Bukan Kejutan Manis


Oktober telah dilewatkan dengan banyak cerita yang nggak sempat ditempatkan di posisi terbaca. Ada rasa bersalah dalam diri yang sampai sekarang masih belum hilang akibat engga ngeblog selama sebulan, padahal aku punya banyak cerita yang wajib diposting sebagai bentuk kenangan-kenangan dan hiburan di masa depan, selain tentang mantan. Heuh! Salah satu faktor yang menyebabkan aku libur ngeblog yaitu laptop yang kadang engga bisa diajak kompromi. Sebelumnya, beberapa bulan lalu aku pernah menulis tentang laptop yang sering mati suri dan kini kematian itu terulang kembali, walaupun engga separah dulu sih. Faktor lain yang melatarbelakangi ketidakhadiranku di blog pada Oktober lalu yaitu tugas kuliah yang lumayan menguras otak karena sebagian besar diantaranya merupakaan tugas menganalisis karya sastra dalam bahasa inggris dan tepat pada Senin, 31 Oktober 2016, salah satu hasil analisis dari kelompokku berakhir dengan kalimat “Tolong dianalisis kembali.”  oleh sang dosen. Yuhuuuu, kalo skripsi nanti nasibnya gimana ya? Huhu.

Diluar dari itu semua, yang berlalu biarlah berlalu sebab sekarang sudah masuk bulan baru, bulan yang bikin aku ingin menghilang untuk sementara waktu karena ada banyak orang terdekat bin tercinta yang berulang tahun dan tentu aku harus merogoh saku untuk memberi mereka kado. Sementara aku sendiri hanyalah mahasiswi yang dompetnya masih diisi dengan hasil keringat orang tua, untuk sekarang ini aku hanya bisa memberi ucapan selamat serta doa, kadonya nanti saja kalau aku sudah punya kerja dan gaji sendiri atau mungkin tunggu sampai aku bertemu sesorang yang memiliki kemampuan menggandakan uang seperti Dimas Kanjeng, uang di dompet akan aku gandakan demi kalian. Wush.

Oh iya! Hari ini, tepatnya Senin tanggal 7 November 2016, adikku Misrahayun sudah resmi menginjak bumi untuk pertama kalinya di umur 17 tahun. Ciee, sweet seventeen. Tak kusangka, adique sudah tua, eh maksudnya sudah besar. Sebagai seorang kakak, aku merasa sedih  karena engga bisa memberikan apa-apa kepada adik di hari lahirnya, seperti yang sudah aku katakan sebelumnya, aku belum jadi apa-apa, belum bisa menghasilkan apa-apa, belum bisa bikin bangga siapa-siapa, jadi maafin kakak yang belum bisa ngasih kejutan manis atau semacamnya buat adik yang ngeselin kayak kamu, cuma bisa menulis postingan di blog yang mungkin bikin geli siapapun yang baca apalagi kamu, Ayuwuwu. Pasti ini dibilang lebay, tapi yaudahlah aku bisa apa lagi selain nulis? Uhuk.

Ngomong-ngomong, kalau melihat perkembangan adikku Ayu sekarang ini, aku mendapati banyak perubahan dalam dirinya, dari cara berpakaian, cara berbicara, cara berjalan, cara makan, hingga cara bernapas. Semuanya berubah, yang dulu gayanya tomboy, mau kemana-mana harus berpenampilan seperti seorang anak cowok, sekarang justru malu kalau keluar rumah engga pakai kerudung, yang dulu suka main di pantai dengan kaum adam, sekarang justru paling malas keluar rumah karena takut kulitnya berubah warna. Wow. Kalau dulunya suka berantem sama cowok, sekarang justru berantem sama cewek, eh. Maksudnya sekarang udah jadi anak yang agak kalem. Yang dulunya sering teriak kegirangan saat mendapat mainan baru dari mamah dan papah, sekarang justru kegirangan saat menerima notif dari seseorang yang entah siapa. Duh, bahaya!

Itu semua adalah tanda-tanda kalau Ayu sudah semakin dewasa dan sudah mengerti mana yang baik dan mana yang buruk. Di Ulang tahun Ayu yang sekarang ini, semoga Ayu bisa jadi makin dewasa, jadi anak cerdas, semoga kita bisa tetap hidup sama-sama sampai  rambut kita udah beruban dan gigi kita tinggal dua, supaya kakak bisa tetap mendengar semua cerita-cerita konyol dari Ayu, supaya kakak punya seseorang yang bisa diomel-omeli setiap saat, supaya kakak bisa mengawasi dan melihat perkembangan adik-adiknya.  Sebagai seorang kakak, ada rasa takut yang seringkali menghatui. Takut engga bisa jadi panutan yang baik buat adik seperti yang diharapkan Orang tua, takut engga bisa selalu menjaga dan mengawasi kalian, takut kalau suatu saat kita benar-benar harus hidup berjauhan, walaupun nyatanya kita engga bisa akur saat jarak cuma satu senti aja.  

