8 Aplikasi Bermanfaat yang Bisa Kamu Coba


Saat ini smarphone sepertinya telah menjadi benda yang tak tepisahkan dari diri kita, benda tersebut bahkan bisa berada dalam genggaman hampir setiap saat, entah itu sekadar dipakai untuk berselancar di dunia maya, mendengarkan musik, menonton video, bermain game dan aktivitas lainnya. Sebab itulah berbagai macam aplikasi menarik pun ditawarkan kepada para pengguna ponsel pinter; mulai dari aplikasi untuk berkomunikasi, transportasi, transaksi, belajar, hingga aplikasi yang dapat memudahkan pekerjaan seseorang.

Sebagai seorang pengguna ponsel pintar, aku tentunya juga menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, sebagian di antaranya berhasil membuatku menghabiskan waktu untuk hal unfaedah dan sebagiannya lagi berhasil membuatku takjub karena kegunaannya. Nah, dari beberapa aplikasi yang kupakai, berikut ini adalah delapan aplikasi bermanfaat menurutku yang mungkin bisa kamu coba :

Google Keep Notes
Aplikasi Notes Terbaik yaitu Google Keep Notes
Google Keep Notes merupakan aplikasi notes yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini telah menjadi notes favoritku sejak satu tahun terakhir karena tampilannya yang sederhana dan kegunaannya yang multifungsi. Keep notes sangat membantuku dalam mencatat hal-hal penting, mulai dari membuat daily task list dengan fitur to-do-list-nya. hingga mencatat ide tulisan yang tetiba muncul, entah dengan cara mengetik langsung, merekam suara atau sekadar menautkan gambar/foto.

Nah, tulisan-tulisan di keep notes ini pun dapat langsung dipindahkan ke dokumen dengan mudah melalui fitur ‘Copy to Google Doc’-nya atau bisa langsung dibuka kembali di brow  ser dekstop karena telah tersinkron di smartphone dan laptop. Jadi, tulisan yang dicatat di ponsel, dapat dibuka dan diedit dengan mudah di laptop, begitu pun sebaliknya. Selain itu ada banyak fitur keren lainnya yang sampai sekarang membuatku tetap menggunakan aplikasi ini ketimbang aplikasi notes lain. Ehehe

Dan btw,  tulisan ini juga awalnya aku ketik di keep notes hape kemudian langsung kusalin-rekat ke blog melalui browser, aplikasinya cukup bisa meminimalisir keremponganku sih.

My Calendar adalah kalendar pengingat siklus menstruasi yang bagus dan keren
My Calendar adalah salah satu aplikasi yang kupikir sangat dibutuhkan oleh Kaum Hawa, sebab ini merupakan aplikasi Period Tracker yang sangat membantu dalam mencatat dan mengingat siklus bulanan. Aplikasi ini tentu saja bisa menjadi acuan perihal perkiraan tanggal menstruasi di bulan selanjutnya, siklus. ovulasi, hingga masa-masa subur dari si pengguna. Selain itu, yang aku suka dari aplikasi ini adalah tampilannya yang cute, ada hewan peliharaannya dong, hahah. Terus ada juga fitur untuk mencatat kondisi tubuh, aliran haid, gejala hingga mood kita.

Aku sendiri sudah menggunakan aplikasi ini selama dua tahun, meski sudah dua kali mengganti ponsel, data-data di dalamnya masih tetap ada karena aplikasi ini memiliki fitur backup dan dapat disinkronisasi dengan akun google, jadi kamu tidak perlu khawatir akan kehilangan data atau catatan siklus haid saat hendak mengganti device nanti.

Catatan Keuangan Harian adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengelola keuangan
Aplikasi Catatan Keuangan Harian dapat digunakan untuk mengatur finansial anda
Dari namanya saja sudah ketahuan kalau ini adalah aplikasi yang berguna untuk mengatur keuangan. Sebenarnya, ada beberapa aplikasi money manager yang pernah kucoba, tapi menurutku yang satu ini lebih simpel dari semuanya, tampilannya sederhana dan mudah digunakan. Pada aplikasi ini terdapat option untuk pengeluaran dan pemasukan, serta kategori-kategorinya yang bisa diedit sesuai kebutuhan.

