Transaksi Cepat dengan blu By BCA Digital

Review Aplikasi blu yang Membuat Transaksi Cepat dan Mudah
Di situasi pandemi seperti sekarang ini, melakukan aktivitas di luar rumah merupakan suatu hal yang mesti dihindari, untuk itulah diperlukan adanya solusi serta inovasi baru yang dapat membantu banyak orang dalam beraktivitas tanpa harus keluar rumah, salah satu solusi yang dimaksud dapat ditemukan pada aplikasi terbaru yang dirilis oleh bank BCA pada tanggal 17 Juni 2021 lalu, yaitu aplikasi blu by BCA Digital.

Aplikasi ini merupakan sebuah layanan mobile dari BCA Digital yang dapat menjadi solusi bagi siapa pun dalam melakukan transaksi keuangan secara online di mana saja dan kapan saja. Pada review aplikasi blu ini, aku menemukan beberapa fitur-fitur menarik yang terdapat di dalamnya, yaitu:

blu by BCA digital memiliki fitur-fitur menarik dan inovatif yang akan sangat berguna bagi nasabah
1. Fitur Saving
Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk mempersiapkan perencanaan tabungan yang dibagi menjadi 3 jenis, yaitu  bluSaving, bluGether, dan bluDeposit. Pertama, jenis tabungan bluSaving merupakan fitur tabungan yang bisa diatur sesuai keinginan, mulai dari jumlah budget, tujuan menabung, hingga durasi menabung yang sesuai dengan target perencanaan.

Kedua, untuk bluGether, fitur ini merupakan jenis tabungan bersama yang memungkinkan penggunanya untuk ‘patungan’ di satu akun yang sama. Sedangkan pada fitur bluDeposit, kamu bisa membuat deposito berjangka dengan suku bunga yang lebih tinggi dibanding bluSaving, membuka deposito pada aplikasi blu by BCA Digital pun terbilang cukup mudah karena dapat dilakukan melalui smartphone tanpa perlu ke bank terlebih dahulu.

2. Fitur Tracker
Dari namanya saja tentu sudah bisa ditebak bahwa fitur ini berfungsi untuk mencatat laporan keuangan penggunanya, dimulai dari pengeluaran hingga pemasukan. Fitur ini akan sangat membantu para nasabah dalam mengecek pergerakan finansial dengan mudah. 

3. Fitur bluRewards
Seperti namanya 'blurewards', fitur ini berfungsi untuk mengecek reward apa saja yang akan didapatkan oleh nasabah, rewards tersebut dapat berupa transaksi gratis dari/ke rekening BCA tanpa tanpa batas, bebas biaya untuk total 20x transfer ke bank lain, dan tersedia juga bluRewards untuk dua bulan pertama bagi nasabah baru. Asik!

PERBEDAAN blu BY BCA DIGITAL DAN BCA

Setelah membaca review aplikasi blu dan fitur-fitur yang dipaparkan secara singkat di atas, beberapa dari kita mungkin masih bertanya-tanya, kira-kira apa sih perbedaan antara BCA Digital dan BCA konvensional? Jawabannya, BCA Digital merupakan bank baru yang awalnya dikenal dengan nama Bank Royal Indonesia, bank tersebut kemudian diakuisisi oleh PT. Bank Central Asia pada tahun 2019 dan resmi berubah nama pada tahun 2020.

Berbeda dengan bank BCA Konvensional, BCA Digital justru dirancang untuk menjangkau nasabah milenial, bank ini tidak mempunyai kantor cabang (branchless) karena seluruhnya beroperasi secara digital, aplikasi blu sendiri merupakan salah satu perwujudan dari layanan BCA digital.

PENGALAMAN MENGGUNAKAN blu BY BCA DIGITAL

Nah, dari review aplikasi blu  ini, tentu sudah dapat ditebak bahwa aku termasuk salah satu orang yang menggunakan aplikasi tersebut, alasan utamaku menggunakannya adalah karena aku merasa masih termasuk dalam barisan ‘kaum milenial’ yang lebih senang bertransaksi online ketimbang offline, dan berhubung karena sekarang aku sudah resmi menjadi nasabah BCA Digital, berikut review jujur aplikasi blu dariku.

