5 Hobbies That Make You Smarter



Setiap orang yang ada di dunia ini tentunya terlahir dengan hobi yang bermacam-macam. Hobi itu sendiri merupakan suatu kegiatan yang disenangi dan sering dilakukan seseorang secara rutin. Setiap hobi memiliki manfaatnya masing-masing, hobi bisa menjadi penghilang stress bahkan menjadi sumber penghasilan, namun disamping itu juga ada beberapa hobi yang dapat meningkatkan kecerdasan otak seseorang dalam berbagai hal.  Berikut ini hobi-hobi yang berpotensi membuat seseorang menjadi cerdas beserta alasannya, check it out :

1. Hobi Membaca


Semua orang tentu sudah tahu bahwa membaca adalah sebuah aktivitas dan hobi menarik yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Membaca novel, koran, majalah, dan bahan bacaan lainnya mampu merangsang otak untuk berkembang secara baik. Saat membaca otak akan menyerap informasi-informasi baru sehingga pembaca akan memiliki pengetahuan yang luas, selain itu adapula beberapa alasan lainnya yang membuat otak menjadi cerdas. Nah, berikut ini alasan-alasan yang memicu kecerdaasan otak saat membaca :

Membaca Dapat Menumbuhkan rasa empati. 

Telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa membaca buku cerita, novel, bahkan kisah hidup seseorang dapat menumbuhkan empati dalam diri pembaca. Saat membaca suatu kisah dalam sebuah novel,  otak akan merespon informasi yang menyentuh emosi, sehingga kita sebagai pembaca dapat membayangkan bagaimana rasanya menjadi seseorang yang cintanya bertepuk sebelah tangan, menjadi pengangguran, menjadi orang kaya, bahkan menjadi presiden. Membaca dengan khidmat mampu membuat otak kita tenggelam dalam cerita, sehingga ketika diri telah kembali ke kehidupan nyata, otak akan merubah diri untuk dapat peka terhadap lingkungan sekitar.

Aku sendiri menikmati membaca novel-novel klasik seperti novel “Pride and Prejudice” karya Jane Austen misalnya; novel tersebut mengajarkanku untuk tidak menilai seseorang hanya dari penampilan saja “Don’t judge book by its cover”.  Sama seperti tokoh Mr.Darcy, awalnya orang-orang berpikir bahwa Mr.Darcy adalah seorang pria yang sombong karena pembawaannya yang terkesan cuek dan dingin dengan tatapan mata yang tajam, namun kenyataannya dibalik itu semua Darcy tidaklah seperti yang dipikirkan orang-orang tersebut, ia justru merupakan seorang pria yang baik hati dan tidak sombong juga rajin menambung. Selain itu aku juga dapat merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang anak yang hidup tanpa orang tua di rumah sosial, dan diperlakukan seperti seorang penjahat seperti kisah Oliver dalam novel Oliver twist karya Charles Dickens. 

Memperkaya Daya Khayal & Imajinasi. 

Saat membaca sebuah novel, otak kita secara tidak sadar akan memunculkan gambar obyek dalam pikiran, kita akan akan dapat melihat seperti apa gambaran visual dari sebuah tulisan melalui imajinasi dalam pikiran. Dengan membaca novel romantis, tragis, haru, dan komedi memungkinkan kita untuk menciptakan dunia sendiri yang pastinya akan memperkuat daya imajinas, hal ini dapat merangsang kreativitas seseorang dalam menciptakan suatu karya.

Mampu Berpikir Secara Logis

Setiap cerita memiliki awal, tengah dan akhir, memiliki konflik dan penyelesaian masalahnya sendiri, ini merupakan hal positif bagi otak kita karena pada saat kita membaca sebuah cerita, akan timbul semacam dorongan dalam diri untuk berpikir secara berurutan, kita secara tidak sadar akan menghubungkan sebab dan akibat permasalahan dalam sebuah novel, ini akan membaut cara berpikir kita menjadi lebih terstruktur dan logis. 

Meningkatkan Kemampuan Berbahasa 

Para ahli bahasa mengatakan bahwa “Speaking is language”. Berbicara adalah suatu keterampilan berbahasa. Berbicara berkaitan dengan penguasaan kosakata yang diperoleh seseorang melalui kegiatan menyimak dan membaca. Dengan memiliki hobi membaca, orang tersebut sudah pasti memiliki kemampuan berbahasa yang bagus dan kaya akan ribuan kosakata dalam otaknya.