Aduh kenapa mata jadi basah gini? Aku jadi kehabisan kata-kata nih! Heuh. Intinya, Selamat ulang tahun untuk adikku, Ayu! Tolong gengsinya dikurangi sedikit ya, jangan bersikap sok cuek satu sama lain. Ekekek {}


16 komentar:

  1. Memang biasanya kalau kakak adik perempuan, kedekatannya sedikit luar biasa... Main perasaannya kuat.

    Beda kalau kakak adik tapi sama sama cowok.. Gengsinya gede :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadangkala kakak adik perempuan juga suka gengsi sih hahah.

      Huah, pengen punya adik cowok :"

      Hapus
  2. Selamat ulang tahun buat ayu..memang jalan pikiran perempuan biasanya cenderung lebih dewasa, apalagi dengan pria seumurannya.

    o ya, btw... noviyana emang jarang bgt ngeblog nih akhir-akhir ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih.
      Hm, lebih dewasa, apalagi dengan pria seumurannya~

      Iya nih, Insha'Allah bulan ini aktif ngeblog lagi. Mangats :')

      Hapus
  3. selamat ulang tahu ayu.. salam kenal dari tasik

    eh buat yang posting ini semakin rajin postingnya ya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, terima kasih. Salam balik dari Ternate.

      Insha'Allah. Aamiiin, mangats heheu :D

      Hapus
  4. Aku baru tau kalo kamu punya adik, Nov. Ahaha. Cewek juga pula. Ihiy. Seru banget pasti tuh bisa belanja bareng.

    Btw, selamat ulang tahun ya, Ayu! Semoga makin cantik wajah dan kelakukannya itu seperti namanya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah, mungkin karna aku jarang nulis tentang mereka heheu. Iya, seru tapi kadang ngeselin :3

      Aamiin

      Hapus
  5. Hai Noviyana~ Aku baru tau kamu punya adek. Selamat ulang tahun buat Ayu yang ke 17. Jadilah remaja dalam batas wajar~ Ya berantem sama cewek dan senyam senyum dapat notif dari someone masih batas wajar. Uuuh masa remaja~

    Btw Noviyana juga ntar ulang tahun kan bulan ini? Ntar ditulis di blog ya, Nov! :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Icha~
      Heheu, aku jarang nulis tentang mereka di blog jadinya mereka engga terkenal. Huekekek untung masih dalam batas wajar ya, belum terkontaminasi sama awkarin:"

      Iya nih, bulan ini ultah. Insha'Allah :D

      Hapus
  6. Nah naluri kakak klo punya adek perempuan selalu hini nih, sama kek aku ke adekku hihihi
    Cuma adekku malah yg kukuatirin kebslikaannnya nov naqnya cuekkkk abiz hihi
    Untungnya religius, jd masi aman
    Wah samaaaa aku oktober kemaren jg cuma bisa ngegoalin 1 postingan, psdahal banysk bgt yg aturan bisa dipublish

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheu, mbak nit juga punya adik perempuan yak, asiquee. *highfive :D
      Wah, adekku juga cuek mbak. Hahah

      Ayo mbak, rajin ngeblong lagi bulan ini. Semangatttt!~

      Hapus
  7. NOVVIIIIIIIIIIIYANAAAAAAAAAAAAAA!!!!!!!!!!!! ADUUUH, KOK BARU NULIS SKARANG SIH? SUDAH BEBERAPA MALAM PURNAMA AKU LEWATKAN TANPA MEMBACA TULISAN KAMU!

    Sebelumnya saya juga mau ngucapin selamat ulng tahun buat adik kamu Misrahayun, salam yaa dari Makassar. Smoga tmbah sehat selalu.

    Dan buat Noviyana Shiali. Jadilah besar, karna tulisan dan kebesaran hati mu. Tetap tegar, dan fokus mngejar target :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAI REYHANNNNN!!! ENTAHLAH. HAHAHA

      Amiin. Terima Kasih:))

      Baiklah, sekali lagi, Terima kasih, Rey. Heheu

      Hapus
  8. Happy birthdaaaay untuk adiknya minggu laluuu! Itu endingnya kok jadi begitu. :') Semoga sehat selalu untuk adiknya yaa! \:D/

    BalasHapus