Review Jujur Aplikasi blu

Pengalamanku menggunakan aplikasi blu sejak awal mendaftar terbilang mudah dan praktis. Semua aktivitas di aplikasi ini benar-benar dilakukan secara online, bahkan untuk pelayanan pembukaan dan aktivasi rekening baru oleh customer service atau tim haloblu pun dilakukan melalui video call hanya dalam jangka waktu tidak lebih dari 20 menit. Senang sih, tidak perlu mengantri berjam-jam kayak lagi di bank. Yay!

Para nasabah baru yang ingin membuat rekening di aplikasi blu by BCA Digital hanya perlu mempersiapkan dokumen berupa E-KTP, NPWP (Optional), serta koneksi internet yang lancar, setelah pendaftaran dan verifikasi data selesai, maka rekening blu akan aktif dalam dalam waktu 1x24 jam. Hal menarik lainnya mengenai review aplikasi blu yaitu, aplikasi ini tidak dibuat khusus hanya untuk nasabah BCA tetapi untuk siapa saja yang bahkan  belum menjadi nasabah BCA.
Aktivasi rekening aplikasi blu by BCA Digital dengan cepat dan mudah
Selain itu mengenai fitur-fitur menarik yang terdapat di dalamnya, sebagai pengguna yang rajin melakukan transaksi online, menurutku aplikasi ini masih memerlukan penambahan fitur lainnya, seperti menambahkan lebih banyak channel pembayaran dan pilihan top-up E-wallet agar lebih bervariasi. Tapi, kupikir masalah tersebut juga tidak perlu terlalu dikhawatirkan karena BCA Digital pasti akan selalu berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi penggunanya, termasuk menambahkan lebih banyak fitur ke dalam aplikasi blu. 

KOLABORASI blu X BLIBLI
Selain fitur-fitur inovatif yang ditawarkan oleh aplikasi blu, kabar baiknya blu juga menggandeng Blibli sebagai partner eksklusif sekaligus platform ecommerce pertama yang terkoneksi dengan bank digital tersebut. Kolaborasi ini tentunya bertujuan untuk memperkuat ekosistem digital serta memberikan kemudahan bagi nasabah dalam melakukan transaksi, terutama dalam transaksi berbelanja online yang semakin meningkat di era sekarang.
Nah, beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh pelanggan dari kolaborasi blu dan Blibli ini adalah sebagai berikut:
  1. Nasabah dapat dengan mudah  melakukan pembukaan rekening blu melalui platform Blibli.
  2. Para nasabah baru yang membuka rekening melalui plafrom Blibli akan berkesempatan mendapatkan banyak promo cashback
  3. Transaksi belanja tak lagi repot karena pengguna aplikasi Blibli dapat dengan mudah memilih opsi pembayaran menggunakan dompet digital blu. 
  4. Pengguna aplikasi blu maupun Blibli dapat mengakses layanan perbankan digital blu kapan saja, termasuk menyampaikan keluhan yang didapat saat berbelanja di Blibli menggunakan blu. 
  5. Pengeluaran saat belanja akan tercatat pada fitur tracker blu yang tentunya akan memudahkan pengguna dalam menjaga cashflow agar tetap aman.
Itu dia beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari kolaborasi kedua platform keren ini. Menarik bukan? Keuntungan lainnya tentu bisa dirasakan langsung saat sudah menggunakan kedua aplikasi di atas ya.