2. Hobi Menulis


Memiliki hobi menulis juga sangat baik untuk kecerdasan otak sebab kegiatan yang satu ini merupakan cara efektif dalam mengekspresikan apa yang sedang kita pikirkan dan rasakan.  Dengan menulis, kita tidak hanya menciptakan sebuah karya tetapi juga melahirkan kepuasan hati yang berdampak pada kesehatan secara emosional, menulis juga dapat  meningkatkan kemampuan berpikir serta memperkuat daya imajinasi, kreativitas, serta pemahaman seseorang dalam berbagai hal. Orang yang senang menulis sudah pasti juga memiliki hobi membaca, sehingga semakin banyak dan semakin sering orang tersebut menulis, maka semakin banyak pula bacaan yang ‘ditelan' olehnya.  

Seperti kata  Pak Tjiptadinata Effendi dalam catatannya, beliau mengatakan bahwa “Menulis Merangsang Dwi Fungsi Otak”  Orang yang membaca hanya merangsang otak dari satu arah teapi saat ia menulis, maka hal itu sekaligus akan merangsang dwi fungsi otak secara maksimal. Orang tidak mungkin menulis tanpa membaca apa yang ditulisnya. Sehingga dengan demikian, menulis merupakan cara terbaik untuk mencerdaskan otak kita. Karena menulis tidak hanya melawan lupa, tapi sekaligus terapi jiwa. Sarana dan prasarana untuk sharing and connecting, mengasah otak serta menjadikan hidup semakin bermanfaat.

3. Hobi Memainkan Alat Musik


Jika kamu termasuk salah satu orang yang memiliki hobi bermain musik, bersyukurlah karna sudah banyak studi dan peneliti yang membuktikan bahwa bermain musik dapat meningkatkan kecerdasan otak seseorang. Musik tidak hanya memberikan kesenangan tetapi juga dapat membantu kita dalam mengolah emosi dan perasaan, terlebih apabila kita dapat memainkan sebuah alat musik. Sebagaimana kita tahu bahwa otak manusia terdiri atas otak kanan dan otak kiri, dengan memainkan alat musik maka kedua otak akan dapat bekerja secara lebih seimbang. Seseorang yang dapat memainkan alat musik biasanya memiliki konsentrasi yang tajam dan kemampuan analisa yang baik, karena ia telah mempelajari tentang nada dan berusaha memainkan nada-nada tersebut menjadi sebuah musik yang enak didengar. Mereka yang pandai bermain musik adalah seorang pendengar yang cerdas.

4. Hobi Mempelajari Bahasa Baru


Mempelajari bahasa asing dapat membantu perkembangan dan mencerdaskan otak kita. Riset membuktikan bahwa bagian-bagian otak yang bertugas untuk mengolah informasi suara dan kalimat memiliki kemampuan yang lebih baik jika seseorang mampu mengerti dan menguasai bahasa asing. Orang-orang bilingual pada umumnya memiliki daya ingat yang lebih tajam dan kaya akan pengetahuan mengenai budaya, sebab belajar sebuah bahasa asing berarti belajar mengenai budaya-nya-juga, hal ini tentunya akan berdampak pada cara berpikir dan cara pandang mereka tentang dunia. Orang bilingual sudah pasti memiliki pandangan yang luas yang membuat mereka terlihat cerdas dan berpengetahuan tinggi.

5. Hobi Traveling


Selain beberapa hobi yang sudah disebutkan diatas, salah satu hobi lainnya yang dapat meningkatkan kecerdasan seseorang ialah Traveling. Orang yang rajin melakukan perjalanan ke tempat baru pada umumnya merupakan orang yang jauh dari stress karena senang berbaur dengan alam,  mereka menyatu dengan dunia, dan berfikir dengan cara yang berbeda, serta memiliki banyak pengalaman menyenangkan. Nah, berikut beberapa alasan mengapa traveling dapat membuat seseorang menjadi lebih cerdas :

Bertemu Dengan Orang Baru

Saat melakukan sebuah perjalanan ke tempat baru, kita sudah pasti akan bertemu orang-orang baru yang mungkin saja memiliki bahasa, cara hidup, dan budaya yang berbeda, dan dari sinilah kita dapat belajar banyak hal yang akan memperluas wawasan kita. Dengan bertemu orang-orang baru di lingkungan baru tersebut, seseorang akan dapat memahami karakter serta kepribadian manusia, para traveller cenderung memiliki pemikiran yang terbuka, dan menghargai perbedaan.

