Sesuaikan Karakter Investor dengan Pilihan Investasi Obligasi yang Tersedia

Sesuaikan Karakter Investor dengan Pilihan Investasi Obligasi yang Tersedia


Sistem investasi obligasi ini sangat sederhana, investor menanamkan uang berupa pinjaman dan dijamin dengan surat pinjaman utang. Obligasi merupakan surat piutang yang dijual oleh pemerintah maupun perusahaan. Anda selaku investor akan dikirimkan kupon secara berkala. Kupon inilah yang disebut sebagai bunga obligasi atau keuntungan yang Anda peroleh.

Kenali Berbagai Jenis Investasi Obligasi Sesuai Kepribadian Anda

Cara investasi yang bijak adalah menyesuaikan dengan kepribadian Anda sebagai investor. Anda bisa berinvestasi sesuai tujuan investasinya dan profil risiko Anda sebenarnya. Berikut adalah beberapa pilihan jenis investasi obligasi yang bisa disesuaikan dengan Anda dan bagaimana melakukan investasi.

1. Berinvestasi Aman

Investor pemula atau lebih konservatif akan lebih memilih investasi yang tidak memiliki resiko terlalu besar. Tentu setiap investasi ada keuntungan dan kerugiannya, tapi Anda dapat memilih produk yang relatif aman, tidak terlalu berambisi mencari untung besar, dan mencari keuntungan stabil dengan modal ringan.

Kalau hal ini yang Anda inginkan maka cobalah lihat investasi obligasi untuk jangka menengah sampai jangka panjang. Obligasi pemerintah adalah pilihan paling pas bagi Anda yang lebih memilih berinvestasi dengan aman dan tidak terus menerus khawatir dengan kerugian besar. Terutama bila memilih tempat berinvestasi yang memiliki kapabilitas handal dan bisa dipercaya.

Pilihan obligasi Pemerintah juga ada beberapa jenis, yaitu Obligasi Negara Ritel Indonesia (ORI), Saving Bond Ritel (SBR), serta Sukuk Ritel (SR) dan Sukuk Negara Tabungan (ST) yang berbasis syariah.

2. Investasi Obligasi yang Menghindari Rugi Besar

Apakah Anda adalah investor yang mudah beradaptasi dan merasa cukup mampu menghadapi fluktuasi sesekali terhadap modal investasi? Mungkin Anda bersedia untuk melakukan pilihan lebih beresiko dengan pertimbangan adanya keuntungan bunga obligasi. Tapi pada saat yang sama tidak ingin bermain dengan angka terlalu tinggi yang bisa menyebabkan kerugian besar.

Obligasi Korporat atau Corporate bonds direkomendasikan untuk investor yang tipe ini. Resikonya lebih tinggi ketimbang pilihan investasi obligasi pemerintah, namun memiliki kemungkinan imbal hasil yang lebih tinggi, tentu dengan mempertimbangkan faktor lain seperti kondisi politik, kondisi perusahaan penerbitnya serta keadaan ekonomi negaranya.

Obligasi yang diterbitkan perusahaan tertentu seperti korporasi swasta atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) umumnya berupa investasi jangka pendek dengan jatuh tempo antara satu sampai dua tahun. Setelah masa perjanjian piutang habis, Anda akan mendapatkan kembali uang pokok yang Anda gunakan untuk membeli obligasi.

3. Berinvestasi Secara Agresif

Investor yang memiliki pengalaman dan telah mencoba berbagai macam jenis investasi sangat cocok untuk berinvestasi secara agresif. Anda siap memperoleh profit besar dengan memahami resikonya atau bahkan kemungkinan merugi sekalipun. Umumnya cara investasi obligasi seperti ini memiliki modal besar dan memahami peluang dan resiko yang dimiliki oleh investasi dengan obligasi. Jadi, tidak semata-mata mengejar bunga obligasi saja, tapi juga paham akibat dari permainan yang agresif!

Obligasi pemerintah daerah atau municipal bond untuk membiayai berbagai keperluan pemerintahan daerah adalah pilihan yang bisa dipertimbangkan. Resikonya lebih tinggi dari obligasi pemerintah. Tentu hal ini juga berarti bunga obligasi dan kemungkinan keuntungan yang lebih tinggi.

Pilihan Investasi Obligasi Bersama DBS Treasures

Setelah mengetahui pilihan gaya berinvestasi yang Anda inginkan juga beberapa pilihan jenis investasinya. Kini tinggal memilih kemana akan melakukan investasi obligasi dan mulai meraih keuntungannya untuk menunjang finansial. Investasi dengan DBS Treasures bisa dilakukan dengan memakai aplikasi dan memiliki berbagai keunggulan.

Pilihan Jenis Investasi

Anda akan memiliki kesempatan untuk melakukan investasi Obligasi Pemerintah memakai mata uang IDR Konvensional: FR & PBS. Ada juga pilihan mata uang IDR Ritel: SR & ORI. Pilihan lain adalah dengan obligasi dalam mata uang USD atau EUR.

Fitur Andalan

Kupon Reguler : pendapatan reguler dari kupon yang diberikan penerbit obligasi secara berkala.

Potensi Capital Gain : Beberapa jenis Obligasi bisa dijual sebelum jatuh tempo dan meraih keuntungan dari harga obligasi yang sedang naik.

Kupon kompetitif : memiliki nilai kupon di atas rata-rata deposito berjangka.

Keunggulan Investasi Obligasi Dengan DBS Treasures

Investasi obligasi dengan DBS Treasures memiliki beberapa kelebihan dibandingkan manajemen kekayaan lainnya. Beberapa diantaranya adalah :

1. Transaksi 24/7 melalui Aplikasi digibank by DBS terdapat berbagai produk Obligasi yang diperjual belikan.

2. Keragaman Jenis Mata Uang untuk diinvestasikan dan jangka waktu : pilihan mata uang IDR, USD, EUR dan jangka waktu sesuai keinginan.

3. Jaminan dari Pemerintah Indonesia : diterbitkan oleh Pemerintah dan diatur oleh Undang-Undang.

4. Tanpa biaya tambahan : Adanya selisih dari harga jual dan beli.

Nikmati berbagai keuntungan dan kemudahan investasi Obligasi sebagai Nasabah DBS Treasures, pilih jenis investasi yang paling pas dengan pilihan Anda.  Investor dapat memilih tingkat risiko yang cocok. Peroleh strategi pengelolaan kekayaan dengan DBS Treasures yang akan membantu mencermati kebutuhan Anda sesuai preferensi. 

0 Komentar:

Posting Komentar

share your comments here