Kejutan Lima Belas November


Tak terasa, akhirnya aku telah genap berusia 20 tahun sejak  Selasa, 15 November 2016 kemarin. Seperti biasa, hari ulang tahun bagiku adalah hari yang dipenuhi dengan rasa syukur karena masih diberi umur dan kesempatan untuk memperbaiki diri. Setiap tahun, aku selalu mengira 15 November akan menjadi hari yang biasa-biasa saja, aku tidak berharap akan mendapat kejutan ataupun hadiah dari orang-orang terdekat, karena cukup dengan mengetahui ulang tahunku diingat oleh mereka saja,  aku sudah bersyukur.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, dimana saat ulang tahun, beberapa akun sosial mediaku akan dipenuhi dengan notif berisi ucapan selamat dari teman sekolah, kampus, dll. Tahun ini handphone-ku berubah menjadi pendiam seperti pemiliknya. No messages, no calls, no boyfriend.

Aku juga tidak lagi rajin berkicau di sosial media dan memberitahukan kepada orang-orang bahwa aku baru saja menginjak usia yang ke 20, seperti yang pernah kulakukan dulu;  “Hey folks, I am officially twenty now. Congratulated me, please” atau “Heyaaa peeps, it’s my birthday.” Entah kenapa, sekarang aku merasa hal semacam itu tidaklah begitu penting, apalagi bila tujuannya hanya untuk mendapatkan ucapan Happy Birthday dari orang-orang. Kalau ada yang ingat, Terima kasih, kalaupun tidak ada, ya terima kenyataan aja. Tapi disamping itu semua, aku bersyukur dan berterima kasih karena tahun ini masih ada teman yang mengingat ulang tahunku bahkan repot-repot membuatkan kejutan. Huahaha.

Hari itu, sepulang dari kampus dan berisitirahat di rumah, aku mendapat sms dari temanku Uni, aku diminta datang ke Benteng Orange pada pukul lima sore, tanpa banyak bertanya aku langsung mengiyakan. Sayangnya, setelah sholat Ashar, aku malah ketiduran. Alhasil aku pergi ke benteng saat hari sudah mulai gelap.  Untung saja aku tidak sendirian, ada Gina yang rumahnya dekat denganku, jadi kita berdua bisa sama-sama menuju tempat tujuan, naik angkot.

Sesampainya di sana, suasana benteng tampak gelap. Ada teman-temanku yang sudah lama menunggu dengan kue dan balon-balon di tangan mereka, Wardah yang ulang tahunnya sama denganku pun sudah ada di tempat sejak sore hari. Huhu, mau dikasih kejutan malah pake terambat segala. Maapkeun.

Thank you mantemannnn ({})

Beberapa jam kemudian, setelah makan-makan kue dan mengobrol dengan teman-teman.Mamah menelpon, bukannya menyuruh pulang, aku malah disuruh berlama-lama.

“Nanti pulangnya sama siapa? Naik apa?”

“Sama Gina, Ka Dwi, dan Ka Iksan. Naik motor, mah”

“Oh, iya. Inong jangan pulang dulu ya. Balama-lama jo di situ. Tapi jangan sampe malam”

“Ini mau pul…”   Tut tut tut tutt. Belum apa-apa, sudah ditutup.

Aku disuruh jangan pulang sampai malam, padahal saat itu sudah malam. Heuh

Tak beberapa lama, kami memutuskan untuk pulang. Aku dan Gina yang awalnya datang menggunakan angkot akhirnya pulang menggunakan motornya Kak Dwi, sedangkan si pemilik motor untuk sementara nebeng di motor Ka Iksan.  

Dalam perjalanan, Gina yang merupakan seorang pejuang LDR pun memulai curhatnya, aku yang duduk di jok belakang hanya bisa senyam-senyum ke pengendara motor lain sambil sesekali bertanya dalam hati “Gina ngomong apa ya? Engga kedengaran, yawlah.” Walaupun begitu, Gina masih tetap bercerita panjang lebar sampai kita berdua tiba di rumah.