Belajar Bahasa Baru

Saat tiba disuatu tempat yang menggunakan bahasa berbeda dengan bahasa kita, tentunya kita tidak akan langsung memahami bahasa yang digunakan orang-orang di daerah tersebut. Hal ini sudah pasti akan membuat kita terdorong untuk mencari tahu dan mempelajari bahasa di daerah tersebut, dengan begitu akan memperkaya pengetahuan kita mengenai bahasa disetiap daerah. 

Mempelajari Budaya Baru

Setiap tempat memiliki sesuatu yang unik untuk ditawarkan, entah itu budaya, adat-istiadatnya maupun pemandangan alamnya. Hal ini secara tidak langsung akan membuat para traveller terlibat dalam komunikasi lintas budaya yang akan memperkaya pengetahuan mereka mengenai budaya suatu daerah. 

***

Nah itu dia beberapa hobi yang bisa membuat otak menjadi cerdas. Bagaimana? Adakah salah satu hobi diatas yang juga merupakan hobimu? 

68 comments:

  1. Yaaaah. Hobi nonton film nggak masuk ya, Nov? Huhuhu. Eh tapi memang hobi-hobi di atas itu bermanfaat sih. Apalagi yang hobi membaca dan menulis. Hobi juga bisa membentuk kepribadian kita, dan bisa membuat kita merancang apa cita-cita kan. Jadi, jalanilah hobi yang selain menyenangkan,juga bermanfaat. Bener nggak sih gitu, Nov. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah maaf, Cha. Nonton film sebenernya juga masuk dalam daftar, tapi nggak aku tulis disini soalnya cuma nyampe 5 jenis hobi doang hehe.

      Nonton film juga bikin cerdas bukan hanya sekedar hiburan semata. Buktinya ada di kamu Cha, kamu dapet banyak pengetahuan dari film-film yang pernah ditonton, kamu punya daya imajinasi yang luar biasa, dll :D

      Iya, hobi bisa jadi cara untuk menentukan cita-cita di masa depan. Semua hobi menyenangkan dan bermanfaat, asal bisa diaplikasikan dalam hal positif, tergantung masing-masing orang juga sih :D

      Delete
  2. Kok hobi ditraktir makan engga ada sih?
    Hobi ditraktir makan itu juga bisa merasang otak loh
    Misalnya neng nraktir abang
    "Bang niki mau g neng traktir makan?"
    "Mau"
    Jawaban mw itu adalah hasil rangsakan otak loh neng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emm, bang Niki punya Hobi ditraktir makan juga ya? Sama *Toss

      Itu mah rangsangan otak karena kelaperan, bang. Hahah

      Delete
  3. Ya merangsang otak untuk mendapatkan kosakata baru! Dan tentunya orang yang sering membaca buku, khususnya buku pengetahuan, disaat berbicara kosakata yang ia ucapkan akan berbeda dengan orang yang jarang membaca. Orang yang males baca kosakatanya hanya itu itu aja, gak berkembang. Jadi membaca banyaaaak sekale manfaatnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep, orang yang rajin membaca biasanya cara berbicara mereka lebih berisi, kata-kata yang diucapkan pun beda sama orang yang jarang baca karena perbendaharaan kosakata mereka melimpah. Heheh

      Iya banyak manfaatnya, harus rajin-rajin baca kalo gitu, fif. Biar makin cerdas :D

      Delete
  4. Kalau saya hobi membaca dan menulisa, juga bermain layangan. Dari hobi itu saya bisa buka usaha sendiri, yey......komentar baliknya ya, klik http://amir-silangit.blogspot.co.id/2016/05/ternyata-hobi-layangan-di-campur.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah hobi main layangan dan bisa bikin usaha dari hobi yang digeluti itu keren, Mas. :D

      Delete
  5. semua hobi yg mba jelaskan, alhamdulillah adalah hobi saya semua...
    bisa cek hobi yg menjadi cerita sukses saya, dimayoritasi oleh menulis :D

    boleh kunjung balik gak? trims ya
    http://yulianasari-lifehistories.blogspot.co.id/2016/05/saya-ingin-menjadi-si-kecil-yang-besar.html

    semoga kita sama2 menjadi lebih cerdas dan bisa menginspirasi byk org, aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih keren, saya udah baca tulisan mbak Yuli. Sukses terus ya:))

