Cara Seru Belajar Bahasa Inggris

Enam cara seru belajar Bahasa Inggris secara otodidak

Banyak dari kita tentu sudah tahu bahwa Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang penting untuk dipelajari di zaman sekarang karena ada banyak hal di sekeliling kita yang menggunakan bahasa asing tersebut, mulai dari sosial media yang sering kita gunakan, produk yang kita dipakai, hingga iklan-iklan yang sering kita lihat di media. Akan tetapi, beberapa di antara kita juga ternyata masih mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa tersebut, entah kesulitan mengingat kosakata, kesulitan memahami tata bahasa, hingga kesulitan untuk mempraktikan kemampuan speaking karena faktor lingkungan yang kurang mendukung. Bener nggak? 

  

Nah, kalau kamu termasuk salah satu orang yang sedang mencari cara seru mempelajari Bahasa Inggris secara otodidak dan mengalami beberapa kesulitan yang disebutkan sebelumnya, berikut ini enam cara belajar Bahasa Inggris dariku yang dapat kamu coba: 


Menonton Film & Video Berbahasa Inggris


Menonton film merupakan salah salah satu cara belajar Bahasa Inggris yang seru dan menyenangkan karena kamu bisa belajar sambil bersantai ria kapan pun kamu mau. Dengan belajar melalui film, kamu dapat melatih listening skill sekaligus menambah kosakata Bahasa Inggris yang mungkin jarang kamu temukan di buku atau pun internet. Pastikan juga kamu suka dengan film tersebut agar dapat menikmati jalan cerita dan proses belajar Bahasa Inggrisnya. 

Enam Cara Seru Belajar Bahasa Inggris

Apabila kamu adalah seorang pemula, kamu tetap dapat belajar melalui film dengan cara memilih film yang berisi percakapan ringan dan sederhana, seperti film kartun atau animasi. Sesekali usahakan juga untuk tidak menggunakan subtitle agar kamu bisa mengetahui sejauh mana kamu memahami dialog dalam film tersebut. 


Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris

Kalau diingat-ingat kembali, mendengarkan lagu berbahasa Inggris merupakan awal mula ketertarikanku pada bahasa asing yang satu ini. Bermula dari rasa penasaran akan makna dalam lagu berbahasa Inggris dan keinginan untuk dapat menyanyikan lagu-lagu tersebut dengan dengan lancar, aku akhirnya mulai belajar dengan cara menerjemahkan setiap kata Bahasa Inggris dalam lirik lagu yang kudengarkan dan menyanyikannya sebisaku, meskipun awalnya lidahku sempat keseleo, ehehe. 

Enam Cara Seru Belajar Bahasa Inggris

Menurutku belajar dengan metode ini merupakan salah satu cara yang cukup efektif, sebab mendengarkan lagu tidak hanya membuat kita merasa rileks tetapi juga membantu kita memperkaya kosakata dalam suatu bahasa serta melatih kemampuan listening dan pronunciation apabila kita menyanyikan lagu tersebut. Nah, buat kamu yang ingin belajar dengan cara ini, kamu bisa mulai dengan mendengarkan lagu yang easy listening. Tetapi kalau kamu bosan mendengarkan lagu, mendengarkan podcast berbahasa Inggris pun bisa menjadi pilihan yang tak kalah mengasyikan lho!

( Baca juga : 5 Rekomendasi Podcast Berbahasa Inggris )


Membaca Buku atau Artikel Bahasa Inggris

Cara yang satu ini tentu bukanlah hal asing bagi kita, sebab telah kita ketahui bahwa membaca dapat memberikan banyak manfaat, salah satunya yaitu dapat membantu kita mempelajari bahasa asing. Dengan rajin membaca teks dalam suatu bahasa, otak kita lama-kelamaan akan terbiasa dengan kata dan struktur bahasa asing tersebut, selain menambah perbendaharaan kata baru, kita juga dapat langsung mempelajari penggunaannya agar sesuai dengan konteks. 

Enam Cara Seru Belajar Bahasa Inggris

Memperlancar Bahasa Inggris lewat bacaan tidak harus dengan membaca buku-buku yang rumit kok. Kamu bisa memulainya dengan membaca tulisan-tulisan pendek seperti cerpen atau bahkan artikel berita yang berseliweran di Internet. Intinya, pilihlah bacaan yang menurutmu sesuai dengan level bahasa dan minat, agar proses belajarmu jadi lebih nyaman dan fun. Jangan lupa juga membuat catatan untuk setiap kata baru yang kamu temukan yaaa.   


Memanfaatkan Sosial Media untuk Belajar Bahasa Inggris

Poin keempat ini adalah cara yang sering kulakukan sejak awal tertarik belajar Bahasa Inggris. Aku mencoba memanfaatkan sosial media dengan cara mencari grup Bahasa Inggris di Facebook hingga Whatsapp, tak jarang aku menemukan teman yang memiliki minat dan hobi yang sama, bahkan bisa sampai berteman dengan penutur asli Bahasa Inggris itu sendiri. Menyenangkan bukan? Menurutku cara ini cukup efektif apabila kamu ingin mempraktikan kemampuan Berbahasa Inggrismu, baik speaking maupun writing

 

Untuk yang masih bingung mau bergabung dengan grup Bahasa Inggris yang mana dan seperti apa, kamu dapat bergabung dengan SEFEO English Community, salah satu grup Bahasa Inggris yang bisa kamu temukan di beberapa sosial media, seperti Facebook, Instagram, hingga Tiktok. Cuss follow IG-nya di @sefeo.english untuk informasi lebih lanjut mengenai cara join ke WA grup ya.

