Awet Muda? Ahay


Di pertengahan bulan Januari tepatnya pada hari minggu, cuaca sedang dalam keadaan mendung di siang hari.  Aku melangkahkan kakiku menuju sebuah mall di kota Ternate seorang diri, tujuan utamaku pergi ke tempat itu tidak lain tidak bukan adalah untuk mampir ke toko buku Gramedia yang berlokasi di lantai dua Jatiland Mall Ternate.

Sesampainya di lantai dua, aku langsung masuk ke Gramedia, dan mulai  menyusuri setiap sudut toko, suasananya cukup ramai, tampak beberapa orang sedang mondar-mandir mencari buku yang diincar, ada yang sedang membaca buku, dan adapula ada yang hanya memperhatikan setiap buku dalam lemari yang berbaris-baris, mungkin jodohnya terselip di dalam sana. Aku sendiri terus berjalan berkeliling dari rak yang satu kemudian berpindah lagi ke rak lain, hampir semua rak buku kutelusuri mulai dari kategori sosial, politik, agama, psikologi, hingga buku anak-anak lalu berhenti pada rak buku khusus novel.  Ah, Rasanya ingin sekali membeli dan membawa semua buku-buku itu kerumah, namun apalah daya dompetku isinya pas-pasan, hanya cukup untuk membeli satu atau dua buku saja. Hmm.

Tidak jauh dari tempatku berdiri, terlihat seorang pria berkemeja berbahan dasar merah yang dipadukan dengan celana jeans warna gelap sedang berjalan menuju ke arahku sambil memegang dua buah buku, entah buku apa yang ia bawa. 

“Dek, dari tadi muter-muter mulu nih” Pria tersebut menghampiriku dengan senyum ramah nan manis yang menghiasi wajahnya, mayan bikin hati adem, eh. Dia memperlihatkan salah satu buku yang dipegangnya “Lagi nyari buku ini?” Aku melongo selama beberapa detik sambil menggeleng kepala.  Pria itu adalah seorang karyawan di gramedia. Pandanganku pun tak lepas dari buku yang baru saja ia perlihatkan, sampulnya bertuliskan "Persiapan Menghadapi UN Untuk SMA Edisi Lengkap"Wow

Oh, kalo bukan buku ini, berarti lagi nyari yang ini ya?” Ia kembali memperlihatkan buku yang satunya lagi, sampul buku tersebut bergambar siswa berseragam putih biru, sudah bisa ditebak bahwa itu merupakan buku "Persiapan Ujian Nasional Untuk SMP".

Waduh, Masya’Allah’ batinku.

“Saya nggak nyari buku-buku itu kak. Saya udah kuliah” Ucapku dalam satu kali helaan napas, fast motion mode on.  Pria yang ada didepanku itu langsung memasang ekspresi tidak percaya “Wuih, kirain kamu masih sekolah. Pasti Maba ya?” Tanyanya dengan nada meyakinkan. 

Aku membatin lagi  ‘Yasalam’.

“Bukan kak. Saya sekarang udah semester 4. Hehe”.  Lawan bicaraku hanya mangangguk-anguk, senyum manisnya tak pernah lepas dari pandanganku. Gagal fokus. *Plak.

***
Entah kenapa setiap kali aku berjalan-jalan sendiri dan berkenalan dengan orang baru, orang-orang tersebut selalu mengira jika aku adalah anak sekolahan, padahal sebenarnya saat ini aku sudah bertransformasi menjadi seorang mahasiswa yang sebentar lagi akan menginjak usia dua puluh tahun, I’m getting older.

Kadang ketika aku sedang berjalan bersama salah seorang teman yang lebih tinggi dan lebih besar dariku, aku selalu dikira adik dari temanku itu, padahal sesungguhnya kami berdua adalah manusia yang lahir di tahun yang sama dari orang tua berbeda. Ini mungkin karena efek ukuran tubuhku yang mungil, ya bisa jadi.   

Hal tersebut juga sering membuatku merasa kesal karena di anggap remeh oleh beberapa orang yang mengira jika aku lebih muda dari mereka, saat di kampus pun ada beberapa Maba (Mahasiswa baru) sering menatapku dengan santai, dikira aku ini satu angkatan dengan mereka.

Hiks...

