Perihal Orang-Orang Yang Ditemui


Kalau ditanya tentang apa saja hal misterius yang ada dalam hidup setiap orang, aku rasa Pertemuan dan Perpisahan adalah dua hal yang termasuk di dalamnya.  Di suatu waktu, kita mungkin tidak pernah menduga dengan siapa kita akan bertemu, siapa yang akan tetap tinggal dan siapa yang hanya singgah sebentar di hidup kita. Lalu, di suatu waktu pula, kita juga tidak akan bisa menebak dengan siapa, seperti apa dan di mana perpisahan yang akan kita hadapi di kemudian hari. Benar kan?

Barangkali saat ini ada beberapa di antara kita yang baru saja berpisah dengan seorang yang sempat membuat jatuh cinta pun terluka, tapi siapa sangka, beberapa bulan, hari atau bahkan beberapa jam ke depan kita akan dipertemukan dengan seseorang yang dapat menyembuhkan luka tersebut. Who knows? Bukankah pertemuan adalah sesuatu yang tak terduga? Meski begitu, aku percaya bahwa segala sesuatu tidak terjadi begitu saja     bahwa selalu ada hikmah dan alasan dibalik setiap pertemuan maupun perpisahan.

Kedua hal tersebut tentu merupakan  rahasia yang telah diatur dan dijadwalkan dengan rapi oleh Tuhan. Kita sebagai manusia mungkin  bisa menyiasati pertemuan tapi Tuhan lebih tahu waktu yang tepat untuk mempertemukan. Lalu, sejauh ini, sudah berapa banyak orang yang kita temui? Siapa yang akan kita temui setelah ini? Berikut adalah berbagai jenis orang yang [mungkin] pernah dan [mungkin juga] akan kita temui di waktu yang akan datang.

ORANG YANG MEMBERI BANYAK MANFAAT BAGI HIDUP KITA

Tanpa disadari atau pun disadari, terkadang kehadiran seseorang dapat mengubah kehidupan kita. Mungkin orang tersebut adalah teman masa sekolah yang entah di mana keberadaannya sekarang. Atau seorang kenalan lama yang kabarnya tak kunjung singgah di telinga. Bahkan bisa juga teman yang hanya pernah bertemu dengan kita di dunia maya. Siapapun itu, mereka bisa memberi manfaat besar pada hidup kita.

Entah memberi bantuan, menolong saat kesulitan, memberi pelajaran berharga tentang kehidupan, membagi pengetahuan baru, menawarkan peluang untuk menggapai mimpi di masa depan atau bahkan menjalin hubungan hingga ke pelaminan.

Orang-orang yang dimaksud ini barangkali telah ada di sekitar kita, hanya saja belum tahu siapa. Atau bisa saja, orang-orang itu kini tengah berjalan menuju ke hidup kita. Yang penting, kita bisa selalu membuka diri agar kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang tersebut dapat menghampiri~

ORANG YANG SEMPAT MEMBUAT JATUH  HATI  KEMUDIAN TERLUKA

Ada yang pernah bilang kalau kita berani jatuh cinta, berarti kita harus berani patah hati juga. Seringkali rasa cinta yang terlalu dalam pada seseorang membuat kita tersakiti sangat dalam pula. Kadangkala kita bisa berubah menjadi lemah di depan orang tersebut. Saat dia menyakiti, mungkin kita akan membelanya dengan berbagai pembenaran. Membiarkan hati dihantam berulang kali hingga babak belur dan mengatakan “I will love you like I’ve never been hurt” pada orang yang dicintanya. 

Aku teringat akan sebuah kutipan dalam Novel Garis waktu karya Fiersa Besari : “Pada sebuah garis waktu yang merangkak maju, akan ada saatnya kau bertemu dengan satu orang yang mengubah hidupmu untuk selamanya. Kemudian, satu orang tersebut akan menjadi bagian terbesar dalam agendamu. Dan hatimu takkan memberikan pilihan apapun kecuali jatuh cinta, biarpun logika terus berkata bahwa resiko dari jatuh cinta adalah terjerembab di dasar nestapa.”