Enam Cara Seru Belajar Bahasa Inggris

Selain mencari teman untuk diajak berkomunikasi, kamu juga dapat memperkaya pengetahuan bahasamu dengan mengikuti halaman atau akun-akun sosial media yang menyajikan konten edukasi Bahasa Inggris lho, guys!


Menggunakan Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Tak hanya memanfaatkan sosial media, kamu juga dapat mengasah kemampuan Bahasa Inggris dengan menggunakan aplikasi belajar yang dapat diunduh di ponsel pintarmu. Tentunya aplikasi tersebut dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan level bahasamu. Beberapa aplikasi belajar bahasa yang cukup populer di antaranya yaitu:  Duolingo, Cake,  Busuu, British Council, Mesmerize, dll. Aplikasi-aplikasi ini dapat kamu temukan di Playstore maupun Apple Store. Selain belajarnya lebih fleksibel karena dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun, kamu juga dapat mengulang kembali materi yang belum kamu pahami. Mudah, kan?


Bergabung dengan Klub atau Komunitas Bahasa Inggris

Bosan belajar melalui ponsel? Bergabung dengan klub Bahasa Inggris yang ada di daerah atau lingkungan sekitar pun dapat menjadi solusi. Klub belajar seperti ini biasanya memiliki akun sosial media yang dapat kamu ikuti. Nantinya informasi mengenai jadwal pertemuan bisa kamu dapatkan di akun tersebut. Nah, bergabung dengan klub Bahasa Inggris tidak hanya membantumu mengasah kemampuan berkomunikasi, namun juga memperluas lingkar pertemanan, terutama dengan orang-orang yang tertarik dengan Bahasa Inggris. Pasti seru deh!


Cara Seru Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Dari ke-enam cara di atas, cara yang mana saja nih yang sudah kamu coba? atau kamu punya tips lain? Share pengalamanmu juga dong di sini.

21 komentar:

  1. Saya pernah pake busuu 2 tahun, lumayanlah ada peningkatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, aku baru cobain Busuu sekitar sebulanan. Emang bagus Aplikasinya. Hihi

      Hapus
    2. Bagus mb, untuk saya yang udah kelewat masa, mudah memahaminya :)

      Hapus
  2. Saya kayanya cocok dari film dan dengarin lagu sepertinya. Kalau baca buku, mata udah agak gimana gitu kwwk. Sedangkan untuk menggunakan aplikasi blom coba, dan rasanya juga simple ya mba. Harus bisa bahasa inggris lebih baik tahun ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi yang nyaman aja, Kak. Mau lewat nonton film atau dengerin lagu mah bebas, yang penting punya niat dulu.

      Semangat, semoga bisa tercapai bisa Bahasa Inggrisnya. :D

      Hapus
  3. Poin satu sampai 3 udah saya jabanin mba, cuma yaa masih belum good unk berbahasa inggris. Btw cari group speaking di media social, boleh share group nya mba ? Atau ada ghost friend gitu yang bisa direcokin tiap hari unk ngelatih english ?? Hehe

    Btw, salam kenal mba ☺️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sama Mba. Emang mesti banyakin praktik juga bisa bisa jad good, hehe.

      Kemarin aku punya grup Bahasa Inggris sendiri, tapi udah bubar karna lagi sibuk dan jarang aktif. Kalo soal ghost friend, mungkin kita bisa belajar bareng Mba. Hihi

      Hapus
  4. Baru coba yg no 2, 3 dan 4 nih. Sepertinya mau coba ketiga lainnya ah.. TFS kak..

    BalasHapus
  5. Aku pakai duolinggo juga...untuk belajar bahasa Korea dan Jepang.
    Kalau bahasa Inggris, iya banget. Cara ampuhnya adalah dengan menonton acara TV yang no subs. Kaya HBO, National Geographic.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yay, saat ini aku juga lagi pakai Duolinggo untuk belajar Bahasa Spanyol. Hehe

      Udah terbukti ampuh ya, Mba. :D

      Hapus
  6. Bener banget mba. Jaman sekolah suka baca lirik di kaset. Sekalian latihan listening, walau banyak pakai kata2 slank sih, hahaha.... (pake kaset, ketahuan generasi tahun berapa ya, hihi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya aku masih sempet ngerasain baca lirik di kaset deh, hahah.

      Hapus
  7. Ada rekomendasi klub bahasa Inggris nggak ya di daerah Semarang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kurang tau juga Kak. Tapi mungkin bisa dicari di sosial media, biasanya kalo Klub gitu ada akun sosmednya juga :D

      Hapus
  8. Kalau saya biasanya lewat lagu
    Kadang juga membaca buku cerita berbahasa Inggris

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar lewat lagu emang yang paling fleksibel ya, Kak. Bisa di mana aja dan kapan aja :D

      Hapus
  9. Saya termasuk orang yang menyesali diri nggak fokus belajar bahasa Inggris dari dulu, jaman sekarang terbatas banget kemampuan Inggrisnya.

    Dulu palingan seringnya nyimak film yang pakai subtitle, lama2 paham sedikit2 , tapi ya itu mentok 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa Kak, kan gak ada waktu terlambat buat belajar juga. Hehe :D

      Hapus
  10. dulu aku suka chatting sama orang luar negri.. jadinya selalu pengen nambah kosakata baru buat diingat, sedikit2 belajar bahasa inggris

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yay Sama! Ngobrol sama orang dari negara lain, terutama sama native speaker itu termasuk yang paling efektif untuk belajar bahasa sih :D

      Hapus