Kejadian seperti yang kuceritakan diatas pun sering ku alami, salah satu kejadian lainnya terjadi ditempat yang sama seperti yang kuceritakan di awal paragraf, Gramedia. Saat itu aku sedang asik dan serius membaca sinopsis sebuah novel, lalu tiba-tiba saja aku dikagetkan oleh seseorang dengan tepukan tangannya di bahuku  “Oi kelas berapa?” terdengar suara perempuan dengan nada sok akrab tapi sedikit tidak sopan, aku memalingkan wajah dari buku dengan ekspresi kesal ke arah seseorang yang baru saja menyapa, mataku terus memandangnya dari ujung kaki hingga kepala.

“Kamu sekolah di SMK 4 ya?” Seragam yang dikenakan oleh gadis tersebut mirip dengan seragam dari salah satu sekolah yang tidak jauh dari rumahku sehingga aku bisa langsung menebak darimana asal sekolahnya.

“Bener, kamu sekolah dimana? kelas berapa?” Tanyanya sambil melihat buku-buku yang ada disamping.

“Saya udah kuliah, dek! Kamu kelas berapa?” Aku mengusap air mataku dengan kertas buku yang baru saja kusobek, eh nggak deng.

“Astaganaga” Nada bicaranya spontan “Maaf ka, saya kira kakak masih sekolah”  ekspresi wajahnya pun berubah menjadi tegang dan bersalah.

Aku yang awalnya kesal dan ingin marah langsung berubah pikiran dan menjadi kasihan melihat tingkahnya “Hahah, udahlah santai aja. Kenalin aku Novi” Tanpa basa-basi aku langsung mengulurkan tangan untuk berkenalan, mencoba mencairkan suasana hatinya yang mungkin sedang merutuki diri dan merasa berdosa. 

Hingga pada akhirnya dialog antara aku dan gadis yang bernama Fira itupun mengarah pada topik tentang kakak kelas di sekolahnya, jadinya malah ngerumpi di gramedia. Sstt. Yah daripada marahin anak orang, mending diajak berteman aja kan? Pertemuan kami pun berakhir dengan saling bertukar nomor hape, apalah dayaku, smartphone udah rusak, udah gak punya BBM, jadi cuma bisa sms-an .

***
Walaupun sering di bilang masih anak sekolahan dan  dianggap remeh oleh  orang yang lebih muda maupun sudah tua, di lain sisi aku juga bersyukur karena telah di anugerahi fisik dan wajah yang awet muda tanpa bantuan formalin. Heuheu

Pelajaran yang dapat diambil dari cerita diatas  adalah :
1. Wajah dan fisik tidak selalu menentukan usia seseorang, age is just a number. Jadi, bagi yang sudah tua, jangan suka meremehkan orang yang (kelihatan) muda, karena bisa jadi orang tersebut lebih tua dari yang dikira, tetaplah bersikap sopan kepada siapapun. Uhuk maaf.
2. Bagi yang masih muda, semua orang pasti akan tua pada waktunya. Bersabarlah. (?)
3. Mau terlihat muda ataupun tua, semua ada untung ruginya, tetaplah bersyukur.
4. Jangan suka marah-marah.
5. Jangan lupa makan.
6. Jangan lupa sama aku

Ada yang pernah mengalami hal serupa? Berarti kita sama. *Toss


P.S : Aku sebenernya ragu-ragu saat ingin memposting tulisan ini, entah apa sebabnya, mungkin karena tulisan ini agak sedikit narsis kali yak? ntahlah, lagipula tujuan awalku membuat blog yaitu untuk menulis dan berbercerita, jadi bagaimanapun bentuk tulisanku aku akan tetap  mempostingnya di blog ini. Sayonara.

108 comments:

  1. Setelah percakapan tadi, mas mas gramedia gak lanjut modus tuh?

    Btw, semoga kedepannya gak ragu ragu lagi buat post ginian. Bebasin aja. Menurut gue malah tulisan ini biasa aja, gak narsis narsis amat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak, setelah itu langsung balik ke habitatnya, ben. Hahah

      Iya, Amiin. Itu emang akunya aja yang kurang pede sama tulisan sendiri. Duh--"

      Makasih.

