Berkunjung ke Foris Cengkeh Afo


Selalu ada hal mengejutkan yang kudapat selama beberapa tahun ngeblog, salah satunya ialah mendapati email dari orang-orang yang pernah membaca tulisanku di internet, entah tulisan dari blog pribadiku atau tulisanku di website yang lain, aku ingat sekitar setahun yang lalu pernah dikirimi email oleh seorang yang baru saja berwisata ke kota Ternate, di emailnya beliau mengatakan telah berkunjung ke semua destinasi wisata yang pernah kutulis di blog dan IdnTimes, beliau juga sempat menanyakan perihal alamat souvenir shop yang ada di daerah tempat tinggalku. Saat membaca email tersebut, ada rasa kurang percaya sih, sebab aku sendiri bahkan sudah lupa kalau pernah menulis artikel itu, hehe. Setelah membaca email dari beliau, aku langsung membalas emailnya dan memberitahukan tentang tempat souvenir shop yang kuketahui. Sebenarnya saat itu tidak banyak tempat yang kutahu sih, hanya dua tempat saja, itu pun berkat bertanya di grup Whatasapp. Mohon maklum ya manteman, aku anak rumahan. Untung saja, saat ini Pariwisata di Kota Ternate sudah semakin berkembang sehingga tempat-tempat yang menyediakan souvenir khas Ternate pun mulai banyak bermunculan, salah satunya yaitu Foris yang berlokasi di Taman Cengkeh Afo, Tangole.

Souvenir Khas Ternate yang tersedia di cengkeh Afo

Tepat pada Sabtu, 10 November 2018 kemarin, aku, Gina dan KaK Dwi diajak oleh Kak Arif untuk menghadiri launching TernateAzik sekaligus Foris IKM yang berada di Tangole. Fyi, TernateAzik adalah singkatan dari Akselerasi Zona Industri Kecil Menengah Kepariwisataan, yaitu sebuah program yang mengintegrasikan industri kecil menengah dengan destinasi wisata yang ada di kota Ternate. Keberadaan Foris sendiri merupakan salah satu wujud dari program tersebut, di Foris nanti teman-teman akan menemukan banyak properti dan barang-barang kerajinan serta makanan khas Ternate. Selain itu, lokasinya yang berada di Taman Cengkeh Afo tentu akan sangat memudahkan wisatawan untuk dapat langsung membeli dan membawa pulang oleh-oleh yang ada sesusai menyusuri taman.

Aku dan kedua temanku yang saat itu menghadiri acara benar-benar penasaran dengan bentuk dan jenis kerajinan yang ada di dalam Foris, akhirnya sembari menunggu acara peresmiannya, kami bertiga mondar-mandir ke sana kemari, cari makan, foto-foto dan mengobrol tentang cuaca, saking sibuknya dengan aktivitas kurang jelas tersebut, kami bertiga pun melewatkan banyak hal, termasuk menyaksikan detik-detik potong pita di Foris. Ehehehe, kami bertiga malah langsung masuk ke dalam Foris setelahnya, maapkan. Nah, seperti yang kukatakan tadi, ada banyak makanan dan cemilan khas Ternate yang tersedia di Foris; ada Snack Pala, Roti Kenari, Makron Sagu Kenari, Bagea Kenari, Kopi Rempah, dll. Rasanya kuingin cobain semuanya, kemudian nulis review cemilan tersebut di blog. Huhu~

Tempat oleh-oleh dan souvenir khas Ternate

Souvenir dan makanan khas Ternate di Cengkeh afo

Kopi Guraka di Foris Ternate

Berkunjung ke Foris Cengkeh Afo

Berkunjung ke Foris Cengkeh Afo

Btw, berhubung karna aku tergabung di grup Whatsapp TernateAzik dan sempat menyimak obrolan di dalamnya, aku baru tahu kalau ternyata TernateAzik juga telah merilis aplikasi yang nanti dapat digunakan untuk mencari tahu informasi mengenai cendramata, souvenir dan tempat wisata yang ada di Ternate. Keren ya! Kalau begini kan aku tidak perlu bingung lagi saat ditanyai perihal souvenir shop di daerahku, tinggal cek aja aplikasinya, beres. Semoga kedepannya makin banyak inovasi seperti ini biar makin kerennn.

Aplikasi untuk mengecek souvenir dan tempat wisata di Ternate

Oh ya, hampir lupa, tentang aku dan kedua temanku tadi, setelah melihat-lihat semua kerajinan yang ada di dalam Foris, kami bertiga sempat mampir ke bagian depan Foris, di sana ada banyak cemilan yang dipajang di sebuah meja, kupikir cemilan tersebut untuk dijual, jadi aku hanya sempat memotret semuanya dulu sebelum melanjutkan langkah kaki ke taman cengkeh afo, tapi ternyata setelah kami kembali, semua cemilan yang kulihat tadi sudah ludes, rupanya itu cemilan gratis untuk tamu. Hm~


Image Source :
Dokumentasi Pribadi

9 komentar:

  1. ternate, kota surga indonesia yang tersembunyi, belum tersentuh sama sekali dengan tangan tangan jahil ya dek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya, Kak.

      Pankapan berkunjung ke Ternate yuk, Kak :D

      Hapus
  2. It was so good, Keren banget vi, sayangnya kamu gadapat cemilan gratis itu.. hehehe 😊😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini pasti Joedeen. Ehe~

      Thank you, Deen! Dan yaaaaa, sedih aku tuh gak sempet bawa pulang cemilan gratis hahahah

      Hapus
  3. sebagai orang indonesia, saya merasa pengen keliking nusantara aja gitu. salah satunya ke ternate, nov. hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, bener, Dian. Aku juga pengen keliling nusantara.

      Kuylah lanjalan ke sini. ehehe

      Hapus
  4. snack pala itu pala uler ya? iiih serem

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah bukan, Bang. Itu maksudnya cemilan yang terbuat dari Pala (rempah-rempah).

      Hapus
  5. Nanti klo maen2 k Ternate. Ajakin jalan2 yaak :)

    BalasHapus