Aplikasi ini cukup membantuku dalam mengingat, mengontrol dan mengatur keuangan, berapapun pemasukan dan pengeluarannya semua selalu kucatat, ditambah lagi aplikasi ini punya fitur pengingat, jadi bisa rutin mencatatnya. Nah, semenjak menggunakan aplikasi ini, aku  lumayan bisa mengurangi ke-boros-an dan kekhilafan belanja sih, karena yaaa gimana mau belanja kalo tiap liat pengeluaran vs pemasukan bawaannya Istighfar mulu, huhu.

iPusnas adalah aplikasi digital yang cocok buat kamu yang sangat suka membaca
iPusnas merupakan aplikasi perpustakaan digital yang dapat digunakan untuk membaca buku apa saja secara gratis
Aku baru menggunakan aplikasi ini sekitar tiga bulan terakhir, rasanya agak menyesal karena tidak mengetahui aplikasi ini sejak jauh-jauh hari sebab ada banyak sekali bacaaan gratis yang terdapat di dalamnya. Aplikasi ini benar-benar bagus dan keren karena bisa mengurangi rasa bersalahku yang pernah mengoleksi eBook gratis dari beberapa situs penyedia eBook yang belum tentu legal. Maapkan

Sama seperti perpustakaan pada umumnya, perpustakan digital ini pun menggunakan sistem pijam buku. Buat kamu yang pengen pinjam buku di Ipusnas, kudu mendaftar dulu biar bisa masuk dan baca-baca. Nah, untuk pengguna android, aplikasi ini bisa diunduh di playstore~  

Kamus KBBI dan Kamusku adalah aplikasi bermanfaat yang sangat perlu untuk digunakan di handphone
KBBI adalah kamus besar bahasa Indonesia yang harus ada di handphone anda
Kamus adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi yang sangat membantuku karena meskipun berlatar pendidikan Sastra Inggris, sesungguhnya aku tidaklah sepandai itu bisa mengetahui dan mengingat semua kosakata dalam Bahasa Inggris. Jadi, memiliki aplikasi kamus di smarphone adalah wajib hukumnya.

Perihal aplikasi kamus sendiri, aku memiliki dua kamus, yaitu KBBI dan Kamusku. Aplikasi KKBI sering kuggunakan sebagai referensi penulisan kosakata saat sedang menulis sekaligus untuk mencari tahu arti dari kata dalam Bahasa Indonesia yang jarang kudengar. Kalau untuk aplikasi Kamusku, sebenarnya aplikasi ini sudah kugunakan sejak masih kuliah, dipakai sakadar untuk menerjemahkan kata dari Bahasa Indonesia ke Inggris dan sebaliknya, yang kusuka dari aplikasi ini adalah bisa kugunakan meski dalam keadaan offline, jadi bisa dipakai kapan saja, di waktu mendesak saat ada yang nanya “Eh kata ini artinya apa?”

Pinterest adalah salah satu aplikasi jejaring sosial yang keren untuk mengeksplorasi gambar-gambar bagus
Ada banyak ide dan inspirasi yang bisa didapat dari aplikasi Pinterest
Pinterest adalah satu dari beberapa aplikasi jejaring sosial favoritku, di Pinterest aku dapat menemukan sekaligus mengoleksi gambar-gambar bagus yang bisa kujadikan sebagai wallpaper handphone atau pun whatasapp, ehehe. Selain itu ada banyak ide dan inspirasi baru yang bisa ditemukan di Pinterest, entah itu ide menulis, ide ngeblog, ide menggambar, memasak, inspirasi OOTD, dan banyak hal lainnya.