      Delete
  2. Happen to me all the time. Dan aku 3 bulan lagi berulang tahun yang ke 30, hahaha :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turning 30? Seriously? aku kira Ka Indi umurnya sekitar 23 - 26 gitu, wih awet muda yak. Alhamdulillah. Hahah :D

      Delete
  3. Kalau kamu sering disangka muda -_- aku malah sering dianggap tua loh -_- padahal baru semester 6 wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disangka muda atau tua, ada untung ruginya. Yang tua biasanya lebih dihormati sama yang lebih tua juga. Hehe :3

      Delete
    2. Wkwkwk bisa juga sih, tapi, ya tetep aja rasanya gimana gitu kan._. wkwkw

      Delete
  4. klo yg cepet tua mungkin boros umur :)
    beruntung, yang dicari kan selalu terlihat muda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh kalo boros umur itu gimana ya? :3
      Alhamdulillah:'))

      Delete
  5. Nov, saya malah lebih suka kalau ada orang yang nganggep muda :3
    tapi pas baca point ke tiga dari enam point yang ada aku jadi bersyukur hahaha.

    Jadi, sampe mana percakapan sama mas-mas gramedianya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah bersyukur sama apa yang ada ajalah :D

      Sampe situ aja sih, setelah itu si mas-mas gramed langsung kembali ke habitat awalnya:))

      Delete
  6. Neng masih mending dikira anak sma
    Abang kalo k gramedia, dikira anak sd pas berdiri di rak yg isinya komik smua
    Awet muda banget y abang
    Itu kok jngan lupakan akunya dicoret? Kenapa dicoret?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah, sampe dikira anak SD. Itu awet muda banget, luar biasa. Bersyukurlah. :D

      Aku juga nggak tau kenapa. Hahah

      Delete
  7. Aku juga sering tuh masih dikira anak sekolah padahal mah aku udah nggak pantes pake seragam osis wkwk.

    Cie udah mau ulang tahun aja, aku juga nih sama 2 bulan lagi sih mau ultah makin berumur deh aku wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh sama, Wid *Toss

      Aku sebenernya ultahnya masih lama sih, sekitar 8 bulan lagi hahah. Umur boleh tua, tapi muka tetep muda :D

      Delete
  8. tos.. saya juga pernah ngalamin dikira masih muda,padahal 2 tahun lebih tua. hehe

    ReplyDelete
  9. itu karyawan SKSD benerrr...., :D Jangan-jangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin itu prinsipnya dlm melayani pelanggan kali,ramah dan sok akrab dikit, mas. Eh ntahlah:v

      Delete
  10. kalo jadi ftv pertemuanmu dengan mas-mas gramedia bakal dikasi judul : Cintaku kepentok rak buku. Sipp

    Hahah :D
    aku enggak sih, gak pernah dikira lebih muda, gak pernah dikira udah tua juga. yaa standar umur lah. jadi gatau rasanya. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah, untung nggak sampe ke cinta-cintaan, Dib apalagi sampe ada ftv-mnya gitu. Wkwk

      Berarti ada di sudut netral gitu yak (?) Hihih :3

      Delete
  11. Uhuk syenangnya dikira masih skulah hahahhaiii
    Wah petugas gramed di ternate ramah amat niv, fi jkarta klo ga disamper ga mendekat ehehehhekk
    Tergantung krudung juga bisa jadi, kalo krudungannya mirip anak sekolahan, kaos, clana jeans, aku biasanya dipanggil dek...tp klo krudung bergo trus pake baju gamis nyar dipanggilmya teh, mbak, bu hahhahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, hahahaiii.
      Ada beberapa yang ramah, ada juga yang biasa-biasa aja, Mbak. Wah betul, cara berpakaian juga mempengaruh penilaian orang yak, kalo berpenampilan kayak anak remaja pasti di panggil dek, begitupun sebaliknya. :D

      Delete
  12. aku malah seneng kalau dikira masih muda.. hahahaha
    pokoknya kalau dipanggil adek atau sejenisnya berasa terbang melayang keangkasa. sayangnya udah abis masa kejayaan dipanggil adek, umur udah g pantes dipanggil adek lagi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga seneng, Alhamdulillah, hehe
      Suatu saat yang dianggap muda pun akan habis masa kejayaannya, you're not alone:'))

      Delete
  13. tos dulu akh, soalnya pernah rusak smartphone, trus kembali pake sms :D

    hmm, sepertinya emang karena postur tubuh aja yang kecil jadi di anggap anak SMA/SMP
    Nah kalo kasus yang pertama itu gara-gara itu pegawai'a harus dapet target sehari menjual 1000 buku, jadi tiap liat yang lagi cari buku di anggap anak SMP/SMA :D

    oke point yang ke.6 pasti gak bakalan lupa Nov :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih smartphone-nya pernah rusak juga, toss.

