Tipe Kartu Kredit yang Harus Diketahui Sebelum Memilih

Tipe Kartu Kredit yang Harus Diketahui Sebelum Memilih

Kebutuhan akan kartu kredit telah menjadi bagian dari  gaya hidup kekinian, terutama untuk kalangan muda perkotaan. Namun tahukah Anda, kartu kredit memiliki berbagai tipe dengan fitur-fitur yang ditawarkan. Bahkan saat ini penerbit bersaing menawarkan tipe kartu dengan beragam tarif, suku bunga ditambah beragam keuntungan masing-masing.

Maka jika Anda berniat mengajukan permohonan kartu kredit, kenali beragam tipe kartu kredit. Agar dapat menentukan pilihan yang tepat sesuai kebutuhan. Berikut penjelasan beberapa tipe kartu kredit yang umumnya dijumpai. Satu kartu bisa memiliki beberapa tipe dengan fitur yang tersedia. Selengkapnya dijelaskan sebagai berikut:

Tipe Kartu Kredit Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan fungsinya, kartu kredit  dibedakan dalam tiga tipe berikut:

1. Kartu Kredit Standar

Kartu kredit standar adalah yang paling umum dan disediakan bank penerbit sebagai pilihan kartu kreditnya. Beberapa menggunakan istilah kartu kredit silver (perak) atau kartu kredit classic (klasik). Kartu tipe ini memiliki syarat membuat kartu kredit lebih mudah, sebab nasabah tidak diharuskan menyetor uang deposito sebagai jaminan, limit atau pagu kredit ditentukan oleh bank penerbit.

2. Kartu Kredit dengan Bunga Rendah

Selanjutnya ada tipe kartu kredit bunga rendah yang menawarkan suku bunga  rendah selama periode tertentu. Biasanya dalam rangka promosi kemudian kembali normal setelah periode promosi berakhir. Namun ada pula yang memberikan suku bunga rendah tanpa periode atau tetap. Tipe ini cocok untuk Anda yang berniat membeli dalam jumlah besar dengan periode cicilan kartu kredit beberapa bulan hingga 1, karena bunga sangat rendah akan lebih meringankan.

3. Kartu Kredit untuk Transfer Balance

Tipe satu ini memungkinkan pemegang men-transfer atau mengalihkan saldo tagihan dari kartu kredit ke kartu kredit lain. Pilihan yang mungkin dilakukan memindahkan tagihan dari kartu bunga tinggi ke kartu kredit berbunga lebih rendah. Biasanya penerbit yang menawarkan tipe ini, memberi penawaran bunga nol persen selama periode tertentu jika mendapat pengalihan tagihan dari kartu kredit lain. Namun pastinya ada syarat pada transfer balance yang berbeda pada kartu kredit ini.

Kartu Kredit Reward

Seperti namanya, kartu kredit tipe ini memberikan penawaran menarik berupa insentif pada pembelian kartu kredit tersebut. Dengan mengumpulkan poin nantinya dapat ditukarkan dengan beragam hadiah yang bisa dipilih. Beberapa macam tipe kartu kredit reward sebagai berikut:

1. Kartu Kredit Cash Back

Seperti namanya, kartu kredit ini memiliki reward berupa cash bank (pengembalian tunai) untuk pembelian tertentu. Jadi semakin sering digunakan semakin besar cash back yang bisa didapat. Kenaikan cash back diperoleh seiring semakin besar dan seringnya pemakaian. Syarat dan ketentuan lain seperti pembelian produk atau di toko tertentu. Namun biasanya kartu kredit ini memiliki iuran tahunan lebih tinggi.

2. Kartu Kredit Point Reward

Kartu kredit ini menawarkan poin sebagai reward sebagai bentuk pengembaliannya. Poin dapat dikumpulkan lalu dalam jumlah tertentu dapat ditukar dengan beragam pilihan hadiah, seperti voucher, tiker dan sebagainya. Namun biasanya bunga kartu kredit ini cukup tinggi

3. Kartu Kredit Hotel/Travel Points

Kartu kredit ini bekerja sama dengan hotel tertentu, keuntungan poin setiap melakukan pembelian dan menginap di hotel dalam jaringan. Poin dapat ditukar reward dengan voucher menginap gratis hingga upgrade kamar hotel dalam jaringan. Selain hotel, penawaran voucher perjalanan, tiket masuk taman rekreasi dan sebagainya.

