Pride And Prejudice - Sociological Reflection


Kemarin saat mid-test Sosiologi Sastra, Mrs.Fani menyuruh mahasiswanya untuk menulis hasil analisis mengenai gambaran sosial yang terdapat dalam novel Pride And Prejudice. Sebagai mahasiswa semester III, aku belum tahu cara pendekatan seperti apa yang harus dipakai dalam menganalisis sebuah karya sastra, jadi aku menjawab apa adanya. Hehe


GAMBARAN MASYARAKAT INGGRIS DALAM PRIDE AND PREJUDICE

Pride and Prejudice merupakan salah satu karya Jane Austen (1959). Novel ini menceritakan tentang realitas yang terjadi dalam pernikahan masyarakat Inggris pada awal abad kesembilan belas. Untuk mendapatkan keamanan, jaminan dan status sosial, perempuan-perempuan pada masa itu berkompetisi untuk mencari suami dari kalangan sosial yang lebih tinggi. Pernikahan dianggap dapat menyelamatkan status sosial perempuan, dan menjadi salah satu cara dalam memperoleh kemapanan hidup, serta mempertahankan harta milik keluarga. 

Mr.Darcy merupakan pria mapan dari kalangan atas yang memiliki semuanya (status, kelas dan kekuasaan) sedangkan  Elizabeth berada di lapisan sosial yang lebih rendah darinya. Melalui kedua tokoh ini, Elizabeth mencerminkan lapisan menengah masyarakat Inggris pada awal abad kesembilan belas, sedangkan Darcy mencerminkan lapisan atas. Akibat dari hubungan  mereka berdua, maka terjadilah konflik dan pertentangan-pertentangan karena perbedaan lapisan sosial mereka tersebut, meskipun, pada akhirnya mereka berhasil mengatasi perbedaan kelas sosial tersebut dengan cinta, komitmen dan ketulusan.


6 comments:

  1. kayaknya novel klasik macam Romeo dan Juliet tapi happy ending ya mbak...

    saya juga suka cerita-cerita klasik yang pasti sangat romantis dan mengharu biru... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ini novel klasik yang endingnya bikin terharu. :'))
      Aha bener mba, tapi cerita-cerita klasik bukan hanya tentang cerita yang romantis & mengharu biru, dari novel klasik juga kita bisa belajar tentang sejarah, kehidupan masyarakat dimasa itu, dll. Pokoknya seruulah. Heheh :D

      Delete
  2. S1 saya juga ambil sastra bacaan ini udh jadi langganan tiap hari. Salah satu fav saya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Ini juga favorite saya, suka sama karya-karya nya Jane austen^
      Salam kenal ya mbak :D

      Delete
  3. ceritanya bagus, pernah nonton filmnya, seru deh. emang seru banget sih baca buku-buku cerita klasik gini.

    ReplyDelete