Serba-Serbi Tentang Tes Minat Bakat

Tentang Tes Minat Bakat yang bisa diambil sebelum memutuskan jurusan atau jenjang karir yang cocok untuk diri sendiri di masa depan

Kini, tes minat bakat sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat khususnya para kawula muda. Namun, ternyata masih banyak yang belum tahu mengenai tes tersebut. Untuk menjawab berbagai pertanyaan yang ada, berikut serba-serbi tes minat bakat yang harus diketahui :

Waktu yang tepat untuk melakukan tes minat dan bakat. 

Tes minat dan bakat sebenarnya bukanlah hal yang wajib untuk dilakukan, sehingga dalam pelaksanaannya tidak terikat waktu.  Bila, memang dirasa perlu, silahkan untuk mengikuti tes tersebut. 

Contohnya ketika siswa kelas 12 yang hendak melanjutkan ke perguruan tinggi. Tes minat bakat ini perlu dilakukan, agar nantinya  bisa menentukan jurusan yang tepat. 

Selain itu, mahasiswa juga bisa ikut, jika merasa telah salah mengambil jurusan. Atau mungkin ingin mendapatkan rekomendasi pekerjaan setelah menyelesaikan pendidikan di bangku perkuliahan.

Cara memilih tes minat bakat yang tepat

Karena berkaitan dengan kepribadian serta mental seseorang, tentu tes minat bakat akan lebih valid jika dilakukan dengan dampingan seorang psikolog. Namun, kini juga sudah banyak lembaga yang menyediakan tes tersebut. 

Diharapkan tes ini dapat lebih mudah untuk dijangkau oleh para peminat. Walau begitu, tetap harus dicari terlebih dahulu mengenai lembaga tersebut beserta fasilitas yang nanti akan didapatkan. 

Hasil tes yang diperlukan pelajar dan mahasiswa

Ketika mengikuti tes minat dan bakat, setidaknya ada beberapa komponen penting yang harus diperhatikan. Komponen tersebut antara lain, minat dan hobi, kemampuan, kepribadian, gaya belajar/gaya bekerja, dan personal value. 

Maka dari itu, carilah model  tes minat bakat yang sudah mempunyai kesimpulan dari aspek-aspek penting di atas. 

Mengapa soal tes minat bakat mempunyai banyak variasi? 

Walaupun sama-sama bernama tes minat bakat, terkadang format yang diajukan itu berbeda satu sama lain. Hal ini dipengaruhi oleh penilaian dari berbagai macam aspek. Sehingga memang tidak bisa disamaratakan. 

Tidak hanya pada format saja, tes minat bakat juga ada yang pengerjaannya langsung (offline) dan adapula yang online. 

Yang perlu diingat, apapun bentuk tesnya itu bukan menjadi fokus utamanya. Justru yang harus diperhatikan adalah kualitas dari penyelenggara tes tersebut. 

Hubungan antara IQ dengan tes minat bakat

Sebenarnya IQ bukanlah aspek penilaian utama dalam mengikuti tes minat bakat. Karena yang sangat berpengaruh adalah profil kompetensi yang dipunya oleh diri sendiri. 

Nantinya dari tes ini akan menunjukkan mana kemampuan yang menonjol dan mana kemampuan yang kurang berkembang secara optimal. Walaupun begitu, tidak usah heran jika beberapa penyelenggara mengaitkannya dengan IQ, itu bukan hal yang aneh kok. 

Apakah hasil tes minat bakat itu akurat? 

Hasil dari pengerjaan tes minat bakat tidak selamanya akurat. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Seperti kondisi kesehatan peserta, kesiapan dari peserta, dan masih banyak lagi. 

Nah, hal ini juga yang masih sering terjadi kesalahpahaman di masyarakat ketika menganggap bahwa hasil tes minat bakat adalah pengunjuk paten yang wajib untuk diikuti. 

Padahal, hasil dari tes tersebut hanya sebatas rekomendasi dan perlu dipertimbangkan lagi secara lanjut dengan memperhatikan kondisi, dan faktor sehari-hari lainnya. 

Apa yang harus dilakukan setelah mendapat hasil rekomendasi tes? 

Yang harus dilakukan adalah mencari tau informasi mengenai hasil rekomendasi tersebut. Dari mulai tugas-tugasnya, peluang karirnya, skill yang dibutuhkan, di mana saja tempat yang menyediakan, dan masih banyak lagi. 

Sebab itulah, sangat penting untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya lalu pertimbangkan bersama keluarga untuk menentukan  keputusan yang akan diambil.

Apakah tes minat bakat bisa diulang? 

Tentu bisa, namun dengan rentang waktu minimal 1 tahun. 

Apa saja yang harus disiapkan untuk ikut tes minat bakat? 

Persiapkan kesehatan tubuh dengan baik, jaga stamina tubuh dengan sarapan atau jangan begadang. Hindari suasana yang berisik dan jaga suasana hati karena itu akan sangat berpengaruh. 

Biaya untuk tes minat bakat

Untuk biaya ini tergantung pada penyelenggara, sehingga sangat bervariasi. Namun, biasanya dimulai dari harga 150ribu rupiah hingga bisa jutaan rupiah. 