      Wah bisa jadi sih tapi kasian juga kalo emak-emak yang dateng ke gramed di kira masih SMP atau SMA sama karyawan itu :(

      Bhahah, Makasih :3

      Delete
  14. huehhehe berarti awet muda banget dong, harus disukuri itu, kalau naik angkot bisa bayar biaya pelajar kan jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, harus di syukuri. Bayar biaya pelajar, mayan bisa berhemat \:D/

      Delete
  15. huehhehe berarti awet muda banget dong, harus disukuri itu, kalau naik angkot bisa bayar biaya pelajar kan jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, harus di syukuri. Bayar biaya pelajar, mayan bisa berhemat \:D/

      Delete
  16. Whoaaaa. Mas-mas Gramedianya perhatian banget, Nov. Tau aja sih dia, kamu lagi sendirian ke Gramednya. Jadinya dia pengen nemenin :D

    Kamu semester 4 ya, Nov? Samaan kayak adekku dongs. Dia juga mau menginjak umur dua puluh tahun. Jangan-jangan kamu adek aku juga? *ini apa dah*

    Punya muka awet muda itu ada manis-manisnya ya, Nov. Tapi kesel juga ya kalau dipanggil adek sama yang lebih muda. Untung itu kalian malah temenan :'D

    Dan aku setuju sih sama lima pelajaran yang bisa diambil (karena nomor 6-nya dicoret sama kamu huhu). Muka nggak menentukan umur. Sekarang banyak tuh anak SMP tapi penampilannya kayak tante-tante. Kusedih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dia perhatian ke semua orang yang dateng ke Gramed, Cha :')

      Iya, wah sama-sama udah semester 4 dan mau menuju ke umur 20thn. Jangan-jangan adek kamu itu kembaran aku? ekekek :v

      Ada manis sama pahitnya, hahahah. Kalo itu nggak terlalu bikin kesel, yang bikin kesel itu disaat dianggap remeh sama yang lebih muda :3

      Jangankan anak SMP, anak SD aja penampilannya udah bisa ngalahin anak SMA bahkan tante-tante :(

      Delete
  17. Sayonara nov, hahahh.
    sya jdi byangin ekspresi kamu, pas prmpuan yg skolah ddkat rmah mu itu menyapa kamu, antara orng yg kbingungan dn orng yg siap ngomel2 hahahh.

    Untungnya kryawan itu g nawarin kmu mjalah bobo ya nov, atau buku a,b,c,d blajar mmbaca huehehe.

    Kmu kliah smester 4 jga ya nov? Brarti kita seangkatan, slam angkatan 2014 jaya selalu brwajah muda selalu *huekk

    Ini sya jdi brfikir, kmu diliat awet muda krna muka kmu atau krna postur tnggi bdan kmu nov?, huahuaha.

    Ah, sayangnya sya nglamin poin yg ke enam nov, dn syangnya lagi, poin ke enam itu dcoret, aduh.. :v

    Brsyukur deh kmu nov, msih dkira muda, kakek saya slama sya lahir mnjadi manusia dia slalu trlihat tua, mngkin krna dia kbanyakan dpanggil kakek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok langsung sayonara sih? Hahah
      Wah nggak usah dibayangin Rey, itu ekspresinya nanti bikin kamu meleleh, iya meleleh karena takut yaaa soalnya serem hahah.

      Iya, kalau sampe nawarin majalah bobo berarti udah kebangetan, masa aku sekecil itu dimata dia? anjay.

      Salam, Hidup angkatan 2014. Hahahah
      Aku juga bingung, aku awet muda dari sisi mananya. Ah kamu nggak usah mikir soal itu, nanti pusing sendiri.

      Tsaaahh, di coret sama nggak di coret ada efek sampingnya juga ya ternyata *lah ?