Namun seperti yang kukatakan di awal tulisan ini, bahwa segala sesuatu tidak terjadi begitu saja, sebab selalu ada alasan dan pelajaran yang terselip dibaliknya. Jatuh cinta dan patah hati akan membuat kita [belajar] menjadi lebih dewasa. Iya gak sih?

ORANG YANG MENINGGALKAN BANYAK KESAN MESKI HANYA BERTEMU SEBENTAR

Pertemuan kadang berlangsung begitu cepat. Entah saat bertemu di suatu acara, saat berpapasan di sebuah toko buku, tempat wisata dan di mana pun itu. Mereka yang ditemui dalam jangka waktu singkat, terkadang meninggalkan kesan yang berkepanjangan, sebab kuantitas memang tak selalu menentukan kualitas. Misalnya saja seseorang yang pernah berkenalan denganku di suatu acara seminar. Aku masih ingat, namanya Kak Ida. Saat itu beliau merupakan seorang Mahasiswi dan aku sendiri adalah seorang siswi SMK. Sepanjang diskusi,  Kak Ida tak segan untuk membagi pengetahuan dan pengalamannya. Yang membuatku kagum adalah senyumnya yang selalu awet di wajah dan cara berbicaranya yang tidak terkesan menggurui, meremehkan atau semacamnya. Kak Ida mengobrol denganku seakan kami adalah teman, sehingga aku sempat berpikir “Seandainya semua orang asing yang ingin kuajak berbicang bisa seramah ini, rasanya aku tidak perlu ragu untuk memulai pembicaraan dengan orang baru. wkwk”.        Siapapun pasti akan senang bila berkenalan dengan seorang yang dapat menebar aura postif ke diri mereka bukan? Oleh karena itulah, aku ingin bertemu dengan orang yang seperti ini lagi di kemudian hari.~

ORANG YANG SANGAT DEKAT DAN SELALU ADA JUGA BISA PERGI BEGITU SAJA

Ada pepatah yang mengatakan bahwa selalu ada perpisahan setelah pertemuan, walau hal tersebut kadang tak disukai tapi tetap saja akan terjadi. Nothing last forever. Beberapa di antara kita pasti pernah memiliki teman yang dulunya akrab, teman sebangku, sahabat erat di sekolah, lalu setelah lulus, keakraban tersebut pun memudar dengan sendirinya. Kita mulai kesulitan untuk menemui teman tersebut. Kesibukan yang ada membuat jarak kian melebar. Akhirnya mereka yang dianggap selalu ada pun menghilang, atau jangan-jangan kita yang pergi dan tak lagi meluangkan waktu untuk sekadar menyapa? Entahlah. Contoh lain adalah tentang dia yang pernah mengisi relung hati. Dulunya pacar, eh sekarang sudah jadi mantan. Yang dulu selalu berada di samping, eh sekarang malah jadi yang paling jauh. Menjadi asing dan terlupakan. People come and go~

ORANG YANG ENTAH SIAPA, MUNGKIN BERHARAP BERTEMU DENGAN KITA

Masih ada banyak sekali orang yang belum kita temui dan berharap untuk bertemu dengan kita. Barangkali mereka adalah orang yang sudah lama mengenal kita di dunia maya. Barangkali mereka adalah orang yang rajin membaca tulisan dan memandang hasil jepreten kita di internet.  Who knows?  Sebab faktanya aku adalah salah satu orang yang berharap dapat bertemu dengan beberapa orang yang hanya kukenali di dunia maya. Berharap bertemu dengan mereka yang sering mengobrol denganku di jejaring sosial. Berharap bertemu dengan beberapa blogger yang sering aku kunjungi blognya. Mungkin kamu salah satunya.

Sampai pada paragraf ini, sebuah pertanyaan tetiba hinggap di kepalaku. Adakah orang di luar sana yang juga berharap bertemu denganku? Ehem. Kalau ada, semoga Tuhan memberi kita kesempatan untuk bertemu dan mengobrol ya.~ 


***
Gambar asli : Pinterest

37 comments:

  1. Bener tuh, kadang orang yg hadir bisa sangat bermanfaat. Tapi kadang2 juga kabur gitu aja. Slam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. Kadang dateng tiba-tiba dan pergi seketika. Salam kenal juga:))

      Delete
    2. datang tanpa pesan dan perginya pun tanpa memberi kabar. Salam kenal juga.

