A Dream Is A Wish


Entah kenapa hari ini rasanya aku ingin sekali membahas tentang sebuah lagu yang sudah sejak lama menjadi lagu favorite-ku. Jangan membayangkan review lagu ini akan seperti pada umumnya. Aku sendiri belum paham bagaimana cara mereview lagu dengan baik dan benar, apalagi aku sendiri bukanlah seorang yang mengerti musik. Jadi, anggap saja ini review gaya bebas ala Noviyana.

Salah satu lagu yang ingin aku bahas di postingan ini adalah sebuah lagu dari soundtrack Cinderella yang berjudul “A Dream Is A Wish Your Heart Makes”. Aku yakin semua orang pasti sudah hafal betul bagaimana jalan cerita dari dongeng Cinderella, sehingga aku tidak perlu lagi menjelaskan secara panjang lebar tentang siapa si Cinderella itu.

A dream is a wish your heart makes adalah sebuah lagu yang diciptakan oleh tiga orang komposer bernama Mack David, Al Hoffman dan Jerry Livingston sebagai soundtrack dalam film Walt Disney Cinderella pada tahun 1950.  Melodi dari lagu ini dibuat berdasarkan musik classik Transcendental Etudes  No. 9 Ricordanza dari seorang komponis terkenal yaitu Franz Liszt. Lagu ini pertama kali dibawakan oleh penyanyi asal Amerika bernama Ilene Woods sebelum akhirnya dinyanyikan oleh Lily James pada tahun 2015 dan beberapa penyanyi lainnya di Youtube (Baca: Penyanyi Cover).  


A dream is a wish your heart makes adalah lagu yang bercerita tentang Mimpi dan Harapan. Di dalam film, lagu ini dinyanyikan oleh si Ella untuk menyemangati teman-teman hewannya agar tidak pernah berhenti bermimpi. Tentunya, makna dalam lagu tersebut tidak hanya berlaku untuk hewan-hewan dalam film Cinderella saja, namun juga  berlaku untuk semua orang.  Nah, coba lihat penggalan lirik berikut :

A dream is a wish your heart makes
Mimpi adalah harapan yang dibuat oleh hatimu
When you're fast asleep
Saat kau tertidur pulas
In dreams you will lose your heartache
Dalam mimpi kau akan kehilangan dukamu
Whatever you wish for you keep
Apapun harapan yang kau simpan

Menurut aku, potongan lirik di atas memiliki makna bahwa mimpi adalah sebuah harapan yang datangnya dari hati.  Jika diartikan secara denotatif,  maka kita semua akan sepakat bahwa mimpi adalah bunga tidur yang membuat orang sejenak lupa pada masalah maupun duka yang sedang dirasakan. Akan tetapi bila diartikan secara konotatif maka dapat bermakna sebagai sebuah harapan untuk meraih ‘sesuatu’ yang diangan-angankan di masa depan nanti.  Sekarang, coba lihat lirik selanjutnya di bawah ini:

Have faith in your dreams and someday
Percayalah pada mimpimu dan pada suatu waktu 
Your rainbow will come smiling through
Kebahagiaanmu akan datang 
No matter how your heart is grieving
Tidak peduli seberapa sakit hatimu
If you keep on believing
Jika kamu tetap percaya
The dream that you wish will come true
Mimpi yang kamu harapkan akan menjadi nyata

Pada penggalan lirik di atas bermakna bahwa ketika kita sudah memiliki mimpi, kita harus yakin bahwa suatu saat nanti mimpi itu akan menjadi kenyataan. Tidak peduli seberapa tinggi dan berapa banyak rintangan yang harus kita hadapi, mimpi tersebut pasti akan datang menghampiri bila kita mau berusaha dan percaya. Your rainbow will come smilling through.

A dream is a wish your heart makes
Mimpi adalah harapan yang dibuat hatimu
When you're feeling small
Ketika kamu merasa sedih
Alone in the night you whisper
Sendiri di malam hari dan berharap
Thinking no one can hear you at all
Berpikir tidak ada seorangpun yang mendengarmu
You wake with the morning sunlight
Kamu bangun dengan sinar mentari pagi
To find fortune that is smiling on you
Untuk menemukan keberuntunganmu

Lirik ini masih tetap memiliki makna yang sama seperti yang sudah aku tulis sebelumnya. Tapi jika ada yang memintaku untuk mengartikan setiap bait pada lirik tersebut, maka dengan senang hati akan aku lakukan.

Don't let your heart be filled with sorrow
Jangan biarkan hatimu bersedih
For all you know tomorrow
Untuk sesuatu yang kamu tahu di hari esok
The dream that you wish will come true
Mimpi yang kamu harapkan akan menjadi nyata

Ketiga bait lirik di atas memiliki makna bahwa kita tidak perlu bersedih hati terhadap apapun yang menggangu, terutama bersedih saat mendengar perkataan orang yang meremehkan mimpi kita. Jangan berkecil hati apabila mimpi kita ditertawakan, sebab apa yang akan terjadi pada mimpi kita di esok hari tidaklah bergantung pada perkataan orang tetapi pada tindakan kita sendiri. Kita yang bermimpi berarti kitalah yang lebih mengetahui bagaimana mimpi tersebut dapat terwujud. When you can dream then you can start. When you’ve started then you must finish it!