BUKA REKENING SEKALIGUS DONASI, WHY NOT?
Tidak hanya berkolabroasi dengan Blibli, aplikasi blu by BCA Digital juga berkolaborasi dengan KitaBisa dan Greenaration Foundation dalam merealisasikan misi untuk memberikan dampak positif bagi bumi, salah satunya yaitu dengan menjaga lingkungan dari ancaman sampah plastik. Misi ini diwujudukan dalam program jangka panjang yang disebut dengan #blubuatbaik dan akan dimulai dari langkah kecil melalui program Ecoranger di Kabupaten Banyuwangi.
Dari kolaborasi ini, para nasabah baru yang membuka rekening di aplikasi blu akan otomatis berpartisipasi dalam program #blubuatbaik, donasi tersebut dilakukan oleh BCA Digital sebanyak Rp. 1000 untuk mewakili setiap nasabah yang berhasil aktivasi rekening blu di tahun 2021. Kamu sendiri pun bisa langsung berdonasi dalam program #blubuatbaik melalui platform KitaBisa.
Dana tersebut nantinya akan dioptimalkan oleh Greenaration Foundation untuk program EcoRanger dalam hal edukasi, sosialisasi, pemberdayaan masyarakat, maupun pengadaan infrastruktur yang akan digunakan untuk mengurangi, mengelola, dan menangani sampah yang ada. Keren!

****

Itu dia review jujur aplikasi blu dariku, semoga bisa bermanfaat buat kamu yang sedang mencari rekomendasi dompet digital yang aman dan nyaman dipakai ya. Terakhir, buat kamu yang tertarik untuk menggunakan aplikasi dompet digital ini, kamu bisa langsung mengunduhnya di Playstore atau App Store bagi pengguna IOS.

33 komentar:

  1. Penasaran pengen cobain biar tau juga nih. Berarti mirip mirip sama mobile banking ya mbak

    BalasHapus
  2. bisa dipake juga buat bikin deposito yang gak perlu kuatir kena penalti meski di withdraw sebelum jatuh tempo

    BalasHapus
  3. Tertarik dengan sistem "branchless" ini. Sepintas mirip sama e-wallet ya (yang saya tangkap dari ulasan), tapi bluBCA ini akun/rekening bank.

    Ehmm....mau lihat-lihat di Playstore ah.

    BalasHapus
  4. Aku juga pakai ini dan memang membantu sekali dalam urusan mengelola keuangan ya mba. I'm a happy customer!

    BalasHapus
  5. BCA memang patut diacungi jempol soal inovasinya, termasuk blu by BCA di artikel ini. Fitur-fiturnya bermanfaat dan diperlukan banget untuk para kaum urban seperti kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw, beberapa hari lalu saya sudah coba install, yaampun prosesnya cepat banget. Penggunaanya yang menurutku simpel sih, cara pakainya juga gampang banget, dan cocok lah untuk pemula.

      Hapus
  6. Aah aku eneng bgt akhirnya ada aplikasi yang punya fitur blusaving gini, secara aku orangnya susah menabung. Kalo pakai aplikasi blu kan jadi lebih ketata nabungnya dan jelas targetnya

    BalasHapus
  7. Aplikasi blu ini semakin memudahkan bagi pengguna yang suka kepraktisan buat nabung, invest atau sekedar transaksi online, bisa buat sampe 10 jenis simpanan lagi itu yang saya tunggu2 sebagai nasabah BCA dr dulu

    BalasHapus
  8. dia tuh memang masih aplikasi baru ya mba, tapi menurutku blu ini sudah memiliki fitur2 dasar yang keren dan bermanfaat banget.

    BalasHapus
  9. blu ini memang terbilang baru ya mba, tapi menurutku sudah lumayan oke dan lengkap fitur2 dasarnya. memudahkan kita banget kalau mau menabung

    BalasHapus
  10. Baru tahu blu ini awalnya BCA Digital yang awalnya emang bank yang semuanya beroperasi secara digital. Sukses terus untuk inovasi perbankan kita.

    BalasHapus
  11. Saya juga baru nyoba install dan buka rekening blu. Bagus banget deh bank digital ini. Punya BCA pula. Pasti ke depan makin kece. Yang paling menarik adalah blu saving. Mau nabung buat apa aja bisa.

    BalasHapus
  12. Aku penasaran nih sama bank digital ini kalau mau setor uang sama tarik tunai bisa juga nggak sih? Soalnya kan dia nggak ada kantornya

    BalasHapus
  13. kaum milenial yg suka cashless emang membantu banget ya meskipun bukan nasabah BCA.