Aku kira setelah ini aku bisa tidur nyenyak tapi saat masuk ke dalam rumah, aku mendapati Puput dan Fatmawati sedang sibuk menghiasi dinding dengan balon warna-warni. Suara puput dan Fat menggema di seisi ruangan  “Astagaaa, Novi pulangnya kecepetannnnn!!”

“Kalian gak bilang sih kalo mau bikin kejutan. Windi mana?”  Ucapku polos

“Windi katanya mau beli balon. Aduh, Novi cepet sembunyi, takutnya Windi marah kalo tahu surprise kita gagal.”  Puput terlihat khawatir

“Eh iya iya, Novi sembunyi dulu ya. Duh” aku jadi panik dan langsung lari sembunyi di samping rumah.

“Nanti kalo Windi udah dateng, Novi keluar ya, terus pura-pura baru pulang.” Kata Puput, aku hanya mengangguk setuju. 

Tapi setelah dipikir-pikir, sepertinya ada yang salah. Kenapa kesannya seperti aku yang memberi kejutan kepada orang yang berniat membuat kejutan ya? Kalau Windi tahu aku berbohong, pasti dia akan bertambah marah dan kejutan malam itu akan penuh dengan dusta. Hueks

Akhirnya aku memutuskan keluar dari tempat persembunyian dan membantu kedua temanku mendekorasi ruang tamu, mereka berdua juga setuju untuk tidak berbohong. Tak memakan waktu lama, Windi pun tiba bersama pacarnya, aku hanya bisa cengar-cengir menyambut kedatangan mereka berdua dan bersikap ‘bukan salah aku ya, aku kan engga tahu apa-apa.’  Dengan tampang kecewa, Windi sempat berkata “Baru kali ini gagal bikin kejutan. Baru kali ini. Huh.”.  

“Huah, gagal sih, tapi ini justru jadi kejutan paling berkesan sepanjang masa. Makasih bangettt” 

(Dari kiri : Windi, Fat, Novi, Puput)


Aku sempat berpikir kalau Windi lupa dengan ulang tahunku, ternyata aku salah. Dia justru sudah merencanakan kejutan ini bersama Puput dan Fat sejak jauh-jauh hari.  Windi adalah salah satu teman paling baik yang rajin memberiku kejutan di hari ulang tahun padahal di hari ulang tahunnya aku tidak pernah membuat kejutan dan hanya bisa memberinya kado yang mungkin harganya tidak seberapa. Hiks.

Sekali lagi, Terima kasih banyak buat teman-teman yang sudah repot-repot membuat kejutan untukku. Terima kasih juga atas ucapan, doa, serta kadonya, kalian luar biasa. Semoga kalian semua diberkahi rezeki yang melimpah. Amiin *peluk satu-satu*

Buat Lina, Diyan, Tia dan Ira. Videonya, aku posting di blog ya, sebagai kenang-kenangan. Terima kasih. Heheu~



24 komentar:

  1. Wooo ada yang dapat kejutan ulang tahun :)
    Selamat ulang tahun yah :)
    bersyukur punya banayak teman yang begitu perhatian :D
    dan nyempetin ngeluangin waktu buat bikinin surprise segala :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woo yee... Iyaaa. Makasih. Hehe Alhamdulillah, bersyukur banget :D

      Hapus
  2. itu mamanya mau bikin kejutan tapi bilang "jangan pulang dulu ya" hahaha

    btw, selamat bertambah umur

    BalasHapus
  3. Kejutan yang mengesankan. Semoga usia kian berkah ya, Mbak, sehat selalu, dan senantiasa bahagia.

    BalasHapus
  4. wah dimention blogger terkenal. terharuuuuuu.

