupun udara ke dalam kos agar tidak pengap.

Selain itu, area terbuka juga bisa dimanfaatkan untuk tempat menjemur baju. Area tersebut juga bisa digunakan untuk berbagai kepentingan lainnya. Misalnya rooftop atau lahan terbuka hijau.

7. Tentukan Harga

Setelah merenovasi berbagai hal, Anda perlu mempertimbangkan harga per kamar. Pastikan harga tersebut sudah sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan, menutupi biaya operasional, serta memberi keuntungan bagi diri Anda sendiri.

Namun hal yang paling penting adalah pastikan harga tersebut sesuai dengan target pasar dan lokasi. Jika terlalu tinggi, maka tidak ada yang mau menyewa di tempat Anda. Jika terlalu rendah, maka bisa menimbulkan kerugian.
***

Di atas Anda telah mengetahui tips apa saja yang diperlukan dalam bisnis kos-kosan. Jika Anda mempunyai rencana untuk melakukannya, maka DBS Treasures siap mendukung Anda.

Dengan perbankan prioritas DBS Treasures, Anda bisa menikmati berbagai manfaat Obligasi. Contohnya adalah memperoleh kupon secara periodik. Selain itu, Anda juga bisa mengakses transaksi di mana pun dan kapan pun menggunakan satu aplikasi 

Dapatkan kesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannva. Raih peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Tertarik untuk berinvestasi Obligasi Pemerintah bersama perbankan prioritas DBS Treasures? Informasi selengkapnya bisa Anda peroleh di sini.







 

0 Komentar:

Posting Komentar

share your comments here