      Aamiin

      Delete
    2. sumpah deh, sy ngefans berat sama tampilan blognya, syantiiik abisss :* (y) bs infokan gimana ganti themanya? dan buat navigasi/menu di atas blog? trima kasih :* ^_^

      Delete
    3. Hehe, makasih :'D
      Boleh-boleh, nanti lanjut lewat email aja gimana? :D

      Delete
  6. Aku satu sampai tiga sih masih bisa dikatakan hobi :D kwkwkw empat sama lima kayaknya belum :D pantesan belum jadi smarter smarter amat ya aku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak perlu punya semua hobi yang aku tulis juga sih untuk jadi cerdas, Feb. Aku juga kurang lebih sama hobinya dari 1 sampe 3. Heheu :D

      Delete
  7. Hobi itu tergantung masing masing lagi. Asal positif hasilnya pun pasti positif juga asal kita tekun menekuni. Semoga hobi kita dapat berbuah dengan baik nantinya. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul. Yang penting hobinya bisa dijalani dengan positif, pasti hasilnya positif juga yak. Heheu.

      Aamiin

      Delete
  8. Whoaaa hobi menulis dan membaca ternyata make me smarter. Tapi aku lebih cenderung ke membaca sih, bener yg kamu bilang, Nov. Membaca bisa menumbuhkan rasa empati. Aku sering banget gak sadar sampe nangis kalo lagi baca novel. Hahahahaaa
    Entah akunya yg terlalu baper dan mudah tenggelam dalam cerita novel kali ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Lan. Sama, aku juga lebih cenderung ke membaca. :D

      Hmm, rata-rata orang yang suka baca buku terutama baca novel itu orang-orangnya baperan, hahahah. Perasaan dan suasana hati kita ikut terbawa & tenggelam dalam cerita, jadi kalau ceritanya sedih pasti kita ikutan sedih bahkan sampe nangis ckckc :D

      Delete
  9. Yang terakhir bikin pinter. Tapi perlu nyiapin kantong tebel, ya. :))

    Hobiku baca-baca timeline twitter. Pantesan masih gini-gini aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, perlu budget yang besar untuk bisa travelling ke berbagai tempat tapi itu juga tergantung traveller/backpackernya sih, ada banyak tiket promo yang mayan bisa meminimalisir pengeluaran. Ah ntahlah hahah :3

      Hobi baca timeline twitter juga menambah pengetahuan, aku juga punya hobi yang sama heheu

      Delete
  10. Hobi yang bikin pintar ya membaca buku dan menulis haha karena membaca dan menulis itu bisa melatih logika dan imajinasi dengan berbalut kata kata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, punya hobi membaca dan menulis emang bikin pinter, karena bisa merangsang dwi fungsi otak sekaligus. Orang yang suka baca dan nulis biasanya pandai bermain kata-kata, bukan main hati *Lah (?) xD

      Delete
  11. yaaa Nov, hobi dengerin lagu gak masuk.
    eh tapi kalo membaca termasuk hobiku, tapi yang ku baca buku-buku pengetahuan.
    nulis asyik juga bagiku tapi belum bener bener masuk dalam hobi.
    masak juga gak ada nih, hemm.
    nice lah nov.
    lama gak buka blog lama juga gak berkunjung.
    traveling kayaknya asyik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah, aku cuma nulis 5 jenis hobi aja, Mas Adi. Kalo lebih dari 5, mungkin dengerin musik juga bakal masuk dalam list :D

      Mau buku pengetahuan atau buku apapun itu pasti ada manfaatnya. Heheu:3

      Iya nih, mas Adi udah jarang nongol di kolom komentar blog aku xD

      Semangat ngeblognya, Mas \:D/

      Delete
  12. Hobiku membaca, menulis dan Traveling. Syukurlah kalo ketiga itu bisa dikatakan kategori yang dapat membuat kita lebih smart.
    Menonton Film, dan juga futsal nggak ngebuat kita smart nih ??

