Terperangkap, Lagi


Tadi siang aku duduk di sebelah orang yang lagi pacaran, sambil menatap layar laptop dengan tatapan syahdu dan mendengarkan lagu Terlalu lama sendiri dari Kunto Aji. Perfect. Tadi rencananya mau tidur siang tapi tiba-tiba salah seorang teman yang bernama Selena datang kerumah bersama pasangannya untuk menanyakan sekaligus mengerjakan tugas English Morphology, berhubung karena mereka berdua sudah jauh-jauh datang kesini, rencana tidur siang pun kubatalkan. Sesungguhnya ini bukanlah pertama kalinya aku terjebak dalam situasi yang menyiksa batin, disaat kedua pasangan di sebelahku bercanda, mengajak mengobrol, dan lain sebagainya, aku hanya bisa memandang mereka dengan tampang polos, lebih tepatnya tampang blo'on, benar-benar nggak ngerti apa-apa. Sudah terlalu asik dengan duniaku sendiri, lama tak ada yang menemani, raasanyaaa... Huek!

Sumber gambar
Berada dalam situasi yang kurang meng-enak-an ini membuatku ingin melarikan diri ke Planet Mars, setidaknya jarak dari Bumi ke planet Mars lebih dekat daripada jarak antara aku dan kamu, walaupun aku sendiri belum pernah mengukurnya, tapi sepertinya lebih gampang mengukur jarak dari Bumi ke Mars daripada mengukur kedalaman cinta kamu ke aku. Halah, apasih ini! Astagfirullah. 

Dari sekian banyak pengalaman dalam hal menjadi obat nyamuk-nya orang pacaran, aku sering sekali melakukan beberapa aktivitas untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan terjadi kepadaku maupun kepada orang yang sedang berpacaran di sekitarku. Aktivitas-aktivitas tersebut bisa sedikit mengurangi rasa bosan, tidak nyaman, rasa sepi dan rasa ingin bunuh diri, eh. Dibawah ini merupakan hal-hal yang bisa diterapkan oleh para jomblo di luar sana agar memiliki jiwa yang kuat dan hati yang tegar, Aamiin. 

1. Aktif di Sosial Media

Di jaman yang serba canggih ini, hampir setiap orang sudah pasti memiliki gadget dan akses ke sosial media sehinga sangat disayangkan apabila tidak dimanfaatkan dengan baik oleh para penganut jomblonisme, apalagi yang sedang terperangkap dalam suasana seperti yang sedang aku alami. Ada banyak hal yang dapat dilakukan disosial media untuk menghilangkan kebosanan, misalnya seperti: menstalking mantan ataupun gebetan, menstalking mantannya mantan, atau gebetannya gebetan atau gebetannya mantan atau mantan dari gebetan. Pasti seru! Asal jangan sampe nggak sengaja ngasih love ke fotonya mantan di Instagram ya, nanti beban hidupmu makin bertambah, mblo...

2. Telfonan Sama Siapa aja

Mengobrol dengan seseorang lewat telepon bisa mengisi waktu luang dan mengilangkan rasa sepi. Setidaknya hal tersebut lebih baik daripada mendengarkan pasangan yang sedang berpacaran membicarakan topik yang sulit dipahami oleh kaum jomblo. Nah, biasanya kalau mendapat pulsa ataupun telpon gratis dari operator, hal yang satu ini sudah pasti akan 'ku lakukan. Huahaha.

Beberapa bulan lalu sewaktu masih berada di semester dua, aku pernah menemani salah seorang temanku untuk bertemu dengan pacarnya, sayangnya ketika sepasang mahluk itu sudah bertemu, mereka seakan menganggap dunia hanya milik berdua dan manusia yang berada disekeliling hanyalah patung-patung tidak bernyawa. Apalah dayaku yang hanya dianggap patung.  Disaat-saat seperti itu aku bisa memahami kondisi psikologis mereka berdua, sambil  berharap agar mereka juga dapat memahami kondisi psikologisku, tersiksa. Aku akhirnya mencoba menyibukkan diri dengan handphone, kebetulan saat itu ada satu nomor kontak tanpa nama, karena penasaran aku pun menghubungi nomor tersebut,  nomornya aktif.  