      Alhamdulillah. Kalau itu mah emang udah tua, kan kakek itu identik dengan orang yang sudah lansia, Rey. Hahaha

      Delete
  18. Kalo aku tergantung kostum muahaha. Kadang dianggap masih SMA, kadang dikira mbak-mbak udah kerja. Pernah di kampus dikira maba juga, padahal udah semester enam ahahahak. Kostum sangat berpengaruh pada perawakanku. Kostum dan make up, sih, tepatnya. Tapi mau gimana juga, yang penting jiwanya muda! Yeay! MERDEKA!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah penampilan memang berpengaruh sama penilaian seseorang ya. Oh udah semester 6, duh kirain seanggkatan :3

      Bener, keliatan muda atau tua yang penting jiwa tetep muda. MERDEKA !!

      Delete
  19. banyak orang yg kayak gitu yaa, terutama cewek hhe. gue ngakak tuh waktu disodirin kiat2 ujian Sma terus Smp lagi hha. di ajak kenalan juga gak vi?

    gpp lah muka keliatan muda, yg penting pkiran udh dewasa vi. mksdnya buat nyikapin masalah. hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, katanya cewek-cewek indonesia rata-rata kelihatan lebih muda dari umur aslinya:))

      Kenalannya nggak sempet. Hahah. Yep, yang penting pikiran udah dewasa dan bijak menyikapi masalah :D

      Delete
  20. Bhahahahahaaa itu mas mas gramednya bisa aja ya. Nawarin buku persiapan UN segala.
    Itu mas masnya ganteng nggak Nov? Bilang gini aja, ''Aku butuhnya buku nikah mas. '' Gitu hahahahaa

    Eh tapi aku pas pertama lihat kamu, aku kira kamu beneran anak SMA loh. Mentok-mentok anak SMA kelas tiga. Hahhaaa
    Kamu awet muda banget yaa. :))
    Pengen kayak gitu juga. Tapi akunya malah sering dibilang lebih tua. Banyak yg ngira kalo aku anak pertama, kakak anak kedua. Padahal mah kebalik.
    Duh syeedih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tuh, Hahaha. Mayan, orangnya manis lan. Wah harusnya aku bilang gitu ya ke mas-masnya, siapa tau beneran di kasih buku nikah. Hahah

      Alhamdulillah, Heheh.
      Jangan sedih lan, kamu nggak sendiri, ada adek aku yang juga sering dibilang lebih tua dari kakaknya :3

      Delete
  21. Itu kalau kak Novi gak bilang sudah kuliah mungkin ditawarin buku SD kali.
    Keuntungan punya tubuh kecil nan minimalis ya gini sering disangka lebih muda dari umurnya, aku juga pernah ditanya sama bapak-bapak gitu.

    "Kelas berapa dek?"
    "Kelas 2 pak"
    "2 SMP ya?"
    "Kelas 2 SMA pak"

    Terus bapaknya jantungan gara-gara kaget, eh gak juga sih. Malah aku heran sekarang banyak anak yang wajahnya boros, kelas 1 SMA wajahnya kayak mas-mas kuliahan gitu. Kan serem ya, dikira gak naik kelas berapa tahun tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh jangan sampe di tawarin buku SD, aku kan nggak sekecil itu, Hahaha. Kita senasib, untung bapaknya nggak jantungan beneran. Hahaha.

      Aku lebih heran sama yang mukanya keliatan masih muda tapi malah sengaja di tua-in. Ah syudahlah, bersyukur sama apa yang ada. Hehe :'3

      Delete
  22. Kayaknya rata2 cewek lebih suka baca novel,, pasti di gramedia banyak novel yang bagus...
    Tapi kalau dilihat - lihat emang kamu masih kelihatan muda,, 20 tahun yah masih muda, yah kalau dikira masih muda atau masih SMA yah masih mending,, coba aku, masih 17 tahun tapi udah dikira 30 tahun,,, gimana gak sedih ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, rata-rata cewek emang suka baca novel. Banyak :D

      Alhamdulillah. Hemm jangan sedih kang, keliatan lebih tua juga ada untungnya :3

      Delete
  23. kalau dari wajahnya sih kamu masih kelihatan mudah kok, ya sekitar 22 tahun lahh #eh benar gak yaa

    hihih

    berkahkhair

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, aku masih 19 tahun, mas. Alhamdulillah kalau keliatan 22 tahunanan. Ahay :D

      Delete
  24. Wajah kakak baby face sih :D jadi, awet muda teruss... Btw, mas-mas gramednya modusnya keliatan tuh kak wkwk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh jadi malu dibilang baby face, Alhamdulillah :3
      Modus biar aku beli bukunya ya? hehe