4. Kartu Kredit Premium

Disebut juga kartu kredit gold (emas) dan platinum sebab memiliki keuntungan besar yang ditawarkan. Cocok untuk Anda yang memiliki penghasilan tinggi dan memiliki kebutuhan intensitas transaksi tinggi sebab pagu kredit ini cukup tinggi. Dengan iuran tahunan dan tingkat bunga tinggi sebanding dengan fasilitas tambahan yang didapat.

Tipe Kartu Kredit Berdasarkan Lingkup Wilayah

Berdasarkan lingkup wilayah penggunaan, kartu kredit dibagi menjadi tiga tipe berikut:

1. Kartu Kredit Nasional

Tipe kartu kredit satu ini hanya berlaku pada lingkup wilayah kecil, misalnya negara maka tidak berlaku di luar negara tersebut.

2. Kartu Kredit Internasional

Tipe kartu kredit berlaku secara internasional sebagai alat pembayaran di seluruh dunia. Merek yang tidak asing yakni MasterCard dan VISA.

Dengan digibank Live Fresh, Dapatkan Banyak Keuntungan

Kartu kredit digibank Live Fresh dari Bank DBS menawarkan cicilan kartu kredit yang ringan. Beragam fitur Aplikasi digibank by DBS memberi kemudahan lebih dengan aneka keuntungan berikut:

> Cashback hingga Rp1,5 juta

Kamu bisa langsung nikmati cashback hingga Rp1,5 juta setelah Kartu Kredit digibank Live Fresh-mu disetujui

> Cashback 5% Transaksi Online

Belanja dengan Kartu Kredit Live Fresh, dapatkan kesempatan cashback hingga 5% hingga Rp 500.000  untuk setiap transaksi belanja online setiap bulannya. Cashbank 5% untuk penggunaan kartu utama dan cashback 3% untuk belanja online menggunakan kartu tambahan.

Keuntungan Ganda dengan Poin Rewards

Ada banyak reward yang bisa Anda dapatkan jika terus menggunakan Kartu Kredit digibank Live Fresh untuk bertransaksi. Pada setiap transaksi Rp10.000, Anda bisa mendapat 1 Poin Rewards dari digibank. Kumpulkan hingga 1600 Poin Rewards digibank yang setara dengan Cashback Rp100.000 untuk transaksi online Anda.

Pay Your Way

Beragam kemudahan didapat dengan kemampuan mengubah transaksi jadi cicilan kartu kredit sesukamu hingga 60 bulan. Setiap kebutuhan bisa menikmati di mana saja dan kapan saja hanya melalui Aplikasi digibank by DBS

Atur & Monitor 24/7 di Aplikasi digibank by DBS

Aktivitas kartu kredit Anda dapat diukur dan dipantau melalui Aplikasi digibank by DBS. Jadi tidak perlu datang ke kantor cabang untuk beragam kebutuhan. Mulai dari mengetahui informasi transaksi, monitor aktivitas kartu dan pembuatan PIN hingga penukaran rewards

Gratis Iuran Tahun Pertama

Keuntungan lainnya dari Kartu Kredit digibank Live Fresh, Anda bebas dari iuran di tahun pertama. Dengan syarat melakukan pembelanjaan minimum senilai Rp 1 juta dalam 60 hari pertama terhitung sejak kartu disetujui.

***

Itulah tipe kartu kredit yang perlu diketahui. Pahami tiap tipenya dan pilih sesuai kebutuhan Anda. Kartu Kredit digibank Live Fresh adalah pilihan tepat untuk penuhi kebutuhan Anda.

0 Komentar:

Posting Komentar

share your comments here