 "Hallo, Assalamualaikum" Terdengar suara perempuan yang tidak asing di telingaku
"Wa'aikumsalam, ini siapa ya?"  Pertanyaan itu keluar begitu saja, padahal aku yang menelpon, duh.
"Hahah, ini Hadijah, Nov"  Jawabnya sambil tertawa
"Hah, Hadijah? hati-hati di jalan?" Ini nanyanya spontan banget
"Hahah, aku yang pernah ngobrol sama kamu di gedung rektorat"
"Oooh, yang mana? yang dari jurusan Geografi atau?"
"Iya, Jurusan Geografi. Hehe"
"Oh hahah. Maaf  ya ganggu, aku tadi cuma mau nanya nama kamu aja, soalnya nomer kamu dikontakku ga ada namanya"
"Iya hahah, nggak apa-apa"
"Hahah, yaudah, makasih ya"
"Iya, sama-sama"
"Bye"  *tut tut*

Waktu itu setelah matiin sambungan telponnya aku merasa biasa aja sih, tapi kalau sekarang aku justru merasa kayak orang bego bersalah dan geli karna nelpon si Hadijah cuma buat nanya nama doang. Hahah

3. Dengerin musik

Mendengarkan musik merupakan salah satu hal yang selalu aku lakukan hampir setiap saat dan itu benar-benar ampuh untuk menghilangkan kebosanan. Biasanya, saat menjadi obat nyamuk diantara orang yang berpacaran, aku selalu mendengar lagu yang nge-beat untuk menetralisasi perasaan agar terlihat steril.(?) Usahakan untuk tidak mendengarkan lagu galau nan melow, apalagi lagu yang mengingatkan tentang mantan karena jenis lagu tersebut hanya akan membuat penderitaan diri semakin terasa.

4. Menyanyi

Kalau para pasangan di sebelah sedang menghibur satu sama lain, dan kita enggak punya orang yang bisa dihibur maupun menghibur, maka hiburlah diri sendiri dengan cara bernyanyi      Cobalah untuk menyanyikan lagu Jangan Berjudi dari Rhoma Irama,  kata 'berjudi'-nya di ganti jadi pacaran, biar bisa jadi pusat perhatian, jomblo kan butuh perhatian. Uhuk

Sudah kubilang janganlah berjudi pacaran
Akhirnya nanti kau susah sendiri
Itu urusan jangan kau campuri
Pokoknya uang belanjanmu rapi
Ooh jadi kau tidak mau dilarang yah
bukan... bukan bukan... habis apa

Berkat tetangga yang sering menyetel lagu dangdut setiap pagi, aku akhirnya tahu tentang lagu jangan berjudi dari Rhoma Irama, Terima kasih. 

5. Makan 

Makan selalu membuat mood berubah menjadi lebih baik, keberadaan makanan dapat membuat kita merasa tenang dan kenyang, terkecuali makan hati. Jadi jangan lupa siapkan makanan saat kamu diajak oleh temanmu untuk bertemu dengan pacarnya, makanan akan membantu meredam rasa gelisah dan membuat kita tidak terlihat seperti orang yang tidak berdaya. Berkonsentrasilah saat mengunyah makanan supaya nggak kelihatan kaku didepan orang pacaran! Semangat.

6. Tidur 

Tidur merupakan salah satu cara paling mudah untuk melarikan diri dari kenyataan hidup dalam waktu sementara, jadi kalau nggak kuat berada diantara mahluk yang sedang menjalin cinta, cobalah untuk tidur, sebab tidur bisa membuat kita terhindar dari kenyataan pahit dalam hidup, setidaknya untuk sementara waktu tapi kalau memang mau tidur selamanya silahkan makan apel yang udah dicampur sianida, pasti langsung ketiduran. Tapi masa iya mau tidur selamanya? perjalanan hidup seorang jomblo itu masih panjang, jangan nyerah.

7. Ikutan ngobrol sama mereka

Yang ini hanya bisa dilakukan kalau dua pasangan kekasih disebelah bisa mengakui keberadaan orang yang sedang menemani mereka. Kalau mereka berdua asyik mengobrol dan sesekali mengajak orang lain untuk bergabung, maka nggak ada salahnya untuk ikut nimbrung, asal jangan membahas ataupun menanyakan hal yang tidak masuk akal ke pacarnya temen, misalnya "Kamu mau nggak jadiin aku pacar kedua?" ini mah parah banget. Jangan gitu wey!