      Delete
  25. Kalo aku lebih parah lagi dari sekedar dipanggil 'dek' sama yang lebih tua, nah ini, digodain anak SMP terus ditanya 'sekolah dimana?'. Mungkin kalo mereka tau umurku, mereka ilfeel godain aku yang udah tua hahaha. Salam kenal ya, Novi!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, digodain sama berondong, mungkin mereka bakal ilfeel tapi mungkin juga bakal kagum karena kamunya awet muda huahaha. Umur boleh tua tapi wajah dan jiwa tetep muda, yeay. Salam kenal juga, Resti :D

      Delete
  26. Huaa tooss...!!

    Kalo ajaran baru dikira maba...

    Itu asem bener dah yang di gramedia dikira mau UN nebak 2x salah mulu hahaha

    Apalagi yang nepok nepok itu.. pasti malu banget diaa.. Hahaha

    Iya, sama semua orang kita mah harus sopan.. biar gak tengsin jugaa. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss \:D/

      Hahah, tebakannya nggak tepat sasaran ya, Rum. Iya, keliatan banget dia malu dan kaget campur bersalah gitu lah hahahh.

      Bener, sopan harus ke semua orang bukan cuma ke orang yang lebih tua aja ya :D

      Delete
  27. Kalo udah pergi ke toko buku, apalagi Gramedia, dan nemu rak novelnya, itu berasa surga banget ya, rasanya pengen beli banyak, tapi mesti ngerem keinginan, kalo ngga novel-novelnya bisa ketumpuk, malah belom sempet dibaca *pengalaman* :p

    Itu mas-mas Gramedia-nya berarti mondar-mandir mulu ya nyari calon pembeli yang dia "anggep" masih sekolah? Hehe. Gencar promosi.

    Wah, samaan Nov, gua juga sering dianggep lebih muda, sering dikira masih kuliah padahal mah udah kerja. Mungkin faktor badan gua yang kurus juga kali hehe. Persepsi setiap orang berbeda soalnya, dan kalo lagi nemu yang salah kira begitu, gua cuma bisa senyum-senyum aja (dalam hati: "alhamdulillah" hehe). Kadang kan penampilan bisa ngebuat umur kita "tersembunyi". Jadi, disyukuri aja kalo ada yang salah sangka begitu. Itu yang pengalaman ditepok sama yang lebih muda untungnya ngga jadi awkward moment ya :D

    Setuju sama poin-poin pelajaran yang bisa diambil dari cerita di atas. Yes, age is just a number, karena ada lho yang umurnya masih muda, tapi pola pikirnya udah dewasa, atau sebaliknya. Tetap menghormati dan bersikap sopan ke siapa pun, that's it.

    Ngga apa-apa Nov tulis aja apa yang mau ditulis di blog, toh tujuannya menulis dan bercerita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah iya, toko buku itu ibarat surga kecil dunia. Wah bener, itu aja waktu ke gramed ngebet beli novel baru padahal di rumah ada novel yang belum selesai dibaca. Huhuaha

      Sepertinya begitu, hahah yang udah kuliah pun dianggap masih sekolah :')

      Eh tapi awal liat kamu, aku kira kamu masih kuliah hahaha. Ukuran badan dan penampilan juga bisa jadi faktornya. Alhamdulillah. Awkward tapi di bikin santai hahahah

      Bener, umur nggak menentukan kedewasaan berpikir seseorang. Yep :D

      Makasih:))

      Delete
  28. Hmm kalau dilihat kamu hampir berdekatan umurnya dengan saya ya umur saya ada di kisaran 40 tahunan.
    Ahi hi hi.

    Pis jangan marah, cabut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku keliatan tua banget kalo gitu. Wkwkw :v
      Ah santai :))

      Delete
    2. Gak ketuaan kok mbak tapi kurang tua gak pis mbak bercanda cantik kok. Ahi hi hi.

