Akhir dari Hiatus dan Ngampus

Akhir dari Hiatus dan Ngampus

Memulai sebuah tulisan memang selalu menjadi hal sulit untuk dilakukan bagi kebanyakan orang, termasuk aku, namun ketimbang memulai  tulisan ini dengan beberapa kalimat penyesalan perihal hiatusnya aku dari dunia blogging, ada baiknya bila tulisan ini diawali dengan ucapan syukur karena penulisnya telah berhasil keluar dari lembah kemalasan dan bisa kembali mengupdate blog dengan gaya tulisan yang seperti biasa; curhat! Alhamdulillah, welcome back, Novi!

Rasanya sudah hampir lima bulan lebih telah kulewatkan dengan banyak cerita yang tidak sempat ditempatkan di posisi terbaca; perihal komunitas blogger di daerahku, perihal urusan kampus, skripsi, target wisuda bahkan sampai dengan momen wisuda itu sendiri. Ah banyak! Selain itu, selama hiatus, aku seringkali mendapati pertanyaan dari beberapa  teman tentang blog ini, seperti “Novi, kapan nulis  lagi?” atau “Novi, kok blognya belum diupdate?” atau “Neng, sekarang udah bulan Maret, lho! Katanya mau updet blog, tapi kok gak ada?” Duh. Terima kasih untuk kalian yang selalu menanyakan, sekarang aku udah updet nih. Yuhuu

Seperti yang sudah kukatakan di atas, salah satu alasanku meliburkan diri dari blog adalah karena disibukkan  dengan skripsi yang maha agung atas segala revisinya.  Skripsi seakan menjadi  ‘hutang’  yang  harus ditebus oleh mahasiswa semester akhir, terlebih lagi bila berada di lingkungan yang cukup ambisius dan kompetitif, pertanyaan “Gimana skripsi?” atau “Udah BAB  berapa?” juga juga tak pernah absen dari telinga, sebab itulah beberapa kegiatan pun ditunda untuk sementara waktu demi menyelesaikan tugas akhir tersebut. Yah, meskipun sebenarnya aku tidak seratus persen menggunakan seluruh  waktu ‘lima bulan lebih’-ku untuk mengerjakan skripsi sih, sebab setengah dari waktu tersebut kugunakan untuk mengasihani diri yang dikit-dikit merasa lelah dan stress.

Untunglah, saat itu nasib baik sedang berpihak padaku sehingga semuanya bisa diselesaikan sesuai rencana dan sesuai waktu yang ditargetkan. Alhamdulillah, wisuda. Ehehe

Wisuda Unkhair 2018

Setelah melewati momen wisuda beberapa bulan lalu, tentu banyak ucapan selamat yang kudapati, termasuk  ucapan “Selamat datang di dunia nyata, selamat menganggur, Nov!” dan hal tersebut memang benar adanya.Faktanya, satu hari sesudah wisuda, aku bangun tidur dalam keadaan bahagia tanpa beban,  namun satu bulan kemudian, aku justru bangun tidur dalam keadaan mikir mau jadi apaan, hmm. Ketahuilah manteman, bahwasannya euforia wisuda itu sama seperti momen kebersamaan bersama mantan kekasih di masa lalu; bahagia beberapa saat, kemudian galau setelahnya, entah galau karena kangen atau galau karena pusing mencari pengganti. Gak juga sih, tapi ya, begitu.


Btw, meski telah berhasil melewati fase kritis dan lika-liku menjadi seorang wisudawati. Aku yang pernah berikrar untuk mengupdate blog usai skripsi justru menjadi kesulitan untuk kembali menulis, terlalu lama vakum nyatanya memberikan efek yang kurang baik bagi diri sendiri, aku menjadi kehilangan ritme dan sulit berkonsetrasi, alhasil setiap kali menyalakan laptop, yang bisa kulakukan hanyalah merenung  sambil sesekali menekan keyboard, kemudian kembali menutup laptop dengan hanya menyelesaikan satu dua patah kata, itu pun ketik-hapus-ketik-hapus. Hahahahahahaha krik.

Tapi, kabar baik lainnya, di saat sedang dalam proses mengumpulkan mood menulis, dunia maya yang fana ini rupanya tengah berbaik hati mempertemukanku dengan dua teman di salah satu situs jejaring sosial facebook. Kedua teman tersebut sangat membantuku; mulai dari memotivasiku untuk kembali menulis sampai dengan repot-repot mencarikan solusi untuk masalah template blog ini, dan tadaaaaaaa... Sampai sekarang, rasanya bahagia syekali melihat header blogku sudah jadi rensponsive dan tidak bergeser kanan, geser kiri lagi. Uhuy.

