Kamu Pernah Jatuh Cinta?


Salah satu dari sekian banyak pertanyaan yang selalu kuhindari  dalam hidup selain pertanyaan yang melibatkan rumus matematika adalah pertanyaan mengenai cinta.  Di umurku yang hampir menginjak 21 tahun ini, pertanyaan retoris mengenai cinta masih kerap dilontarkan untukku.

“Nov, kamu pernah jatuh cinta?”

Demi apapun itu, aku kadang bingung harus menjawab ataukah mendeskripsikan diriku terlebih dahulu. Memangnya aku ini spesies bumi yang dilahirkan tanpa hati dan emosi yang sampai pada umur dua puluh tahun pun belum pernah merasakan jatuh cinta? Fiuh,  Jawabannya sudah pasti pernah dong, patah hati juga pernah kok.

( Baca Juga : Kisah Yang Usai )

“Kalau sudah pernah jatuh cinta, lalu menurutmu cinta itu apa?”

Meskipun mengaku pernah jatuh cinta, pertanyaan mengenai definisi cinta itu sendiri adalah pertanyaan yang sulit untuk kujawab. Menurutku cinta tidak dapat dideskripsikan pun terdefinisikan, oleh sebab itulah aku terkadang bingung untuk menjawabnya. Aku tahu bahwa setiap orang memiliki definisi cintanya sendiri, namun banyak yang seringkali mendefinisikan cinta hanya sebatas pada lawan jenis, padahal cinta juga dapat diaplikasikan pada banyak hal, cinta pada pada saudara, cinta orang tua dan cinta pada Tuhan.

“Bagaimana rasanya jatuh cinta?”

Kenapa harus muncul pertanyaan seperti itu bila yang bertanya pun [pasti] pernah merasakan jatuh cinta? Jadi begini, menurutku sendiri jatuh itu perasaan istimewa. Seperti sungai, perasaan tersebut akan mengalir begitu saja, hingga tiba pada hilirnya. Entah pada akhirnya akan bermuara di lautan ataukah menguap ke udara. 

Huh, ngomong apa sih barusan?!


 ***
- Tulisan ini diikut sertakan dalam 7 Hari Tantangan Menulis #KampusFiksi #BasabasiStore.
- Tantangan di hari ke-4 sudah kuselesaikan. Huhu~

11 komentar:

  1. pertanyaan senada tampaknya memang selalu ada dipertanyakan untuk usia-usia di atas 20 nih...
    dan sepakat! cinta emang ga melulu soal lawan jenis...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah, aku masih 20 pas nih, belum ke atas.

      Yup, salam satu sepakat *apaan dah xD

      Hapus
  2. Aku gelap klo ditanya soal cinta...

    Semangat buat challange'y...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, cari penerang biar gak gelap xD


      Makasih ^^

      Hapus
  3. Pertanyaan retoris. Hahaha. Bener banget tuh.

    Semua orang pasti pernah jatuh cinta sih menurutku. Dan menurutku, aku gak perlu buat pernah tau rasanya. Supaya aku nggak tau rasanya. Hanya tau kalau itu istimewa, dari orang lain. Dari lagu-lagu cinta. Dari film-film romantis. Udah. :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeay, bener, Cha. Bahkan cukup dengan dengerin lagu-lagu cinta, baca novel bergenre romantis, nonton film-film romantis, dan semacamnya pun kita udah bisa tau kalau perasaan jatuh cinta itu istimewa, iya gak sih? hueheue

      Hapus
  4. akan kujawab,

    Pernah jatuh cinta sekaligus patah hati secara bersamaan. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woah, sungguh kolaborasi rasa yang luar biasa, sabar ya Dian:')

      Hapus
  5. PERNAH BANGET... Rasanya gmana ya, kaya ada manis-manis gitu.. :D

    BalasHapus
  6. Bener, cinta itu bukan untuk sesama jenis. Cinta itu luassss, seluas-luasnya. Asal jangan deket2 sama yang bukan mahromnya ya.

    BalasHapus