      Delete
  2. Semoga saja yah kakak bisa dipertemukan, hihi

    ReplyDelete
  3. Engga ah
    Kejauhan
    Kecuali kalo diongosin engga apa2 deh

    ReplyDelete
  4. Pingin jadi orang tipe nomer 1, ntar klo uda ga ada byk yang nyariin terus byk yang memberi kesan positip #tu kan mellow deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheu, aku juga pengen jadi tipe nomer 1, Mbak Nit. \:D/

      Delete
  5. Tapi memang semua itu benar, kalau kita mau menyadari semua itu sudah ada yang ngatur.

    kita semua cuma sebagai peran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semuanya memang sudah ada yang mengatur ya:))

      Delete
  6. Kayaknya semua udah pernah ditemu, sih. gatau deh kalo masih ada lagi yg memiliki motif yg sama. ketika main ke jakarta, saya ikutan kopdar, di sana ternyata ada yg bilang mau bertemu dgn saya, ngeselinnya sama kagak ama yg di blog katanya. Ya saya juga pernah memiliki harapan kayak gitu juga sih. dan skrg pun masih jadi org yg berharap ketemu. xD

    yg bikin luka, yg menciptakan kenangan walo ketemu sesaat juga udah. tapi yg paling jd kepikiran, siapa yg udah ditemui dan memberikan banyak manfaat. karena org ini paling ingin saya temui lagi karena beberapa hari terakhir selalu ngerasa sendiri.

    ReplyDelete
  7. Sering dan masih keinget sama orang yang nggak sengaja ketemu di suatu acara gitu yang baik dan asyiknya kebangetan. Ketika gue lagi sendirian, eh dia ngajak gabung aja. Terus dikenalin juga ke temen-temennya. Semoga orang itu selalu sehat. :D

    Baca tulisan ini entah kenapa jadi inget film Hello Stranger, gimana orang asing liburan bareng tanpa saling tahu nama, eh mereka bisa saling jatuh cinta. :3

    Mau ketemu juga sama beberapa blogger yang sering main ke blog ataupun yang blognya kubaca. Semoga aja suatu hari kesampaian satu per satu. :3

    ReplyDelete
  8. Teruslah berbuat baik maka hal baik akan datang kepadamu, kalau kamu tidak bertemu orang baik mungkin orang baiklah yang akan menemukanmu.
    itu kutipan qoute dari salah satu film sih. Intinya setiap orang yang ditemui pastilah punya kenangan. Jangankan orang yang berpasan sebentar, orang-orang di dunia maya juga bisa saja masih teringat-ingat. Ada loh.

    ReplyDelete
  9. Rasa cinta yang terlalu dalam, berarti harus siap masuk ke jurang nestapa hati yang lebih dalam lagi. Sakit-sakit setelah dia pergi. Badan terasa remuk, logika tidak berfungsi lagi.

    ReplyDelete
  10. Iya, semua orang datang dan pergi sesuka hati. Atau emang Tuhan yang Udah takdirin? 😁

    Kalo aku sih maunya jadi orang yang bermanfaat dan memancarkan energi positif ke orang lain ehehe.. kayak kakak Ida 😁

    Aku juga pengen deh ketemu sama blogger yang tulisannya sering aku kunjungi dan mengunjungi blogku. 😁😁

    ReplyDelete
  11. ORANG YANG MENINGGALKAN BANYAK KESAN MESKI HANYA BERTEMU SEBENTAR

    ----------------
    iya ini yang aku sering penasaran biasanya pas ada acara seminar di SD mana gitu
    kadang pingin sowan, terutama klo pas ketemu rekan laki2, berbagi pengalaman
    tapi apa daya waktu tak ada dan hanya bisa ketemu pas dikirim sekolah

    ReplyDelete
  12. Iya juga sih, terkadang teman dekat sekalipun bisa pergi, sama dengan pepatah diatas, setelah ada pertemuan selalu ada perpisahan.

    Tapi aku percaya setiap bertemu, berteman dengan siapapun tetap ada pelajaran yang bisa kita ambil, termasuk orang itu buruk dimata kita. Jangankan pertemuan secara langsung, terkadang lihat orang di dunia maya yang bisa membuat kita terinspirasi juga selalu teringat.