Terima kasih banyak! Senang bisa berkenalan dengan kalian, semoga kedepannya kita bisa tetap tenggelam dalam percakapan-percakapan ihwal blog dan topik random lainnya  ya!       Selain dari itu, setelah mengobrol dengan dua teman tersebut, motivasiku untuk kembali menulis perlahan semakin kuat, bagaimana tidak bila mereka rupanya tanpa kusangka telah menulis tentang ini dan ini di blog masing-masing? Terharu, it means the world to me, jadi gapapa ya ngucapin makasih lagi? Hehehehehe, terima kasih banyak, kalian baik hati sekali.

Oh iya, berhubung karena ini tulisan curhat pertama  di tahun 2018, mohon dimaklumi apabila tulisan ini terkesan canggung(?). Dan sebagai pengingat agar aku bisa tetap konsisten menulis, kurasa tidak ada salahnya bila aku memberitahukan dari sekarang ihwal topik yang diposting di kemudian hari di blog ini yaitu tentang Komunitas Blogger Maluku Utara yang dibentuk akhir tahun 2017 lalu. Semoga lekas terlaksana, sekian~


Sumber foto :
- Pixabay
- Dokumentasi Pribadi

16 komentar:

  1. Saya juga begitu,pas lulus seneng banget tapi beberapa minggu kemudian malah pusing mau kerja apa.heheh:)

    BalasHapus
  2. Kak, boleh dong review novel yg dapat membuka fikiran dong..

    Edisi akunya request 😁😁😁

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah berhasil ngeblog lagi dan lulus. Selamat, Nov! :D

    Btw, saya salah fokus pas baca udah BAB berapa. Kepikirannya malah BAB singkatan dari buang air besar udah berapa kali. Wahaha. XD

    Iya, ketika habis vakum biasanya akan kehilangan ritme. Rasa nggak sreg untuk memulai juga sering jadi kendala.

    BalasHapus
  4. selamat!!! selamat datang didunia nyata wkwkwk
    emg bener, lama ga nulis bikin keki. mau mulai kek sepatah dua patah eh akhirnya patah semuanyaaa
    wis semangat aja lah pokoke, terus belajar!

    BalasHapus
  5. Selamat bergelar S.S *Gelarnya Sarjana Sastra bukan sih? Sok tau banget ini XD

    Bener memang..kalau udah vacuum lumayan lama, kita bakal susah buat bikin tulisan di blog lagi. Kalau aku sih paling sering-sering baca tulisan dari blogger lain dulu, buat nyari (nyontek lbih tepatnya--haha) inspirasi tulisan.

    BalasHapus
  6. selamat ya dik, sudah menjadi sarjana sastra. :) . semoga setelah ini. ngeblognya semakin semangat dan konsisten. :D

    BalasHapus
  7. kalo dapat ucapan selamat nganggur malah sedih. masak usaha keras berujungng nganggur. pasti ada jalan terbaik setelah wisuda.

    BalasHapus
  8. selamat! semoga apa yang diusahakan di tahun-tahun berikutnya banyak yang tercapai!

    BalasHapus
  9. Pertama salam kenal, ini kali pertama saya berkunjung ke blog mbak novy

    Kedua, selamat karena sudah berhasil melewati lika-liku dunia kampus

    ketiga, saya merasa bersyukur karena ternyata ada teman seperjuangan melawan kemasalan menulis.

    BalasHapus
  10. Yah kalau dah wisuda entar paling pusing ditanya kapan nikah... :v

    BalasHapus
  11. Wih udah wisuda
    Asik berarti g pusing lagi dong ngeejain tugas kampus

    BalasHapus
  12. Welcome back Novi! Selamat ngeblog lagi. ^^
    Masalah hiatus, aku juga begitu lho. Kalau lama gak update itu rasanya mati gaya mau menulis apa. Semangat untuk update terus buat kita berdua~

    BalasHapus
  13. Wha udah sarjana dan baru diwisuda, selamat!
    Baru tau artinya hiatus hahaha :)

    BalasHapus
  14. Saya ucapkan selamat atas wisudanya. Semoga semakin sukses dalam mencari atau membangun karier.
    Kalau saya ngeblog hanya untuk hiburan saja. Dan suatu saat pasti saya akan berhenti ngeblog. Dunia nyata lebih utama.

    BalasHapus