    BalasHapus
  14. Aku paling suka ada fitur bluGether dan Tracjer, Kak. Bisa mantau pengeluaran biar ga jebol. Sekalian bisa atur mana pos yang terlalu boros. Plus atur-atur pos khusus buat target masa depan. Praktis banget blu ini, makasih banyak. Aku pun udah instal dan buka rekening di sana. :)

    BalasHapus
  15. Fitur tracker ini, yang bikin kita aware pernah ngapain aja... Biar bikin makin semangat saat nabung.

    BalasHapus
  16. Penasaran dengan aplikasi blue BCA ini, Kak. Fiturnya banyak yang baru, ya?

    BalasHapus
  17. Aplikasi Blu by BCA produk baru ya mba? Saya blm buka rek di BCA Blu msh nyimak apa keuntungan dan kelebihan dr produk ini. Makasih infonya y mba

    BalasHapus
  18. BluGether ini maknanya kan, patungan di satu akun bersama. Berarti walau menggunakan dua rekening Blu yang berbeda, bisa melihat progress tabungan yang dibuka, misalnya oleh dua orang, untuk tujuan bersama gitu ya?

    Bisa dimanfaatkan untuk tabungan beli rumah gitu bagi suami istri yang sama sama bekerja dan menabung bersama. Bisa begitu kah?

    BalasHapus
  19. wha bisa saya rekoemndasikan ke temen yang menggunakan card BCA niy, fiturnya banyak banget ya ternyata, jadi pengen pakai BCA lagi, mempermudah semua transaksi ya

    BalasHapus
  20. dari kemarin banyak yang ngebahas dan bikin penasaran aplikasinya. Supaya dapet pengalamannya sepertinya kudu nyobain sendiri ya

    BalasHapus
  21. Oh berarti ini tuh beda dengan rekening bank bca ya... Kupikir sama. Ya bisa dibilang dia anak perusahaan BCA yaa. Tapi beda. Boleh juga nih, blusaving buat investasi tabungan jangka panjang

    BalasHapus
  22. Kayaknya blu ini memang bagus ya
    Dimana mana banyak yang review
    Coba ah siapa tahu bisa bantu kelola keuangan

    BalasHapus
  23. Jadi aplikasi ini bisa dipakai oleh nasabah lama kan ya? Perlu banget soalnya aplikasi banking yang milenial seperti ini.

    BalasHapus
  24. Dari BCA Group berarti ini ya kak blu ini, lewat BCA Digital. Simpel dan mudah ya buat daftar sampai rekening jadi, inovatif karena cukup dengan satu aplikasi sampai verifikasi semuanya dilakukan secara online.

    BalasHapus
  25. bebas biaya untuk total 20x transfer ke bank lain .. wih menarik ini ... hanya pertama kali itu ya ... 20 kali bebasnya, setelah itu baru bayar?

    BalasHapus
  26. Sebagai nasabah setia BCA dari jaman jebot, aku super hepiii ada app Blu by BCA digital ini.
    Sangat praktis, kekinian, no ribet ribet club.
    Bakal banyak yg memanfaatkan teknologi ini nih.

    BalasHapus
  27. Udah download dan top up nih, beneran cepet untuk transaksinya. Aku juga udah buka rekening di sini, ngebantu banget untuk rajin nabung dan kelola duit

    BalasHapus
  28. wh sekarang gojek juga udah terkoneksi sama blue yaa. menarik nih blue ini sistemnya, ada bluegather juga yaa, jadi bisa bikin konsep mimpi bareng pasangan.

    BalasHapus
  29. kelola keuangan saat pandemi kudu makin kenceng. makanya butuh ekosistem digital yang mendukung. Untung ada aplikasi digital seperti blu ini, mudah sekali caranya

    BalasHapus
  30. Ternyata aplikasi ini baru banget ya tapi fiturnya menarik banget seperti mencatat arus keuangan kita juga fitur Deposito dan patungan, jadi pengen unduh juga deh aplikasinya

    BalasHapus
  31. Bagus nih. Bank digital cocok banget buat aktifitas transaksi digital.. bisa buat fbads dan sejenisnya juga

    BalasHapus