    Wah sayang sekali, padahal akan terasa lengkap, jika itu termasuk loh. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beruntunglah kalian yang punya hobi-hobi seperti yang udah aku sebutkan diatas :D

      Menurut aku itu juga bikin smart sih. Hehe

      Sayang sekali, aku cuma nyebutin 5 jenis hobi aja di postingan ini, kalo lebih dari 5, pasti nonton film dan olahraga (futsal, dll) juga masuk dalam list :3

      Delete
  13. Nomor 1 dan 2 suka banget. Ya, walaupun baru hobi sekarang-sekarang, tapi jatuh cinta banget sama baca dan nulis. Kalo main musik, nggak bisa. Padahal seneng kalo mainin alat marawis atau mukul-mukul meja di sekolah. :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay, sama *Highfive :D
      Marawis kan juga termasuk alat musik, mukul-mukul meja di sekolah seakan-akan meja itu drum, itu juga alat musik. Wah, hobi nya keren-keren heheu

      Delete
  14. Tambah lagi nge-game juga bisa membuat kita smart loh
    dari 1 sampai 5 hobi aku semua, tapi yg memiliki presentase terbesar adlh poin 3. walaupun begitu, kok saya gak smart smart yahh, wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, biasanya orang suka main game itu jago ngatur strategi dan bisa bekerja team gitu yak:))
      Wah, jago main alat musik pasti. Hahah

      Delete
  15. aku gak hobi musik, lebih tepatnya gak bisa, hanya bisa ndegerin saja, yang lainnya gue suka bnaget. gue belajar musik apapun sellau saja susah, belajar gitar dulu udah bisa, lama gak megang eh gak bisa lagi, ya sudah lah hhmhhm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti bisa kok, kalo dulu udah pernah belajar gitar, berarti cuma tinggal beradaptasi dikit aja sama gitarnya hahah(?)

      Delete
  16. Hobiku termasuk nomer 1,2 dan 5, udah dijelasin semua komplit - plit ama empunya diatas. Manfaatnya luar biasa bagi otak :)Ditambah hobiku yang lain yang gak disebutin di artikel diatas yakni nonton film. Udah dijelasin juga manfaat hobi nonton film oleh Noviyana sebagai tanggapan komentar dari Mbak Icha Hairunnisa.

    Hobiku yang lain mumgkin main game. Kadang kalau kita melihat orang sedang emosi main game, disitulah terjadi proses pembelajaran non-formal dimana otak kita dipaksa untuk menentukan pilihan dan keputusan yang cepat dan tepat untuk menghindari sebuah kalimat "Game Over". Dari pengalaman itu mungkin sisi positifnya jika diimplementasikan di kehidupan nyata bisa jadi seperti dimana kecerdasan otak kita diasah untuk menentukan keputusan - keputusan yang tepat agar si doi gak ngambek? Kalau doi ngambek terus karena keputusan - keputusan yang kita ambil salah melulu kan "game Over" juga kan suatu hubungan? Eh..sebenarnya nyambung gak sih omongan gue?heheehe.

    Tapi dari kesemuanya, hobi nomer 1 dan 2 frekuensinya lebih mendominasi di aktivitas keseharian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yang punya hobi nonton film rupanya :D

      Wah dikait-kaitin sama hubungan percintaan yak. Kadang juga bukan keputusannya yang salah, tapi strategi untuk mengambil keputusannya yang kurang tepat, siapa tau kecepetan atau mungkin kelamaan, makannya game over jadinya doi marah deh. Hahahaha nyambung Rif, nyambung kok :v

      Yeppp sama *toss

      Delete
  17. Satu-satunya yang belum berhasil aku taklukan adalah memainkan alat musik
    (;-_-)
    Ini butuh kemauan dan kerja keras ekstra sih heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hemmm, aku juga Vir. Aku belum bisa memainkan semua alat musik. Susah. :')

      Bener butuh kerja keras ekstra, semangat belajar main alat musiknyyaaa \:D/

      Delete
  18. Kayaknya seru tuh, pelajarin bahasa asing.
    anyway semoga menang yaaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, seru banget malah :D
      Hahah makasih, gak menang juga rapopo

      Delete
  19. Hobi gue 1,2,3, dan 5. Keknya itu yang paling gue suka. Cuman, untuk mempelajari bahasa baru, guenya masih agak (males banget) jarang. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah padahal belajar bahasa baru (asing) itu seru loh, Pange. :D