8. Pergi dan Larilah sejauh mungkin

Jujurlah kepada mereka yang sedang berpacaran bahwa kamu merasa nggak nyaman berada disana, setelah itu pergi dan larilah sejauh mungkin, kalo males lari-larian, silahkan minta ke pacarnya temen buat nganterin pulang sampe rumah, gampang kan? Eh, becanda. Bhaks.

****

Semua poin diatas ditulis berdasarkan pengalamanku. Bukan bermaksud menyebar aib sendiri tapi hanya ingin berbagi cerita sekaligus tips aja sih, huhuhaha. Nggak kelihatan ngenes banget kan?!

Entah kenapa akhir-akhir ini aku jadi kurang fokus. Ada banyak ide di kepala, tapi tiap kali mau nulis malah  nggak bisa mengembangkan ide yang sudah ada, mungkin otak emang lagi perlu refresh. Ck.

28 komentar:

  1. Hmm.. Muka herp diantara mereka..

    Lebih suka poin delapan. Lari, kemana aja lah. Pasti ujung2nya ketemu yg pacaran lg..

    Eh, jomblo yah? Bisa kali..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muka herp pas untuk dijadiin ilustrasi soalnya hehe

      Lari ke ujung dunia pun pasti bakal ketemu sama orang pacaran juga yak?! wkwk

      Bisa apa? *muka polos* :v

      Hapus
  2. Hadijah? Hati2 djalan, hahahahh.
    Poin yg tdur sya agk susah mmpraktekkan nya, gmana klo kt dsituasi sperti itu trus jaln2 lama2 jtuh dn tdur, hahahh. Mngkin ini revolusi dri pura2 mati.

    Sya jga g bsa byangin klo naik mtor ke suatu tmpat trus smpe kt dhadapkn pda stuasi sperti itu lalu lari sjauh mngkin, prtanyaan nya motrnya mau dbawa kemana?hahahh.

    overall, tulisan kmu imajinatif skali nov, hahahh, lucu. Ngakak gw klo byangin kek gtu. Mkanya cri psngan dong. Jmblo itu bukan untuk dhindari, tapi dilawan. Kcuali kmu mnikmati.

    Bnyak ide ya, tpi sring blank ya nov? Klo dkalangan.pnulis itu biasanya dnamakan white paper syndrom, wajar sih. Sran sya coba kmu bkin mind map tntang ide2 kmu, trus susun deh scara runut dngan mmbuat outlinenya. Klo blum jlas, sana cek google.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalo gitu prakteknya jangan pas lagi dijalan. Hahaha Bawa kerumah mantan aja.

      Wah, Alhamdulillah, makasih. Mending nikmati aja masa jomblonya wkwk

      Oh gitu ya, thank you ya infonya *langsung search di google* :D

      Hapus
  3. Bhahahaa aku paling nggak bisa kalo ada di situasi kayak gitu, Nov. Kadang mereka malah makin bertingkah sok mesra kalo diliatin. Jahat ya :'D
    Cara satu-satunya mungkin pura-pura mati aja, Nov. Hahahaa

    Itu obrolan ditelfonnya absurd banget. Cuma nanya nama. Wkwkw
    Poin ke 7 nya. Yawloh, boleh dicoba deh kayaknya/ =D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah iya, aku juga, awkward banget soalnya.

      Hmm leh uga, nanti mau pura-pura mati kalo ada kesempatan :3

      Silahkan, lan xD

      Hapus
  4. Hahahahaha. Aku pernah tuh, stalking Instagram-nya mantannya mantan. Iseng aja sih. Eh malah ke-love. Mana aku nggak follow dia. Huhuhuhuhu.

    Itu nggak enak banget ya, Nov. Apalagi kalau mereka rese, sok-sok mesra. Huhu. Aku juga pernah punya pengalaman jadi 'orang ketiga' di antara temenku dan pacarnya. Maksudnya, ikut duduk bareng mereka gitu. Kalau gitu biasanya aku dengerin lagu, atau malah tidur. Persetan mereka ngomong apa aja dan ngapain. Itu yang belum akrab. Kalau yang udah akrab sama pacarnya, aku biasanya ngatain temenku itu di depan pacarnya. Trus jadinya si pacarnya juga ikut ngatain. Hahahahaha.