      Delete
    3. Hahaha, kurang tua berarti muda yak? xD
      Makasih :3

      Delete
  29. Jangan-jangan jodoh kamu di Gramedia lagih *eh

    Abis kejadiannya di Gramedia mulu sih :p

    Aku follow blogmu yaa.. folback jangan lupa haha :D
    Salam kenal.
    .
    .
    teman senasib, sering dikira kemudaan hiks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi, buku-buku yang ada di gramedia itu jodohku, mbak. Hihih tapi kronologis kejadiannya beda-beda :p

      Makasih, blognya juga sudah aku follow. Salam Kenal:))

      Toss dulu mbak \:D/

      Delete
  30. Kampret. Disangka masih SMP. Buahahah. Parah itu. Gue juga sering nih, Nov. Senasib kita. Tapi gue gak SMP, gue disangka SMA atau maba. Padahal sekarang semester 7. Gue masih inget betul diajak kenalan cewek SMA. Dia nanya gue kelas berapa. Wqwqwq

    Begitu gue bilang kuliah, dia kaget. Terus mikir gue masih semester awal kali. Giliran gue sebutin, dia langsung bilang, "Duh, beda 5 tahun ya, Kak. Udah kayak abang aja."

    :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah iya, parah -_-
      Wih senasib hahah. Waduh udah semester 7 ya ternyata.

      Mayan tuh Yog, mending di ajak kenalan sama cewek SMA daripada tante-tante kan? hahah. Gapapa lah dek, sama si abang aja. wqwq :v

      Delete
  31. *tos. Gue juga pernah mengalaminya, kak. Di Gramedia juga waktu itu. Jadi gue kan mau bayar buku yang gue beli dengan kartu debit, trus mbak kasirnya bilang, "Dek, bisa panggil orangtuanya dulu untuk memasukkan kode pinnya?" trus gue jawab, "Mbak, saya ini udah 18 tahun, loh." mbaknya kaget.
    Pernah juga dianggap lebih muda sama adek kelas. Dia kira kalau gue satu angkatan sama dia, padahal beda dua tahun. Asik. Udah, syukurin aja. Kapan lagi bisa dibilang muda\o/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak kasir ngira kamu minjem kartu debit ortu tuh. Hahaha. Iya, disyukuri aja, nanti kalau udah tua juga belum tentu di kira masih muda lagi kan? *Iyalah :v

      Delete
  32. Kayaknya saya juga pernah ngalamin ya Mbak, waktu mau masuk kuliah disangka masih muka SMA, ahay ini juga masuk awet muda donggg hehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yang pernah ngalamin hal yang sama ya hahaha. Alhamdulillah termasuk orang yang awet muda. ahay :D

      Delete
  33. pernyataan nmr 6 itu aku enggak akan lupa kok mbak noviayana :P

    ReplyDelete
  34. Disangka masih muda... *Langsung stalk foto2nya Novi. XD

    Pangeran juga punya pengalaman yang sama. (Ciyee samaan.) Tapi cuman sekali. Lebih banyaknya dikira udah senior.-__- Memang, sih. Pas awal kuliah gue paling unyu. Cuman, pas masuk semester 7, wajah mulai lelah dan panggilan 'Bg' atau bahkan 'Om' sudah sering meluncur dengan landai. -_-

    Semoga tetep awet muda terus, ya nov. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jadi seneng kalo ada ngestalk :V

      Ciee punya pengalaman yang sama juga, hueheue. Makasih, pange \:D/

      Delete
  35. Resepnya apa sist biar awet muda. Kalo kata temen aku, katanya jangan sering mandi. keseringan mandi membuat wajah akan terlihat tua pada saat umur 70 tahun nanti..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak tau mas. Hahahah. Itu berarti orang yang wajahnya awet muda jarang mandi dong? hahah, saya nggak tau soal itu :3

      Delete
  36. Cie awet muda, aku malah sebel karna aku sekarang baru lulus sma langsung kerja.. sebel kalo ada yang manggil 'bu' padahal masih mbak mbak. huaaa. pengen nampol , tp kan kan ga boleh marah marah yak nov hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheu. Wah langsung kerja, hebat. Hahah, yang penting aslinya belum ibu-ibu kan, li? xD

      Jangan marah-marah biar tetep awet muda. :v

      Delete
  37. Kalo gue justru sering di panggil bapak boros kali wajah gue

    ReplyDelete
  38. hahaha, dikira junior sama junior? ups..
    ah, namanya juga cewek. kalau ngumpul ending2nya... ngomongin orang, dalam kasus ini... kakak kelas. awet muda itu gaul kok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jev. Hahah
      Bukan ngomongin kejelekan orang tapi, itu cuma ngegosip aja, dikit. Wkwkw. Hehe, thank you :'v