      Delete
  20. Dari semua hobi cumanmain musik aja yang gak bisa. jangan kan main alat musik, nyiul aja suaranya tenggelam gak kedengeran.Emang gak bakat banget deh.
    Hobi ngutak-ngatik program komputer gak masuk yah, padahal sekarang banyak loh orang yang hobi gambar visual apalagi manual.
    Nambah satu lagi nih, mengamati objek apakah suatu hobi? jujur aja saya kalau di jalan kadang suka liat-liat tulisan di papan nama mulai dari bentuk, bentuk tulisan dan apapun yang menarik, hasil akhirnya sih sebagai observasi mencari ide untuk desain aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha saya juga ngga bisa nyiul. Begitulah, bakat tiap orang kan beda-beda, ada yang bisa dan nggak bisanya heheh

      Wah ngutak-ngatik komputer juga hobi saya, bisa bikin cerdas atau enggaknya, saya rasa bisa.

      Hmm, nyari inspirasi dan ide dengan mengamati atau mengobservasi objek itu bukan sebuah hobi tapi aktivitas yang sering dilakukan oleh hampir semua orang, hanya saja nggak semua orang bisa merasakan & mendapatkan sesuatu dari objek yang dilihat. Semoga nggak salah, kalau salah, maafkan saya :3

      Delete
  21. membaca dan menulis mungkin sudah jadi kebutuhan.. kita butuh baca berita, butuh baca buku entah untuk hiburan atau skill baru.. menulis juga sering kita lakukan dari mulai posting status di fb (meski ada juga sih yg biasanya status pendek-pendek) sampai bikin artikel di blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau jaman sekarang ini dua aktivitas tersebut sudah menjadi kebutuhan bagi pengguna sosial media hahah.

      Delete
  22. wkwk bener banget ni. kalo gue si biasanya belajar bahasa baru sama belajar programming

    ReplyDelete
  23. no 1,2,3 suka bangeeeeet. no 5 luamayan laah, tergantung kondisi kantong. :D
    hahahah :D
    yang berasa banget no 1 sama 2 sih, bener-bener nambah ilmu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay... Hahah bener, kalo mau traveling harus disesuain sama kondisi kantong juga :D

      Sama dong kita *toss*

      Delete
  24. hai kak, infonya menarik nih.. ooo iya kak kalau ingin tahu tentang cara membuat toko online yukk disini saja.. terimakasih

    ReplyDelete
  25. gue setuju sama 5-5 nya, hihihi. karena semua hal diatas itu membuat kita mengenal hal baru yang mungkin belum dikenali orang2 disekitar kita. membaca sama travelling apalagi tuh. dengan membaca, kita tau banyak hal. dengan travelling, kita bersosialisasi dan bertemu banyak hal baru. seperti komentarnya kakak icha itu... gue rasa kalau ada yang ke enam, maka yang ke enam harusnya jatuh pada... "menonton film".

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Jev. Untuk hobi yang ke enam jatuh pada 'menonton film' soalnya aku sendiri juga udah merasakan manfaatnya. Heheu

      Delete
  26. Semua masuk Hobbi gue tuh.. :v Salam kenal ya.. :)

    By: Mahasiswa punya cerita

    ReplyDelete
  27. Rata-rata yang hobi baca juga hobi nulis sih hehe

    ReplyDelete
  28. Hobikuuu no 1,2,5 :D
    Pengen belajar musik jugaaa, tp gaada yg ngajari huhu *e malah curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajar sendiri aja li, ada banyak tutorial di youtube xD

      Delete
  29. Kalau hobi saya ngeblog, krn dengan ngeblog saya bisa menyampaikan unek-unek saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga hobi saya, kalo ngeblog kan berarti suka nulis dan baca juga ya :D

      Delete
  30. Setuju tuh yang hobi main musik. Emang kerasa kok efeknya, konsentrasi jadi lebih fokus. Tapi sayang, kok saya tetep gak pinter pinter ya? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm udah pinter itu mah, pinter main alat musik. Hahah

      Delete
  31. yang paling menarik hobi traveling. selain dapat teman baru,bisa eksis juga sama tempat yang baru. :D

    ReplyDelete
  32. Hobi baca, iya. Hobi nulis, iya. Hobi travelling, iya. Tinggal mempelajari musik sama bahasa baru biar gue makin pinter, yes :D

    ReplyDelete