Liburan ke Luar Negeri, Enaknya Jepang atau Korea Selatan?



Asia itu penuh dengan eksotisme. Keindahan alam dan budaya di masing-masing negara begitu berbeda antara satu dengan lainnya. Nggak heran kalau bukan hanya pelancong dari benua lain yang menyerbu Asia, bahkan sesama penduduk benua ini pun juga penasaran dengan negara-negara tetangganya.

Di antara sekian banyak negara-negara Asia, dua yang paling menonjol dengan pariwisatanya adalah Jepang dan Korea Selatan. Keduanya memiliki kekayaan alam dan budaya yang mengagumkan, banyak traveler Indonesia yang ingin pergi ke sana.

Tapi kalau jalan-jalan terbatas pada budget, menimbang antara Jepang dan Korea Selatan, manakah yang lebih ramah di kantong? Biar liburan makin mantab, yuk, coba bandingkan keduanya.

Transportasi
Biaya transportasi di Korea Selatan lebih ‘bersahabat’ dibandingkan Jepang. Dengan ongkos sekitar Rp. 20 ribuan, kamu bisa keliling Seoul, sementara di Jepang, kartu untuk perjalanan kereta selama seminggu perlu ongkos hingga sekitar 400 ribuan. Tiket penerbangan, tujuan ke Korea Selatan juga jauh lebih terjangkau ketimbang mendarat di bandara-bandara Jepang. Dengan Thai Airways, dari Jakarta kamu bisa terbang ke Seoul dengan harga mulai 5 jutaan Rupiah. Sementara kalau menuju Tokyo, Jepang, harganya mulai 6 jutaan Rupiah.


Destinasi Wisata
Karena Indonesia sedang demam Drakor, alias Drama Korea, nggak heran kalau tempat-tempat yang muncul di film-film Korea membuatmu kepincut untuk pergi ke sana. Padahal sebenarnya Jepang juga punya tujuan wisata alami yang nggak kalah keren, seperti Hutan Bambu Sagano atau menikmati mekarnya bunga sakura di taman-taman kota. Selain itu, baik Korea Selatan dan Jepang juga punya banyak tempat-tempat wisata yang bisa dinikmati secara gratis.

Belanja
Berburu oleh-oleh adalah salah satu agenda penting saat liburan. Korea Selatan sendiri dikenal sebagai ‘surga’ bagi pecinta shopping. Ada banyak tempat belanja murah, seperti Myeongdong atau Ewha. Jepang juga punya kompleks perbelanjaan dengan harga produk yang lumayan miring. Selain itu, Jepang juga menjadi tujuan idaman untuk yang membutuhkan inspirasi busana nyentrik. Beda dengan Korsel yang punya tampilan lebih elegan.

Tapi untuk masalah berburu makeup, Korea Selatan bisa jadi pilihan utama. Ada banyak rias wajah dengan merek yang sama, bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah kalau dibandingkan dengan Jepang. Perhatikan aturan membawa benda cair bila memutuskan membeli produk apapun, meski kamu dapat jatah bagasi 30 KG bila naik Thai Airways, jangan sampai kelebihan bagasi atau malah barang yang kamu beli tidak bisa dibawa pulang.

Kuliner
Bukan cuma belanja. Terbang jauh-jauh ke Korea Selatan atau Jepang wajib memanjakan lidah dengan kuliner khas dari kedua negara tersebut. Masing-masing punya ciri khas tersendiri, kalau Korea Selatan condong ke daging sapi atau ayam, Jepang lebih populer dengan masakan sari laut (seafood). Menu masakan Jepang lebih bisa diterima oleh lidah masyarakat Indonesia. Contohnya saja, sushi atau ramen yang lebih familiar ketimbang bulgogi atau bibimbap, kan?

Penginapan
Soal akomodasi, mana yang lebih baik antara Korea Selatan dan Jepang? Harus diakui bahwa penginapan di Korea Selatan lebih terjangkau bila dibandingkan negeri matahari terbit. Dengan budget 400 ribuan, kamu bisa dapatkan sebuah kamar untuk satu malam. Sementara untuk Jepang, hotel kapsul jadi pilihan bagi budget traveler dengan tarif termurah sekitar 600 ribuan Rupiah. Carilah penginapan yang paling nyaman, karena perjalanan dengan Thai Airways maupun maskapai lainnya kebanyakan memerlukan transit, sehingga waktu perjalanan menjadi cukup lama dan melelahkan.

Jadi kalau liburan dengan budget tipis, Korea Selatan adalah pilihan utama. Tapi kalau memang ngebet pengen merasakan indahnya Jepang, nabung lagi sedikit supaya dana liburan cukup untuk mengunjungi negeri sakura, ya.

18 komentar:

  1. Kalo abang sih pengen ke jepang
    Pengen ketemu hokage ketujuh sama sasuke
    Di Korea gda hokage ketujuh sama sasuke

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, semoga keinginan dan cita-citanya terkabul ya, Bang~

      Hapus
  2. Enaknya tuh kalo saya diajak ka, saya mah terima aja mau jalan-jalan kemana, jepang boleh, korea selatan boleh, ketemu kim jong unch juga boleh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yhaaaa. Aku juga mau kalau diajak jalan-jalan, gratis. Unch, Hahah

      Hapus
  3. Saya nggak ngikutin film-film Korea. Saya merasa lebih dekat sama Jepang. Apalagi Jepang juga sempat menjajah Indonesia. Wqwq. Nggak deng. Saya pengin ke Jepang karena penasaran sama tempat-tempat yang pernah disebutin di dalam komik atau novelnya. Tentunya, kalau ada uang saya lebih memilih untuk liburan ke sana. Ingin mencoba tradisi minum teh di Jepang. Lihat bunga sakura. Dan seterusnya. Lalu berharap bisa ketemu juga sama Tsubasa Honda, terus foto bareng dah. Kawaii uy~ :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kujuga engga terlalu mengikuti film-film Korea. Dan merasa lebih dekat dengan Jepang. Kerennn tuh kalau bisa nyobain tradisi minum teh di jepang, dan tradisi-tradisi unik lain yang hanya ada di jepang. Huhu

      Semoga tercapai ya, Yog. Bisa liburan ke Jepangnya :D

      Hapus
  4. KOREA! gw ga suka jepang lol
    gw malah pengen ke korea utara, lebih asik keknya ya haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dua-duanya akan terasa asik apabila liburannya gratis. Eh:3

      Hapus
  5. Mending ke Jepang aja sini, siap nampung sok :v

    BalasHapus