      Delete
  39. selamat ya yang masih di kira anak sekolahan. hehe.

    sebenarnya umur itu gak masalah. yang penting tetep awet muda. itu yg terpenting. :)

    good, nice post ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, makasih. Bener, age is just a number. Yang paling penting juga, jiwa-nya masih tetep muda :D

      Thank you^^

      Delete
  40. salam kenal kunjungan perdana ,sudah baca tulisanya menurut saya udah bagus mbak ,

    ReplyDelete
  41. Ahaha hyy Novi...
    Sama gw juga sering ditegor kaya gitu sama anak2 SMA,, haha kan kampret...
    btw, mbak kelahiran 1996 yaa??
    Oiya, mbak Novi ini kuliah dimana? haha sorry kepo,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Azis:))
      Wah sama ya? toss dulu, zis. Hahah
      Iya. Kuliah di kampus :D

      Delete
  42. Aku doong, umur2 2 tapi masih kayak 12

    #PLAKK

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih kayak 12 berarti unyu-unyu banget ya hahahah

      Delete
  43. Aku pernaaah ξ\(ˇ▽ˇ)/ξ
    waktu ngedaftarin adek aku masuk SMA, eh malah aku yang disangka yang mau sekolah disana, padahal saat itu aku udah kuliah semester akhir :(
    duuh gusti ahahahah
    jadi lucu sendiri, sedangkan ade aku malah yang disangka jadi kakanya, maklum ade aku emang bongsor sih hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeayy ξ\(ˇ▽ˇ)/ξ
      Hahaha kakak kelihatan lebih muda dari adeknya ya. Masih cocok jadi anak SMA berarti, vir xD

      Delete
  44. enak ya dikira masih muda, kemarin gue di toko buku pas dikasir gue di tanya, m"mas punya anak perempuan, kalau punya kami ada hadiah"... gila bikin aja gak tahu caranya udah dikira punya anak .. asem kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada enak gak enaknya. Hahahah, dikirain bapak-bapak ya? sabar ya qaqa :')
      Btw bikin apa? ._.'

      Delete
  45. Aduh, ini mah cerita versi enak karena dikira masih muda ya.
    Kalau versi aku mungkin dikiranya lebih tua daripada usia aslinya sih iya kali ya.
    Miris. Haha.

    Menurutku ya blog kita ini merupakan sarana untuk bebas berekspresi sih. Santai aja lagi untuk bercerita di blogmu sendiri hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cerita versi enak? Hahaha. Wah kalo tentang itu kamu gak sendiri.:3

      Iya, makasih \:D/


      Delete
  46. saya juga begitu, umur saya udah 26 tahun tapi kalau saya jalan ber 3 sama temen sekantor, malah saya di bilang paling muda di antara 3 orang temen saya,,, padahal saya yang paling tua di antara semua temen saya... yah, Alhamdulilah ya awet muda selalu,,, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga tetep awet muda ya, Mbak :))

      Delete
  47. Mas-mas gramedianya ganteng ya? *eh #salahfokus. Harus di syukuri tuh kalau dikira lebih muda dari usia sebenarnya. Berkah, ongkos angkot biasanya lebih murah muehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, senyumnya manis, lang. Hahaha :D
      Alhamdulillah. Iya, ongkos angkot murah karna dikira masih anak sekolahan:')

      Delete
  48. kamu benar2 awet muda nov...
    mahasiswa tapi dikira anak sekolahan...
    wuihhhh....................... keyennn

    ReplyDelete
  49. itu balik dari Gramedia langsung jadian ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jadian sama buku-buku yang ada di gramed. HahahxD

      Delete
  50. semoga awet juga sama pasangan (masa depan) XD

    ReplyDelete
  51. wah mas mas e gramedia pengen kenalan aja itu mb
    modus nawarin buku eh malah salah pula
    senenglah dikira lebih muda drpada dikira lebih tua
    untungnya badan mungil biasanya gitu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi aku gak diajak kenalan, Mbak :(
      Alhamdulillah, ada seneng ada keselnya juga. Padahal badan saya nggak mungil-mungil banget sebenernya. Hahah

      Delete
  52. Kalau menurut saya sih, mas gramedianya itu modus untuk ngedeketin mbak novi :D hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ngedeketinnya biar ada yang mau beli buku yang ditawarin, I guess. wkwk

      Delete