Selain melihat dan mengeleksi gambar ke pinboard, pengguna juga dapat berbagai dan menyimpan foto atau pun karya di aplikasi tersebut. Yuhuu~

AppBlock adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk meminimalisir penggunaan gadget yang berlebihan
AppBlock dapat digunakan untuk mengontrol penggunaan aplikasi secara berlebihan
Kalau tangan sudah menggenggam ponsel, kadang diri seringkali khilaf, jadinya malah berselancar di sosial media tanpa tahu waktu, untung saja saat ini kebiasaan tersebut bisa dikurangi dengan aplikasi AppBlock. Aplikasi yang satu ini benar-benar berguna untuk mengatasi kecanduan bermain handphone sebab AppBlock memungkinkan kita untuk memblokir aplikasi-aplikasi yang dirasa terlalu menyita perhatian dan waktu.

Aplikasi AppBlock ini sangat membantuku dalam mengontrol pemakaian sosial media yang berlebihan. Aku bisa mengatur kapan dan berapa lama aku bisa  membuka jejaring sosial dan kapan aku harus berhenti. Nah, dengan memblokir beberapa aplikasi ‘candu’ tersebut di AppBlock, aku dapat memanfaatkan waktuku pada hal-hal bermanfaat lainnya.  Bagus bukan? Yang suka berlebihan main sosial media, cobain deh.

Al Quran Indonesia adalah aplikasi Al-Quran terbaik yang bisa diunduh di handphone
Al Quran Indonesia adalah Aplikasi yang bisa didownload di bulan Ramadhan
Ini adalah salah satu aplikasi Al-Quran terbaik menurutku, sebab aplikasi Al-Quran Indonesia ini mempunyai banyak fitur yang tidak terdapat pada aplikasi Al-Quran yang pernah kucoba sebelumnya, salah satunya yaitu fitur notifikasi atau pengingat waktu sholat yang akan berbunyi suara adzan saat waktu sholat tiba, sehingga tentu saja aplikasi ini akan sangat berguna buat kamu yang sedang berada di lokasi yang jauh mesjid.

Selain itu aplikasi Al-Quran pun menyediakan fitur terjemahan Bahasa Indonesia yang dilengkapi dengan audio mp3 murottal. Lengkap ya? Terdapat juga fitur pemberitahuan Imsak lho, Manteman. Berguna banget nih buat yang sedang berpuasa, siapa tahu kan pas lagi sahur malah gak tahu kalo udah imsak. Ehe

***

Itu dia beberapa aplikasi bermanfaat yang kugunakan saat ini di ponsel pintarku. Ada yang sama? Atau ada yang tertarik mencoba aplikasi di atas dan ingin menambahkan daftar aplikasi lain selain aplikasi yang kusebutkan di atas? Silahkannn~

11 komentar:

  1. Karna kakak, akhirnya aku ketemu dengan aplikasi ipusnas🤤 padahal aplikasi ini, aplikasi yang aku cari-cari 💙 aplikasi ini sangat membantu untuk kuliah saya🙏🤤

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh ada Acil. Hahaha

      Alhamdulillah ya, seneng dengernya! Semangat kuliah, Cil:))

      Hapus
  2. kalau cowok sih, game all in handphone nya. heheh

    BalasHapus
  3. ih kok udah pada punya aplikasi ipusnas sih yaa

    BalasHapus
  4. Delapan aplikasi yang sama sekali belum pernah saya coba. Tapi saya penasaran banget dengan point pertama. mau mencoba ah.

    BalasHapus
  5. The only I have is Pinterest =D

    BalasHapus
  6. Baru dengar ada aplikasi Appblock. Menarik juga.

    BalasHapus
  7. Saya selama ini nyatat periode haid cuma di note bawaan hp. Kenapa nggak di aplikasi ya? Makasih sharinya. Abis ini download ah. :D

    BalasHapus
  8. Yes, aku juga suka sama IPusnas :) btw ku baru tahu itu google keep notes punya fungsi google to docs. Keren, mau cobain ah

    BalasHapus
  9. Sy tertarik aplikasi ipusnas, bs koleksi ebook gratis. Ke perpusnasnya sy sdh prnh & jd member, paling betah di ruang multimedia internetan hehe.. I follow your blog now & nice info. Thx

    BalasHapus