***
Nah, itu dia review dari salah satu lagu yang sering aku dengarkan. Btw, ada banyak versi dari lagu yang satu ini dan aku rasa melodi-nya yang sedikit mellow mampu membuat orang tertidur pulas, aku pun biasa mendengarkan lagu semacam ini untuk relaksasi otak. 



Video di atas adalah cover lagu A dream is a wish your heart makes yang dinyanyikan oleh seorang penyanyi Filipino. Ada juga versi yang dibawakan oleh Raisa dalam bahasa indonesia dengan judul ‘Mimpi Adalah Harapan’, yang tidak kalah bagusnya dengan versi asli. Silahkan cek saja di Youtube. Muehehe.

Akhir kata. Sekian dan Terima Kasih~

Sumber Referensi :
https://en.wikipedia.org/wiki/A_Dream_Is_a_Wish_Your_Heart_Makes
https://en.wikipedia.org/wiki/Ilene_Woods
http://www.metrolyrics.com/a-dream-is-a-wish-your-heart-makes-lyrics-disney.html

8 komentar:

  1. omg i love your blog. it's so simple, white and clean. Unlike mine, it's absolutely boring :( haha. I love everything simple.

    Talking about the song, I never heard it before. But I've seen Cinderella movie. But, idk if it's just me or... I think the last version of cinderela story is so weird.. lol.

    Ok so that is all from a galau blogger... lol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you. I love yours too, and your writtings <3

      Nope, it's not. Your blog is simple and not boring at all, it just need some widgets to make it looks cute. Hehe

      I've never seen the last version of Cinderella. I just watched the thriller on youtube, but I think I'm going to watch it to find out how weird is it. lol

      Nice to see your comments here, Galau blogger xD

      Hapus
  2. Review-nya bikin diri jadi cerah, Teh Nov.
    OH JADI ITU TOH SOUNDTRACK-NYA LAGU CINDERLELA. Mm... lagunya bikin mereneng sejenak, gitu.
    Btw di penggalan lirik pertama, kalo dipikir yang denotatif, itu kayak tips penghilang stres untukku, Teh. Bunga tidur adalah salah satu caraku untuk menghilangkan stres. -.-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah, Thank you, neng geulis:D
      IYA, ITU SOUNDTRACK-NYA CINDERELLA, ADA APA? Hahah, lagunya bikin mereneng dan ngantuk sejenak gitu yak? xD

      Hahah, bukan bunga tidurnya sih tapi lebih ke 'tidur'nya. Tidur itu salah satu cara simpe untuk melupakan masalah in a short time:))

      Hapus
  3. Wuaaaa! Aku jg suka banget lagu iniiii! Barutau trnyata ini lgu jadul jg ya? Hehe. Aku lebih suka yg versi Cinderella movie kmren sih, instrument musicnya keren :D Macem pake orchest gtu jd seru :D
    Aku tau lagu ini awalnya liat di breakout pas The finest tree nyanyiin lagu Disney versi Indo yg Lihat cahaya. Jdul albumnya we love Disney, bnyak lagu Disney yg diversiin ke bhs indo. Yg paling enak sih mnurutku yg Lihat cahaya versi finest tree, sama raisa mimpi adalah harapan. Abis dgrin versi mreka baru deh aku caritau lagu versi baratnya. Trnyata sama2 enak. Hehehe. Etapi aku ttep suka versi raisa sih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeayyy *tosss
      Hahah iya, Lu. Udah lama banget. Sebenernya aku juga lebih suka yang versi aslinya sih, karena kesan klasik dan orhestnya masih kental banget :D

      Wah aku belum denger The Finest tree nyanyi lagu itu. Nanti mau cek dulu ah, thank you infonya. hehe xD

      Hapus
  4. Baru ngeh sama lagu ini. Padahal aku pernah nonton filmnya berkali-kali. Huhuhu. Kayaknya aku lebih fokus ke cantik dan lugunya Cinderella kali ya. Sama fokus ke celana Kit yang ketat banget itu :((((

    Lagunya nggak usah ditanya bagusnya. Memenuhi standar soundtrack film begini. Review kamu ini juga bagus, Nov. Rasanya nggak ada review yang pake istilah denotatif, yang aku nggak tau apa itu artinya. Huhu. Pengetahuanku emang cetek. Btw, lagu dan film ini sama-sama memotivasi ya. Aku paling suka quote film ini yang, "Have a courage and be kind." Denger Ella ngomong gitu, sama merindingnya pas dengerin suara bagusnya penyanyi Filipina di atas :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah, aku kalo nonton selain fokus ke film, juga fokus ke soundtrack nya, Cha.

      Setuju! Alhamdulillah, makasih. Hehe, di awal paragraf aku udah bilang, ini review ala Noviyana. xD

      Hapus