    BalasHapus
  5. Selamat Ulang Tahun ya Novi, terlambat ngucapain ngga apa kan? Yang penting doanya ya : semoga tambah dewasa, tambah produktif ngeblognya dan sukses dunia akherat, aamiin :)

    Salam juga buat sahabat-sahabat yang 'gagal' membuat kejutan tapi acaranya tetap seruuu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, Terima kasih, mbak. Amiinnn

      Aku mewakili mereka ya mbak, Wa'alaikumsalam :3

      Hapus
  6. Mamah novy kocak ey, jangan disuruh pulang malem, tapi asliknya dah malem hahahha #numpang ngakk dulu bentar
    Yaampun iya juga ya, bukanya surprise, malah bantuin dekor wkwkwkkw
    Absurd juga crita ultahnya
    Btw makin kesini aku jg malas berkicau hari ultah #tutupin umur yang uda menua hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah iya, mbak. Padahal itu udah malem--"
      Orang yang ultah bantu ngedekor buat surprisenya sendiri, itu aku hehe

      Wah, faktor umur ya, mbak. Kalo aku faktor engga punya hape dan kuota sebenernya Ha Ha Ha

      Hapus
  7. happy birthday ya dek, maaf telat.
    moga apa yang diingin akhir tahun ini , dikabulkan

    BalasHapus
  8. WKWKWKWKWKK, GILA. Ini kok yg ulang tahun malah dsuruh sembunyi, trus disurh pura2 gak tau kalo dikasih kejutan, hahahh. gila2...kayak yg ulang tahun Windi.

    Wah, kamu skarang udah mnginjak umur yg ke 20 ya nov? selamat ya...ini berarti kmu udah kepala dua, hahahh. Beberapa tahun lagi baru menikah. wkwkwk.

    Moga tmbah sering dn lbih konsisten lagi ya nov buat nulis blog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh iya, Rey. Kebalik, harusnya aku yang dikasih kejutan malah aku yang ngejutin orang.

      Alhamdulillah, udah kepala dua. Tinggal nunggu aja waktu kapan nikah. Hahaks--"

      Aamiin. Terima kasih \:D/

      Hapus
  9. Mamanya Novi pengertian juga, ya. Tau aja kalau anaknya mau berpesta pora dalam rangka ngerayain ulang tahun. Bahahaha. Gokil Mamanya Novi. Gokil juga tuh yang ngasih suprise. Tapi kalau gagal kayak gitu, malah lebih diingat sih. Soalnya anti mainstream :D

    Selamat ulang tahun ya, Nov. Apapun doamu aku aminin. Nggak papa hapenya pendiam, yang penting hidupnya selalu berwarna~ :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah, Iya, Cha. Disuruh jangan pulang cepet. Bener, lebih diinget soalnya baru kali ini ngalamin kejutan yang anti mainstream xD

      Aamiin. Thank you, Cha. \:D/

      Hapus
  10. huahaha yang ngasih kejutan malah dikejutin haha

    udah umur 20 ya...hmmm a lot things will change :D

    semoga usianya berkah dan bermanfaat ya :)

    BalasHapus
  11. Ya ampun dek muda banget. Pengen deh ulang tahun dapet kejutan.


    SELAMAT KAMU DAPAT RUMAH !!!


    Nah, yang kaya gitu kok aku belom pernah yah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, kak. Masih muda hahaha

      Huwaw, itu aku juga belum pernah x'D

      Hapus
  12. Eh, ada yang ulang tahun. Selamat ulang tahun ya Novi (Telat banget ngucapinnya) semoga apa pun yang kamu inginkan segera terwujud :)

    Kocak itu bagian kenapa kesannya jadi kamu yang ngasih kejutan sama orang yang mau ngasih kejutan ke kamu hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Aamiinn amiinn. Hatur nuhun ya teh:))

      Hahah aku pulangnya kecepetan jadi surprisenya gagal jadi surpise deh xD

      Hapus