Trik ampuh cegah copyright Claim ketika menggunakan aset musik Envato Elements di Youtube-mu

Sudah menjadi rahasia umum bahwa untuk menciptakan sebuah konten yang bagus konten kreator diharuskan untuk memiliki ide dan pengeksekusian yang tepat. Ide bisa didapatkan melalui banyak hal seperti membaca, observasi, brainstorming, dan kadang bahkan dari kegiatan kita sehari-hari. Eksekusi ide dapat dilakukan dengan cara membuat sendiri dari awal ataupun menggunakan bantuan dari layanan penyedia template, plugin, dan stok aset.

Keuntungan dari membuat sendiri adalah karyamu lebih original dan hemat biaya namun harus mengorbankan tenaga dan waktu lebih. Sedangkan kelebihan apabila menggunakan bantuan dari layanan penyedia template, plugin, dan stok aset adalah dari segi kualitas yang pasti premium, hemat waktu dan tenaga namun kamu harus mengeluarkan sedikit biaya tambahan. Umumnya para konten kreator menggunakan layanan untuk menunjang produktivitas mereka sehingga mereka bisa fokus untuk menemukan ide-ide baru untuk dijadikan konten.

Nah, bila kamu tertarik untuk menggunakan jasa layanan stok aset. Yuk belajar bagaimana cara menghindari claim copyright karena setiap layanan stok aset memiliki cara yang berbeda-beda. Pada kali ini kita belajar cara menghindari copyright claim untuk aset musik pada Envato Element di konten Youtube kita.

Mengetahui Alasan Mengapa Kita Terkena Copyright Claim

Copyright claim atau klaim hak cipta umumnya terjadi secara otomatis di Youtube saat kamu mengupload konten ke platform mereka. Setiap produk karya yang diupload dan didaftarkan langsung ke youtube oleh kreator atau afiliasi yang ditunjuk oleh si kreator  mendapatkan Content ID dari Youtube. Nah, Konten yang kamu upload bisa terkena copyright claim karena Youtube mendeteksi adanya kesamaan bagian dari kontenmu dengan konten yang telah didaftarkan tersebut. Apabila video kontenmu terkena copyright claim, maka hasil monetize dari video tersebut akan diarahkan ke kreator aslinya dengan menggunakan Content ID tersebut.

Cara Cek Aset Musik Yang Memiliki Content ID di Envato Elements

Di Envato Elements, aset-aset yang memiliki Youtube Content ID akan ditunjukan secara jelas pada deskripsi di setiap aset.

Sebagai contoh diatas merupakan aset audio di Envato Elements bernama “Summer Happy”. dan di deskripsi aset tersebut jelas diterangkan bahwa aset telah memiliki Youtube CID yang didaftarkan oleh Identifyy. Sehingga apabila kamu menggunakan audio tersebut dalam kontenmu dan apabila terjadi copyright claim bisa dipastikan berasal dari Identifyy.

Sebenarnya ada cara untuk mengatasi copyright claim dari aset yang telah memiliki Content ID di Envato Elements namun itu untuk dilain waktu. Buat kamu yang tidak ingin repot untuk mengatasi hal tersebut, begini cara ampuh untuk menghindari copyright claim aset musik dari Envato Element di video konten youtube-mu.

Exclude Aset Musik yang Memiliki Content ID dari Hasil Pencarianmu

Ya, caranya mudah sekali. kamu tinggal menghilangkan aset ber ID dari hasil pencarianmu.

 
Pada Filter → Properties, kamu tinggal mencentang opsi “Exclude Content ID” sehingga hasil pencarian aset musikmu di Envato Elements menghasilkan list aset yang tidak memiliki Content ID.


Dengan begitu kamu bisa menggunakan aset musik tersebut pada konten video youtube-mu tanpa khawatir terkena copyright claim.

Mudah bukan caranya? Bagi kamu yang tertarik menggunakan Envato Elements ada kabar gembira.  Kamu bisa download aset sepuasnya mulai dari harga 100 ribuan dengan beli di IDCopy. Kamu bisa buktikan sendiri dengan mengunjungi situs IDCopy di sini

Sedikit info, IDCopy merupakan perusahaan jasa yang bergerak di lisensi software, SaaS, dan aset premium yang telah dipercaya lebih dari 10.000 customer. 

Beberapa kelebihan IDCopy antara lain:

  • Memiliki lebih dari 500 macam produk untuk memenuhi berbagai kebutuhan kamu.
  • Respon layanan yang cepat kurang lebih 5 menit di hari kerja senin - jum’at, jam 09.00-17.00.Bisa diluar hari jam kerja dengan respon sedikit lebih lama.
  • Mendukung pembayaran via bank dan e-wallet populer.

Envato Elements adalah salah satu produk unggulan perusahaan ini. Saat ini IDCopy sedang melakukan promosi menjual Envato Elements dengan diskon hingga 40%. Buruan jangan sampai lewatkan kesempatan untuk mendapat promo Envato Elements dari IDCopy.

1 komentar:

  1. Bukan youtuber jadi kurang banyak tau tentang copyright. Tapi emang penting banget sih mengatasi copyright supaya pas bikin konten masih bisa dapat adsense

    BalasHapus