    Sini aku ajak jalan-jalan, Nov. Buat refresh otak kamu~ Hohoho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah terus abis itu gimana, Cha? wkwk aku gak pernah, Cha. Pernah coba stalking tapi akunnya di gembok.Huahaha

      Iya, sok-sok mesra itu ngeselin. Hahah.
      Aku juga gitu, Cha. Mendingan dengerin musik atau tidur, dll xD

      Hayuuukk hohoh~

      Hapus
  5. ciee yang jombloo ekekekekeke :P
    itu tips biar ngga kesepian yaa kak? ahahaa
    bukannya kakak pacaran samaaa wi** yang dibilang deges yak? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ish ish, aku gak tau, Ka. Gak jelas, huaaah. Itu orang bisanya bikin sakit hati ka, hiks T_T

      Hapus
  6. kamu pasti pengalaman banget jadi obat nyamuk :p
    piissss :D

    dicari atuh, jangan terlalu lama sendiri heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tau aja hahahah.

      Kapan-kapan aja nyarinya huekekekek :v

      Hapus
  7. point nomor satu itu paling mantep dan true story. karena kurangnya rasa kasih sayang dari lawan jenis, membangun sebuah status di media social adalah hal yang penting.

    BalasHapus
  8. Nelpon sama diapa aja...ihikkkk yaa alloh nov, aku berasa jahat...tp postingan ini bikin ketawa gimana dong #sungkem
    Palingbmales bertigaan sama orsng pacaran memang..,mendingan tinggal kabur ketimbsng berubah jadi kacang #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan ketawa aja, mbak. Gapapa kok. Heheh
      Iya, mending kabur daripada dikacangin :v

      Hapus
  9. "Kamu mau nggak jadiin aku pacar kedua?"

    Yang ini asik nih, boleh dicoba. Eh. Hahahahahahha

    BalasHapus
  10. Kasihan amat temennya. Ditelepon cuma buat ditanyain nama. :(

    SMS aja apa. Eh, itu sama aja, yek? WQWQ.

    Bawa novel, Nov. Dijamin lebih asyik. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah kalo di sms juga sama aja. Sambil baca novel juga mantap tuh :D

      Hapus
  11. wekekkek br denger gw yang jarak bumi dan mars lebih bisa ke ukur dari pada kedalaman cinta....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja kan?
      Yah, namanya juga hiperbola wkwk :3

      Hapus
  12. wekekkek br denger gw yang jarak bumi dan mars lebih bisa ke ukur dari pada kedalaman cinta....

    BalasHapus
  13. jujur gue mungkin paling sering jadi obat nyamuk dalam situasi kayak gini, mulai dari teman kampus sampe teman kost kalau mau ngedate pasti ngajakin gue katanya biar gak grogi. dan apesnya gue mau-mau aja yang penting di traktir dan gak duduk satu meja dengan mereka berdua. hehehe kejam...

    dari engamatan gue yang sudah ahli jadi obat nyamuk di tengah mereka,kesimpulan yang gue dapat adalah.. rasanya gak enak banget, sakit banget, ngenes banget. kadang gue kepikiran ini gue makan yang nyuapin siapa?

    oke kalau dalam keadaan gini, biasanya abismakan gue jalan-jalan main di timezone sendirian aja. setuju ama poin kedelapan yaitu pergi sejauh mungkin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih berarti udah berpengalaman banget juga dong. Kadang aku juga di traktir sih, mayanlah makan gratis:3

      Hahahaha emang ngenes banget, nyuapin diri sendiri aja :v

      Yep, poin terakhir emang paling mantap dari semuanya hahah

      Hapus
  14. Nomor 1 dan 2 itu aku banget waktu lagi barusan patah hati hahaha
    Telfon siapa aja

    ya siapa aja, yang ada di kontak aku telfonin

    Jomblo, adalah kenikmatan kebebasan tauk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu lagi patah hati, aku kalo patah hati malah lebih banyak makan wkwk :'v

      Bener, telpon siapa aja. Yang penting happy

      Setuju. Hidup jombloooo \:D/

      Hapus