20 komentar:

  1. Tes minat bakat sekarang banyak diperlukan apalagi seiring kemajuan zaman melakukannya pun mudah, tapi tidak semua akurat sepertinya. Jadi harus tahu nih tentang minat bakat, xixi.

    BalasHapus
  2. Inget banget dulu pas mau naik kelas 2 SMA harus tes minat bakat biar tahu mana yang cocok jurusan IPA atau IPS. Asal ngarang aja jawabnya eh hasilnya berpotensi masuk IPA. Alhamduillah bisa masuk IPA beneran. PAdahal emang tes ini penting sih buat mengarahkan minat bakat anak-anak.

    BalasHapus
  3. Menurutku tes minat bakat ini penting banget seandainya si anak bingung dia pengen ngembangin bakatnya, memang opsional tapi bisa dijadikan salah satu referensi. Dan tentunya emang gak wajib sih dan bukan sangklek, kalau emang si anak udah tau dia mau kemana dan punya kemampuan ke arah sana, menurutku tanpa tes minat bakat pun bisa

    BalasHapus
  4. Banyak orang belum memahami mengenai tes minat dan bakat. Kebanyakan merasa cukup memahami saat sudah mengetahui apa hobi dan kesenangan individu.

    BalasHapus
  5. Rasanya memang penting sekali yaa, mengetahui minat bakat pada anak biar ada gitu tujuannya sesuai dengan passion. Kan sayang banget ya kalau nanti di kemudian hari pekerjaan/kegiatannya tidak sesuai dengan keinginan hati atau bakat yang dimiliki.

    BalasHapus
  6. iya kak biasanya kalau mau tes minat bakat itu ya kalau mau ada acara tertentu misalnya mau kuliah, mau kerja, penentuan minat penjurusan, dan lain sebagainya.

    BalasHapus
  7. Wah sama nih. Dulu juga ikut tes minat bakat seperti ini. Hasilnya berbeda dengan jurusan yang aku ambil saat kuliah sih. Terus pas kerja juga ikutan tes lagi, hasilnya beda lagi. Emang ga bisa jadi patokan, tapi ternyata minat seseorang bisa berubah seiring waktu.

    BalasHapus
  8. Sayangnya di pedesaan belum populer hingga kini tes minat dan bakat ini ya mbak. 🤦‍♀️

    BalasHapus
  9. pernah ikut beberapa program tes minat bakat dari sekolah dan kampus. Tapi kok gak pernah dikasi tau hasilnya ya? bingung sendiri jadinya. Kalau pas jaman sekolah sih sudah pasti untuk penjurusan sebelum naik kelas 2. Kalau pas kuliah, lupa juga untuk keperluan apa hehe

    BalasHapus
  10. Wah ngomongin tes minat bakat jadi teringat terakhir kali ikut tes minat bakat waktu pemilihan jurusan ipa atau ips pas SMA sih. Biasanya tuh keakuratannya juga bergantung sama si peserta kali ya, karena malas malasan ikut tesnya jadinya menjawab tesnya asal-asalan. Padahal penting banget sih buat mengetahui minat bakat yang sesuai dengan kemampuan kita.

    BalasHapus
  11. Aku suka penasaran sama tes minat bakat anak-anak. Tapi memang berkali-kali diberitahukan bahwa hasil dari pengerjaan tes minat bakat tidak selamanya akurat. Apalagi untuk anak-anak usia dini ya kak, mereka kan terus diasah dan berkembang.

    BalasHapus
  12. Belum pernah nyobain tes minat dan bakat ini, mbak
    Cuman pengen aja, pengen tahu juga
    Oh ya, selain jenis nya tes minat dan bakat, pun budget nya juga bervariasi ya mbak

    BalasHapus
  13. Aku setuju kak, test minat bakat ini menurutku penting banget, biar lebih mudah mengarahkan pada anak jalur dan karir apa yang bisa mulai dicicil untul ditapaki. Kali aja bisa suskses dan jadi the next maudy ayudia di masa depan

    BalasHapus
  14. Tes minat bakat tidak selamanya akurat ya Mba,, tergantung kondisi si pesertanya pada saat tes. Thanks FAQ ttg tes minat bakatnya ya Mba

    BalasHapus
  15. menurut ku tes minat bakat ini penting banget, terutama buat anak. orang tua akan lebih mudah mengarahkan jika sudah diketahui keinginannya

    BalasHapus
  16. dengan mengikuti tes minat dan bakat ini, bisa memilih jurusan ataupun pekerjaan yang sesuai ya kak

    BalasHapus
  17. tes minat bakat ini perlu dilakukan untuk anak anak sih ya, tapi kalau bisa sih cari second opinion dengan tes minat bakat yang lain kan kita ga tau juga pada waktu tes anaknya kondisinya mood apa enggak...

    BalasHapus
  18. Kalo ada tes minat bakat enak nih jadi ketahuan passionnya ya kak..kecenderungannya cuka kayak ap..

    BalasHapus
  19. wah murah banget ya biaya untuk tes minat bakat cukup 150rb aja

    BalasHapus
  20. Tes Minat bakat, saya pernah nglakuin pas jaman mau kelulusan SMA.. Jadi dengan begitu bisa tau kita bakat dimana..

    BalasHapus