    Pengen deh, bisa bertemu sama blogger yang satu ini..hehe

    ReplyDelete
  13. Setelah membaca hal diatas dan semua para komentar disini dan ku perhatikan blognya satu persatu hmmm tnyata orang yang sangat luar biasa semua. Good tetap semangat untuk menulis karya" selanjutnya q tunggu.. :D seneng bacanya

    ReplyDelete
  14. semoga saya termasuk orang-orang yang memberi banyak manfaat bagi orang sekitar aamiin

    ReplyDelete
  15. I love your blog ! Great post dear ♥
    If you want check out my blog . I write about fashion,beauty and lifestyle. Maybe we can follow each other and be great blogger friends !

    http://herecomesajla.blogspot.ba/

    ReplyDelete
  16. Setiap pertemuan pasti ada perpisahan, jadi dengan itu pengen selalu memberi manfaat banyak ke orang lain jika berjumpa dengan saya.

    Tapi realita lebih kejam, kebanyakan mereka jadi kesel kalo ketemu saya :"D

    ReplyDelete
  17. Saya sangat apresiasi atas pendapatnya, Nice Pipel, semoga bisa bertemu di muara bumi pertiwi. Haha memungkinkankah?

    ReplyDelete
  18. hai mb nopi, kangen aku nga ? nga kangen ? ciee pasti pen ketemu sayakan ? kan ? jauh mb ntar saya hilang lagi. Sayakan masih kecil, cakep, gamteng dan imut ^_^ eh tapi pen bet dah maen-maen ke ternate kebetulan saya udah punya temen orang tidore *KAGAK ADA YANG NANYA* duh jadi pen ke pulau maitara kali aja disana banyak duit seribuannya

    ReplyDelete
  19. Biasanya kalau yang seperti itu tuh, kalau mba sendiri susah tidur di malam hari itu biasanya ada yang kangen sama mba sendiri atau ingin banget bertemu sama mba hhe

    ReplyDelete
  20. Aku mbaaaaaaak
    Aku salah seorang yang ngacung paling tingiiiiiu
    Pengen ngobrol ramah hangat sama blogger pemilik blog ini
    💃💃💃

    ReplyDelete
  21. Yang sempat membuat jatuh cinta kemudian membbuat terluka *jleb

    ReplyDelete
  22. yang macam temen jaman sekolah / kuliah itu bener banget. dulu akrab banget, kemana-mana sering maen bareng. e taunya udah lulus dan punya kesibukan sendiri, susah banget buat ketemu lagi. jangankan ketemu, chit chat di grup angkatan aja kadang-kadang doang :(

    yah, berhubung baru pertama kali mampir kesini kaya e belum masuk ke list "orang/blogger yang pengen di temui" sama si Novi nih XD

    ReplyDelete
  23. Betul ne, ak jg sering ketemu dengan orang2 yang kayak gini.

    Bertemu sebentar, tapi banyak meninggakan kesan, Jadi pengen ketemu lagi dengan orang tersebut yang pernah di temui sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. :)

      Iya, selalu pengen ketemu orang yang kayak gitu. Hehe

      Delete
  24. karna sudah maklumnya setiap pertemuan ada perpisahan, bahkan yang sudah bertahun tahun sekalipun bisa juga meninggalkan, tetap husnudzon sama Allah mbak, Fighting! :)

    ReplyDelete
  25. Semoga kita bisa dipertemukan ya mbak. lho....

    ReplyDelete
  26. ORANG YANG MEMBERI BANYAK MANFAAT BAGI HIDUP KITA : orang tua, guru, ustad, sahabat.

    ORANG YANG SEMPAT MEMBUAT JATUH HATI KEMUDIAN TERLUKA : para pemberi harapan palsu, atau karna waktu itu kita yang terlalu baper wkwk

    ORANG YANG MENINGGALKAN BANYAK KESAN MESKI HANYA BERTEMU SEBENTAR : orang penting

    ORANG YANG SANGAT DEKAT DAN SELALU ADA JUGA BISA PERGI BEGITU SAJA : para mantan, teman

    ORANG YANG ENTAH SIAPA, MUNGKIN BERHARAP BERTEMU DENGAN KITA : jod-doh mungkin :D

    ReplyDelete